Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Ruang sholat keluarga adalah tempat bagi keluarga muslim untuk beribadah. Kamar tidur pribadi juga bisa digunakan untuk tempat sholat, namun jika ada tamu yang datang, ruang sholat keluarga menjadi kebutuhan. Jika Anda memiliki ruang ekstra di rumah Anda, Anda dapat menggunakannya sebagai ruang sholat keluarga. Membuat ruang sholat mungkin sedikit menantang, karena masih merupakan sesuatu yang kurang umum di rumah Muslim. Jangan khawatir! Kami memiliki 7 langkah untuk mengubah ruang ekstra Anda menjadi ruang sholat keluarga yang nyaman.

1. Ukuran Ruangan

Pertama penting untuk memastikan ukuran ruang sholat karena menjamin kenyamanan saat berada di ruang sholat. Ukuran minimal ruang sholat adalah 70 cm x 140 cm. Untuk keluarga yang lebih besar, ukuran yang ideal adalah sekitar 2,5 m x 4 m.

2. Arah Kiblat

Aktivitas utama dalam ruang sholat adalah mendirikan sholat. Sholat mengarah ke kiblat. Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu tentang arah kiblat sebelum melanjutkan ke pembuatan ruang sholat.

3. Tempat Wudhu

Tempat wudhu bisa di kamar mandi, atau di mana saja dengan air mengalir. Jika Anda memutuskan untuk membuat tempat wudhu di dekat ruang sholat, perhatikan lokasi penempatannya. Untuk mencegah air membasahi mushola, gunakan sekat atau sekat ruangan.

4. Memilih Tema

Ada banyak tema ruang sholat yang bisa Anda pilih yang nyaman untuk keluarga Anda. Anda bisa memilih mulai dari ruang sholat minimalis, natural, Jepang, mewah, chic, dan masih banyak lagi! Tema sangat membantu untuk memilih langkah selanjutnya seperti warna dinding, dekorasi, dan penyimpanan.

5. Warna dan Dekorasi Dinding

Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat memilih warna dinding yang netral dan tenang. Anda juga bisa memilih warna-warni namun tetap harus mencocokkan interior rumah Anda agar menyatu dengan baik. Hiasan dinding dapat berupa simbol dan lukisan Islam.

6. Tempat Penyimpanan

Rak apung sangat ideal untuk penyimpanan ruang. Berfungsi untuk memuat perlengkapan sholat agar tetap terlihat rapi. Anda juga bisa memasukkan laci atau kotak penyimpanan yang sesuai dengan tema.

7. Sekat

Sekat dapat menjalankan fungsinya sekaligus menjadi penambah estetika ruangan. Anda dapat memilih sekat berdasarkan ukuran ruangan Anda. Ada juga berbagai pilihan yang bisa Anda pilih.


Nah itu dia 7 cara membuat ruang sholat keluarga yang nyaman. Besar atau kecil, warna-warni atau tidak, Anda bisa mendekorasi ruang sholat keluarga senyaman mungkin. Yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa fokus beribadah di ruang sholat tersebut.

Baca juga: 5 Tips Membuat Ruang Santai Minimalis: Ramah untuk Keluarga dan Sederhana

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

5 Tips Membuat Ruang Santai Minimalis: Ramah untuk Keluarga dan Sederhana!

5 Tips Membuat Ruang Santai Minimalis: Ramah untuk Keluarga dan Sederhana!

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *