Tips Menghadapi Masalah Dengan Teman Sekamar

Baik kamu berbagi rumah atau apartemen, tinggal dengan beberapa orang asing kemungkinan besar akan menimbulkan beberapa masalah. Sering kali, masalah ini hanyalah kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi. Perbedaan dalam standar kebersihan, kebiasaan tidur, dan batasan pribadi dapat memicu banyak konflik dan ketegangan antar teman sekamar. Untuk membantumu, kami telah mengumpulkan beberapa masalah umum teman sekamar, bersama dengan nasihat tentang cara mengatasinya.

Baca Juga: First-time Flatsharing: Things to Expect

What Living with Roommates Has Taught Me

The Ultimate Guide to Sharing an Apartment

1. Teman sekamar yang berantakan

masalah dengan teman sekamar

Setiap orang memiliki perspektif kebersihan yang berbeda, dan terkadang perspektif tersebut tidak selaras. Kamu mungkin merasa bahwa teman sekamarmu tidak terlalu peduli tentang menjaga kamar tetap rapi. Kamu mungkin kesal jika salah satu teman sekamar membiarkan piring menumpuk selama berhari-hari atau lupa membuang sampah, tetapi semua orang terkadang bisa berantakan, dan itu bisa dimengerti.

Cara menangani:

Teman sekamar yang ceroboh bisa jadi menyebalkan, tapi mudah diperbaiki jika kamu melakukannya dengan benar. Yang terbaik adalah melangkah dan membicarakannya dengan mereka dengan tenang daripada membiarkan masalah berlanjut. Ada banyak cara untuk berbicara dengan teman sekamarmu dan memberi tahu mereka tentang pemikiranmu. Lakukan percakapan sederhana tentang jadwal tugas mingguan. Misalnya, “Hai, ayo bersihkan tempat kita akhir pekan ini! Aku akan ke kamar mandi, dan kamu akan mengerjakan dapur”. Jadwal pembersihan mingguan adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk menjaga kebersihan rumah secara teratur. Jika masalah menjadi lebih serius, cobalah untuk tidak menyelesaikannya dengan teks, email, atau dengan membuat tweet langsung ke mereka.

2. Teman sekamar yang suka meminjam

masalah dengan teman sekamar

Masalah umum yang mungkin kamu hadapi setelah mulai tinggal bersama adalah memiliki teman sekamar yang mengambil atau meminjam barang tanpa bertanya. Tidak pernah boleh meminjam jeans teman sekamarmu tanpa izin, juga tidak apa-apa bagi mereka untuk meminjam barangmu. Tentu, menjengkelkan untuk pulang kerja dan mengetahui bahwa sisa pizzamu telah habis atau melihat teman sekamarmu mengenakan celana olahraga favoritmu tanpa bertanya terlebih dahulu. Saling tidak menghormati privasi dan barang dapat menyebabkan masalah yang signifikan antara teman sekamar.

Cara menangani:

Yang terbaik adalah menetapkan batasan dengan teman sekamarmu. Pastikan untuk mendefinisikan dengan tepat barang mana yang merupakan milik bersama dan mana yang merupakan barang pribadi yang hanya dapat digunakan dengan izin. Pastikan teman sekamarmu sependapat tentang barang-barang pribadi. Jangan lupa untuk selalu bertanya sebelum menggunakan apapun milik teman sekamar dan juga saat kamu memasuki kamar tidurnya. Jika teman sekamarmu tidak menghargai barang milikmu, bicarakan dan katakan bahwa kamu tidak setuju dan ingatkan mereka untuk bertanya terlebih dahulu. Jika mereka berulang kali memeriksa barang-barangmu tanpa meminta, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan percakapan yang lebih serius dengan pemilik tempat tinggal.

Baca juga: Renting An Apartment In Jakarta

5 Things to Know Before Choosing Co-Living

3.  Penghuni ketiga

masalah dengan teman sekamar

Ya, bagi sebagian orang, menyenangkan memiliki banyak teman sekamar. Namun, kamu mungkin merasa kesal ketika pasangan atau teman sekamarmu selalu nongkrong di tempatmu sepanjang waktu. Tidak boleh membiarkan temanmu masuk 24/7, begitu seringnya hingga mereka menjadi teman sekamar tidak resmi. Teman sekamar seperti ini bisa membuat frustasi, terutama jika mereka tidak ikut membayar tagihan rumah atau meninggalkan piring kotor.

Cara menangani:

Komunikasi sangat penting untuk mengatasi masalah dengan teman sekamar. kamu akan takjub melihat betapa bermanfaatnya satu percakapan untuk menyelesaikan masalah. Beri tahu teman sekamarmu bahwa kamu tidak setuju dengan teman mereka yang menetap di tempatmu. Beri tahu mereka bahwa kamu tidak mendaftar untuk jenis teman sekamar seperti mereka. Buat beberapa kesepakatan atau kontrak tentang aturan dasar teman sekamar dan diskusikan dengan teman sekamarmu. Diskusikan berapa malam berturut-turut seorang tamu dapat menginap. Saling memperhatikan jadwal dan temukan hari atau waktu yang memungkinkan untuk memiliki teman atau tamu. Misalnya, tidak masalah mengadakan pesta pada akhir pekan atau tidak ada tamu pada malam sebelum ujian.

4. Teman sekamar yang terlalu berisik

Salah satu masalah terbesar hidup dengan teman sekamar yang berisik. Dari meledakkan playlist mereka pada pukul 1 pagi hingga mengadakan pesta besar-besaran pada Rabu malam, masalah ini bisa membuat frustasi. Kamu tidak bisa tidur atau berkonsentrasi pada studimu sama sekali. Dalam banyak hal, suara keras dapat disamakan dengan mengganggu ruang pribadi dan menyebabkan konflik yang tidak diinginkan.

Cara menangani:

Hal terakhir yang kamu inginkan adalah kamu atau teman sekamarmu bereaksi berlebihan dan meledakkan satu sama lain tentang masalah sederhana, seperti suara keras. Jangan menunggu terlalu lama untuk membicarakan hal-hal yang mengganggu. Tetapi jangan menghadapinya pada saat ketika teman sekamarmu terlalu keras kepala atau emosi. Ya, itu membingungkan, tetapi yang terbaik adalah menghadapinya setelah kamu menenangkan diri dari amarahmu. Kamu juga bisa saling berdiskusi dan berkompromi tentang aturan dasar seperti musik keras diperbolehkan sampai jam 10 malam, tidak boleh membanting lemari di pagi hari, tidak ada televisi yang keras, dan sebagainya.

5. Teman sekamar dengan kebersihan pribadi yang buruk

Setiap orang terkadang mengalami bau mulut atau bau badan tak sedap, dan itu hal yang wajar. Mungkin standar kebersihan pribadimu sedikit berbeda dari standar mereka. Tetapi jika bau badan. mereka masalah menjadi lebih parah dan mencapai titik di mana kamu merasa tidak nyaman dengannya, kemudian kamu harus berbicara dengan mereka. Kamu mungkin merasa menyampaikan masalah khusus ini kepada teman sekamarmu mungkin menyinggung perasaan, tetapi penting untuk memberi tahu mereka pendapatmu karena kamu tinggal di tempat bersama.

Cara menangani:

Kamu bisa mencoba mendekati mereka dengan memberikan keranjang kado yang berisi produk kebersihan diri seperti sampo, sabun wangi, bath bomb, deterjen herbal, atau deodoran. Mungkin mereka akan mengerti. Jika tidak berhasil, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengatakan yang sebenarnya. Kamu juga dapat bertanya kepada teman sekamarmu dan memastikan bahwa mereka mengetahui masalahnya. Jika mereka menyadari masalahnya, bicaralah dengan tenang dan cobalah mendengarkan.

Sama seperti menemukan apartemen yang sempurna, menemukan teman sekamar yang ideal hampir tidak mungkin. Tinggal dengan teman sekamar berarti kamu harus berkompromi dan berkomunikasi satu sama lain. Kamu akan terkejut betapa banyak percakapan bisa diperbaiki.


Kunjungi Flokq.com kamu akan merasakan tinggal di apartemen premium yang indah dengan harga terjangkau, dan yang terpenting berlayanan penuh. Sprei gratis, bantal, pembersihan mingguan, perawatan berkala, utilitas, wifi, fasilitas, kebutuhan pokok. Kami punya semuanya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *