10 Cara Membuat Bingkai Foto Sendiri

10 Cara Membuat Bingkai Foto Sendiri

Salah satu cara termudah dan termurah untuk menghias rumah adalah dengan membuat bingkai foto sendiri. Kalian juga bisa membuat bingkai foto sendiri yang lebih mewah kalau kalian ingin


Baca juga: Cara Mengatur Foto di Dinding


1. Kaca Akrilik

Pilihan bingkai foto buatan sendiri yang satu ini sedang cukup populer di banyak kalangan. Terkesan elegan, bersih, dan modern dan seperti terinspirasi instalasi-instalasi pameran seni kontemporer. Membuat bingkai foto sendiri dengan model kaca akrilik akan membuat kesan foto kalian melayang dan menggantung di udara. Bingkai foto buatan sendiri jenis ini akan memberikan kesan yang lebih apabila ditempelkan di tembok-tembok dengan warna dasar seperti abu-abu, putih, atau bahkan warna-warna versi kusam.

2. Bingkai Foto Buku

Cara membuat bingkai foto sendiri yang satu ini mungkin tidak bisa dilakukan sembarang orang, tapi cukup memuaskan apabila kalian dapat membuatnya. Cukup gunakan buku bacaan atau buku catatan bekas, pakailah untuk dijadikan bingkai foto buatan sendiri.

Cukup dengan melubangi sampul sesuai ukuran foto kalian dengan cutter, kalian sudah setengah jalan untuk menyelesaikan cara membuat bingkai foto sendiri yang satu ini. Buatlah garis semu atau patah-patah dari foto kalian untuk menentukan ukuran yang pas untuk pemotongan lubang di buku kalian. Gunakan papan kayu atau kertas tambahan yang cukup tebal di antara sampul dan halaman pertama agar tidak merusak isi dalam buku. Jika dilakukan dengan benar, isi buku tidak akan terusak.

3. Bingkai Foto Magnet

Cara membuat bingkai foto sendiri yang pertama ini cocok untuk kalian yang tidak terlalu ingin hiasan rumah yang terlalu rumit. Barang-barang yang perlu kalian siapkan hanyalah:

  • Kertas amplas/sandpaper
  • Magnet strip
  • 4 buah papan kayu 20 cm x 4 cm
  • Tali (Pilih jenis yang sesuai)

Haluskan dulu papan kayu dengan kertas amplas sebelum kalian menempelkan magnet strip ke bagian-bagian yang kalian inginkan. Berikutnya, ikat tali di papan agar bisa dijadikan tumpuan untuk digantung di tembok. Cetak foto yang mau kalian pasang dan pastikan ukurannya pas dengan jarak magnet strip yang kalian pasang. Kelebihan dari bingkai foto jenis ini adalah kalian bisa membongkar dan pasang foto dengan mudah karena sistem tempelan magnetnya.

4. Bingkai Foto Kayu Bekas

Cara membuat bingkai foto sendiri yang ini membutuhkan beberapa bahan yang lagi-lagi akan sulit dicari bagi sebagian besar orang. Kalian perlu memiliki papan kayu bekas yang ada di sekitar rumah kalian atau sedang menganggur dan di dekat kalian berada. Jangan lupa juga untuk menyiapkan paku payung secukupnya untuk metode yang satu ini.

Potong kayu sesuai ukuran yang kalian inginkan atau coba gabungkan beberapa kayu untuk mendapatkannya. Lalu, pasang karton yang dipaku dengan paku payung. Pasang foto pilihan kalian di karton dengan lem atau double tape, dan jika ternyata kurang cocok atau kedepannya kalian bosan, kalian bisa menggantinya. Pergantiannya bisa kalian lakukan tanpa merusak bingkai foto kalian secara berlebihan.

5. Kawat

Cara membuat bingkai foto sendiri yang ini akan baik menjadi rekomendasi kalian yang mempunyai cermin atau pigura foto cukup besar yang sudah tidak digunakan. Metode yang ini akan menghasilkan bingkai foto yang cukup besar dan bisa menampung beberapa foto sekaligus. Mulailah dengan memilih warna bingkai foto kalian dan kemudian gunakan kawat berjaring-jaring yang kemudian kalian tempelkan di bagian belakang pigura dengan lem yang cukup kuat. Kemudian gantung foto-foto yang kalian inginkan di bagian-bagian kawat. Cukup cocok untuk kalian yang ingin menaruh beberapa foto hasil kamera polaroid.

6. Bingkai Foto Cermin

Untuk kalian yang mempunyai cermin bekas atau baru dengan bentuk yang unik dan cantik untuk dipajang, kalian bisa menggunakannya untuk membuat bingkai foto sendiri. Tinggal lepas cermi dari bingkainya, kemudian kalian pasang foto yang menurut kalian cocok untuk menggantikannya. Kalian juga bisa mengecat bingkai cerminnya agar sesuai selera warna kalian!

7. Kardus Mozaik

Yang satu ini adalah cara membuat bingkai foto sendiri dengan model yang lebih ceria, berwarna-warni dan dengan pola yang sedikit lebih beragam. Ukur kardus sesuai dengan ukuran bingkai foto yang kalian inginkan untuk desain kalian. Kalian bisa menggunakan bagian kecil kardus yang tersisa untuk membuat sanggahan desain kardus mozaik ini. Lubangi bagian tengah kardus untuk membuat ruang bagi foto yang ingin kalian pasang.

8. Bingkai Foto Kain Perca

Cara membuat bingkai foto sendiri yang kali ini akan menjadi pilihan yang cukup bagus untuk kalian para pemerhati lingkungan. Mirip dengan cara-cara sebelumnya, cara ini fokus ke memperindah pigura-pigura dan bingkai yang ada menjadi sesuatu yang telah termodifikasi agar senada dengan desain rumahmu secara keseluruhan.

9. Bingkai Foto Lego

Cara membuat bingkai foto sendiri kedua dari terakhir ini bergantung pada segila apa kalian tentang Lego. Mainan yang mengandalkan kreatifitas ini kadang menyisakan banyak bagian yang tidak bisa dipaksakan untuk digunakan suatu model. Pastikan dan mantapkan kalian sendiri kalau bagian itu tidak akan digunakan lagi. Atau mungkin kalian bisa mencari bagian-bagian yang benar-benar sudah rusak. Kenapa tidak gunakan untuk membuat bingkai foto saja?

10. Stik Es Krim

Rekomendasi cara membuat bingkai foto yang terakhir adalah dengan stik es krim. Pasti banyak dari kalian yang pernah termakan omongan iklan untuk undian berhadiah dari para perusahaan penjual eskrim yang didapat dari mengumpulkan stik es krim. Bagaimana kalau sekarang kalian gunakan saja stik es krim yang tidak kalian gunakan untuk membuat bingkai foto sendiri?


Itulah 10 cara membuat bingkai foto sendiri dari Flokq. Tiap desain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tentunya akan lebih cocok dan kurang cocok dengan desain rumah tertentu. Jadi, coba kira-kira desain bingkai foto buatan sendiri mana yang cocok untuk rumahmu. Jangan lupa untuk menaruh artikel ini di bookmark agar bisa membantu kalian untuk referensi dekorasi sewaktu-waktu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *