7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

Jika kamu tinggal di kota besar, dekat keramaian, atau di dekat jalan besar, mungkin kamu sudah tidak asing dengan suara berisik. Suara bising dari jalanan atau luar kamar memang bisa mengganggu bagi yang sedang berada di dalam rumah. Atau, kamu tidak ingin mengganggu orang rumah karena kamu suka mendengarkan lagu dengan volume kencang di dalam kamar? Atau mungkin teman-temanmu sering berkunjung dan cenderung berisik di kamarmu sehingga kamu tidak ingin suara mereka mengganggu orang rumah? Nah, bagaimana kalau membuat kamar jadi kedap suara? 

Cara membuat kamar menjadi kedap suara sebenarnya tidak begitu sulit, lho. Coba lakukan 8 cara ini untuk membuat ruanganmu menjadi lebih kedap suara.

1. Menutup celah pintu

membuat ruangan kedap suara - tutup celah pintu
dekoruma.com

Kalau kamu bisa mendengar pembicaraan orang rumah di luar kamar mu dengan jelas, kemungkinan ada celah udara yang besar di pintu kamarmu. Untuk memperkecil kemungkinan suara dari kamarmu terdengar ke luar dan sebaliknya, kamu bisa menutup celah itu, salah satunya dengan memasang pengganjal celah pintu. Kamu bisa membeli door seal yang berguna untuk menutup celah pintu di toko perlengkapan rumah atau di toko online. Pastikan kamu menggunakan door seal yang tebal agar kamarmu lebih kedap suara, ya. Selain membuat ruangan kedap suara, door seal juga bisa mencegah debu dan serangga masuk ke kamarmu, lho.

2. Menempel karpet atau pelapis karet di dinding

membuat ruangan kedap suara - tempel karpet di dinding
martinocompanies.com

Apakah kamu tahu bahwa suara dipantulkan lewat permukaan keras, seperti dinding, lantai, dan langit-langit? Jadi, kalau ingin meredam suara, kamu perlu memperkecil kemungkinan suara dipantulkan. Salah satu caranya adalah dengan menutupi lantai dan dinding kamar dengan sesuatu yang empuk, seperti karpet ataupun rubber mat (keset karet) yang ditempel di permukaan dinding. Karpet dan rubber mat ini akan menyerap suara sehingga membuat ruangan lebih kedap suara.


Baca juga: Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk, Tanpa AC!


3. Menggunakan karpet tebal dan rug pad

membuat ruangan kedap suara - pakai karpet tebal
rugandhome.com

Kalau kamu tidak mau menutupi seluruh permukaan dinding dengan karpet, kamu bisa menggunakan karpet tebal di lantai ruangan untuk mengurangi suara dipantulkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rug pad yang tebal di bawah karpet agar lebih kedap suara.

4. Redam suara dengan lemari buku

galena

Jika dinding ruangan tidak dapat meredam suara dengan baik, kamu bisa menggunakan lemari buku yang menutupi seluruh dinding ruangan. Dengan cara ini, gelombang suara yang datang dari dalam maupun luar akan terhalang oleh lemari buku yang menutupi dinding.

5. Menggunakan panel akustik

membuat ruangan kedap suara - pasang panel akustik
archiproducts.com

Panel akustik biasanya memang dipasang di ruangan studio musik, tetapi bukan berarti tidak bisa dipasang di kamar. Panel akustik adalah salah satu elemen interior yang berfungsi untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras dan menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu atau jendela. Nah, menggunakan panel akustik di kamar efektif untuk membuat ruangan jadi kedap suara!


Baca juga: Menciptakan Ruang Kerja di Apartemen

6. Menggunakan gorden kedap suara

Ada, lho, gorden yang khusus dibuat untuk meredam suara. Selain untuk mempercantik interior kamar, gorden kedap suara juga bisa membuat kamarmu bebas dari suara berisik. Kamu bisa memasang gorden kedap suara di setiap jendela kamar untuk meredam suara dengan lebih maksimal.

7. Memasang gorden tebal di depan pintu

Cara terakhir untuk membuat kamarmu lebih kedap suara adalah dengan memasang gorden tebal di depan pintu. Dengan cara ini, suara yang bocor melalui celah pintu dapat sedikit diredam oleh gorden yang tebal.


Itulah 7 cara untuk membuat ruangan lebih kedap suara. Cara-cara ini bisa dipraktekkan kalau kamu terganggu dengan suara berisik dari luar kamar, atau sebaliknya, tidak ingin keberisikan di kamarmu mengganggu orang lain di rumah. Semoga membantu, ya!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

fallback-image

15 Computer Desk Designs: Minimalist and Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *