Membuat Anggaran Hidup di Jakarta

Jakarta, kota yang tidak pernah tidur, rumah bagi kawasan bisnis berskala dunia dan pejabat pemerintah Indonesia, serta rumah bagi jutaan orang Indonesia. Tinggal di kota metropolitan yang luas dan terkemuka, seperti Jakarta, terdapat kelebihannya sendiri. Yakni, peluang yang lebih luas – baik untuk bekerja atau bisnis – pusat bisnis negara nomor satu, populer di antara kota-kota lain, dan banyak lagi. Semua ini tampaknya cukup mudah didapat begitu kamu menjadi warga Jakarta. Memperoleh transportasi umum yang paling canggih, tempat hiburan yang berlimpah, atau lainnya.

Untuk sesaat, setiap orang yang memilih untuk membaca tentang Jakarta lupa satu hal kecil: gaya hidup. Semakin mewah tempat tinggal kamu, semakin tinggi pengeluaran hidup. Pengeluaran harian kamu meningkat sesuai dengan domisili kamu. Masyarakat cenderung bertindak sama dengan lingkungannya, seperti tinggal di apartemen mewah, minum Starbucks, pakaian merek kelas atas, teknologi canggih, dan banyak lagi. Oleh karena itu, kebutuhan dasar makanan dan pakaian saja seharusnya sudah cukup. Di tengah kota yang glamor, ada juga orang yang masih berjuang untuk bertahan hidup di dalamnya. Jangan khawatir, kami sekarang akan memandu kamu melalui hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menjalani gaya hidup hemat di Jakarta.

Baca lebih lanjut tentang menghemat uang melalui flat sharing di sini

transjakarta bus budgeting plan
transjakarta.co.id

Menggunakan Transportasi Umum

Untungnya, Jakarta menawarkan banyak pilihan untuk transportasi. Bahkan lebih baik lagi, sebagian besar transportasi umum dapat diakses di seluruh wilayah Jabodetabek. Mobilisasi menggunakan transportasi umum tidak hanya akan meningkatkan penghematan kamu, tetapi juga dapat menghindari kemacetan lalu lintas yang lebih lama untuk menghindari waktu perjalanan. Berikut adalah transportasi umum yang dapat kamu pertimbangkan:

KRL Commuter Line: Kereta Api Umum Jakarta Raya. KRL Commuter Line adalah sistem kereta api komuter yang menghubungkan Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. KRL Commuter Line memiliki lebih dari 20 stasiun yang tersebar di setiap wilayah Jabodetabek. Ongkos transportasi sekitar Rp3.000 – Rp5.000. Apalagi, kereta ini memiliki jam fleksibel, beroperasi setiap hari, dari subuh hingga tengah malam. Yang pasti, KRL Commuter Line merupakan angkutan umum favorit warga Jakarta sepanjang masa. Untuk naik kereta, kamu bisa membeli sendiri tiket kereta untuk pemakaian 3 hari atau kamu bisa top up kartu Flash atau E-Money kamu di minimarket seperti AlfaMidi dan Indomaret. 

TransJakarta: Sistem angkutan bis cepat di Jabodetabek, tetapi sebagian besar beroperasi di Jakarta. Didirikan pada tahun 2004, TransJakarta adalah salah satu sistem BRT pertama di Asia Tenggara yang menyediakan sistem transportasi umum cepat untuk membantu mengurangi lalu lintas jam sibuk. TransJakarta adalah transportasi umum pilihan kedua bagi warga Jakarta. Harganya ini mulai dari Rp3.500,00 dan hadir dengan sangat nyaman. 

MRT Jakarta: Jakarta Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT adalah sistem transit cepat di Jakarta, ibu kota Indonesia. Sistem ini dioperasikan oleh PT. MRT Jakarta, sebuah perseroan terbatas milik pemerintah kota di Jakarta. MRT sangat nyaman digunakan karena sangat teratur dan bersih. Tersedia setiap 2-5 menit. Namun stasiun tersebut tidak tersedia di setiap sudut Jabodetabek. MRT saat ini beroperasi di sekitar Jakarta Pusat dan Selatan. Tapi, MRT fase kedua sekarang sedang dibangun. Rute berikutnya yang terakhir akan mencakup banyak wilayah di Jabodetabek.

Cari tahu lebih lanjut tentang pilihan transportasi umum di Jakarta di sini

(budgeting) miniature house on top of a calculator

Tempat Tinggal Sesuai Budget

Kabar baik lainnya bagi kamu adalah Jakarta menawarkan berbagai pilihan hunian. Dari kos, apartemen, dan rumah. Umumnya, pekerja di Jakarta lebih memilih tinggal di kos atau apartemen daripada tinggal di rumah aslinya karena mereka ingin menghemat waktu perjalanan ke pekerjaan mereka. Ingatlah bahwa pindah ke tempat persewaan akan memudahkan kamu untuk bepergian. Oleh karena itu, jangan sampai memilih tempat yang jauh dengan harga tidak jelas dan terkena kemacetan setiap hari. 

Kos: Ini adalah istilah lokal untuk tinggal di kamar atau unit sewaan di dalam gedung. Kos memang mirip dengan asrama, namun kos lebih fleksibel dan bervariasi. Kos bisa menjadi pilihan pertama kamu untuk tinggal daripada tinggal di apartemen karena biaya sewa yang relatif lebih murah.Biaya sewa kos sebulan di lokasi terkenal, seperti Jakarta Selatan paling murah bisa 1 juta. Fasilitas itu bisa diandalkan. Namun, biaya keseluruhan kos akan lebih murah daripada sebuah apartemen karena di dalam kos kamu tidak akan menemukan dapur dan ruang tamu pribadi – kecuali jika kamu mengaturnya sendiri di kamar kamu. 

Apartemen: Tinggal di apartemen sebenarnya lebih disukai daripada tinggal di kos. Karena apartemen memberikan lebih banyak fasilitas, ruang, dan kebebasan. Memiliki apartemen terasa seperti memiliki rumah. Kamu dapat mengatur jam malam, posisi furnitur, ruang tamu pribadi, dapur, dan kamar mandi. Beberapa kos di Jakarta bisa dibilang masih memiliki batasan khusus, seperti tidak ada lawan jenis yang mengizinkan masuk ke dalam kamar kamu, perlu menurunkan suara pada waktu-waktu tertentu, atau jam malam. Regulasi semacam ini membawa ketidaknyamanan bagi masyarakat. Itu sebabnya kebanyakan warga Jakarta cenderung tidak tinggal di kos. Namun, tinggal di apartemen akan menghabiskan biaya lebih banyak daripada tinggal di kos. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba melakukan trade-off untuk menemukan apartemen yang tepat. Mungkin kamu harus lebih memikirkan kedekatan antara apartemen kamu dan tempat kerja kamu daripada mencari apartemen yang luas dan berakhir bekerja lembur dan hidup lebih awal setiap saat. Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah hidup bersama dalam apartemen yang sama. Temukan dirimu beberapa teman sekamar untuk membagi biaya sewa dan tagihan kamu. Memiliki mereka di sekitar kamu tidak hanya akan membantu kamu memotong biaya, tetapi membiarkan kamu memiliki seseorang yang akan menjaga dan merawat kamu juga. 

man and women cooking

Masak Sendiri atau Membeli Makanan Jadi?

Bagi siapa pun yang saat ini memiliki budget terbatas, pertanyaan ini sering menjadi dilema besar, apakah memasak membutuhkan lebih banyak uang atau tidak dan sebaliknya. Mereka memperdebatkan alasan pendukung yang picik dan tidak logis. Yang harus kamu ketahui adalah bahwa keduanya dapat membebani kamu dengan jumlah uang yang sama. Pilihan ada di tangan kamu untuk memilih dan kamu dapat mengambilnya berdasarkan preferensi kamu. 

Memasak: Untuk memasak, kamu dapat membeli bahan mentah dan memasak semuanya dari awal atau membeli makanan siap masak. Namun, pemikiran untuk memasak adalah jika kamu membeli beberapa bahan mentah, kamu mungkin bisa menyimpannya dan menyimpannya untuk nanti. Ide memiliki bahan cadangan adalah ide kamu untuk menabung. Faktanya, sering kali orang membeli bahan untuk hidangan tertentu, tetapi tidak akan memakan makanan yang sama untuk hidangan tertentu. Apa hasilnya? Kamu akan membeli bahan tambahan lainnya untuk memasak hidangan lain atau akhirnya memesan makanan dari restoran. Ini bukanlah budget ideal yang kita inginkan.

Membeli Makanan: Masyarakat tampaknya menghindari membeli makanan siap saji karena mereka mengira harga makanan tersebut lebih mahal daripada makanan buatan sendiri. Untungnya, Indonesia terkenal dengan Warteg atau Warung Tegalnya. Warteg adalah istilah untuk menggambarkan makanan buatan sendiri yang disajikan di toko makanan kecil di pinggir jalan. Sangat mudah menemukan Warteg di Jakarta. Bahkan di lokasi yang menonjol seperti Jakarta Pusat atau SCBD. Sekali makan, lengkap dengan nasi dan 2 lauk lainnya hanya seharga Rp10.000 hingga Rp17.000. Kamu dapat menyesuaikan harga berdasarkan hidangan yang kamu pilih.

Cara lain untuk menikmati makanan jadi adalah melalui promosi. Sering kali restoran di sekitar Jakarta bekerja sama dengan aplikasi uang elektronik seperti Ovo, Go-pay, LinkAja, atau lainnya. Hampir setiap hari mereka akan memberimu diskon gila-gilaan di restoran-restoran tertentu dengan syarat dan ketentuan. Kamu bisa memanfaatkan diskon dan memesan makanan yang kamu inginkan atau menggunakan fitur poin. Ini memungkinkan kamu mengumpulkan poin dari cashback setiap kali kamu membayar dengan aplikasi mereka. Poin tersebut dapat diperdagangkan nanti untuk mengurangi jumlah yang harus kamu bayarkan untuk makanan atau lainnya.

promotion sign. (budgeting plan)

Perhatikan Diskon

Indonesia memiliki penduduk yang konsumtif. Maka dari itu, jangan biarkan diri kamu bertanya-tanya mengapa toko-toko di Indonesia, khususnya Jakarta mudah sekali menawarkan diskon atau obral? Karena warga Jakarta punya fashion dan selera yang tinggi. Mereka kemungkinan besar akan membeli semua yang sedang terjadi di kota untuk mendapatkan pengakuan sosial. Jika kamu ingin mengikuti gaya hidup seperti ini, kamu harus memperhatikan untuk membeli barang-barang yang sedang sale. Ada banyak hal yang bisa di diskon. Mulai dari bahan makanan sehari-hari hingga pakaian Zara. Ikuti beberapa informasi akun diskon di media sosial dan baca email atau pemberitahuan kamu dari aplikasi uang elektronik atau retailer toko. Meskipun hanya mempromosikan diskon 10%, membeli barang secara rutin akan membantu kamu menghemat uang – disadari atau tidak.

Cari Pengganti Lain

Jakarta adalah tempat yang tepat untuk menemukan setiap barang yang kamu butuhkan. Pakaian, teknologi, kebutuhan sehari-hari – dari barang paling langka hingga barang paling umum. Jika kamu mencari sesuatu dan ternyata sedikit meleset dari budget kamu, jangan ragu untuk menunggu. Jakarta memiliki ribuan penjual yang harus dikunjungi. Cari barang yang kamu inginkan dengan tenang di toko offline dan online. Jangan membeli barang secara tiba-tiba tanpa mengetahui nilai sebenarnya dan mempertimbangkan kemampuan kamu. Kalau tidak, kamu akan menemukan dirimu di lautan penyesalan karena membeli barang-barang mahal dan di kemudian hari kamu akan menemukannya dengan harga yang lebih murah.

Secara keseluruhan, yang dapat kami katakan adalah bahwa mungkin merupakan tantangan untuk selalu membatasi budget kamu dengan segala cara yang mungkin. Kamu akan kehilangan esensi kesenangan dalam hidup jika kamu melakukannya. Alih-alih membatasi budget, cobalah menghemat uang kamu dan manjakan diri kamu setelah bekerja keras sesekali. Hidup terlalu berharga untuk mengukur segala sesuatu dengan label harga.

Baca juga: Tips Promo Grabfood di Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *