Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Pindah ke tempat baru cukup membuat stres karena harus memilih furnitur baru, mendekorasi, dan memesan jasa pindahan bisa melelahkan. Kemudian kamu harus mencari teman sekamar baru (jika kamu ingin hidup bersama), yang merupakan salah satu hal terpenting dan menegangkan tentang pindah rumah. Memilih dengan siapa kamu akan tinggal adalah komitmen besar. Berbagi tempat tinggal dengan orang lain adalah sesuatu yang harus dipikirkan dengan baik, karena satu pilihan yang salah akan berakhir dengan sengsara sampai masa sewa habis.

Ada kalanya kamu merasa telah memenangkan lotre dan menemukan teman sekamar yang sempurna. Namun masalahnya, beberapa orang terampil dalam membuat kesan pertama yang baik. Sepanjang jalan, kamu mungkin memperhatikan beberapa hal tidak menyenangkan tentang teman sekamarmu yang tidak pernah terpikir akan mereka lakukan karena dia bukan tipe orang yang akan menunjukkan hal-hal itu saat kamu pertama kali bertemu mereka.


Jika ini yang kamu rasakan, kami menyarankan kamu untuk tidak mengabaikannya. Hanya agar kamu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sedang kita bicarakan. Berikut beberapa tanda peringatan yang mungkin tidak ingin kamu abaikan, bisa jadi tanda agar kamu mencari teman sekamar baru.    

1. Kebiasaan pasif-agresif

Menjadi pasif-agresif bukanlah hal yang baik dalam hubungan apa pun. Itu adalah tanda bahwa kamu tidak bisa melakukan percakapan yang jujur ​​dengan orang lain. Komunikasi yang jujur ​​dan terbuka penting saat kamu hidup bersama, baik kamu memiliki hubungan yang baik atau tidak. Sungguh frustasi hidup dengan seseorang yang pasif-agresif, dan kamu tidak bisa memilikinya di rumah di mana kamu seharusnya bersantai.

Bertemu orang baru dan mengetahui rutinitas mereka adalah bagian dari memiliki teman sekamar. Kamu akan segera menyadari bahwa akan ada beberapa hal yang tampaknya tidak kamu setujui. Mungkin mereka adalah orang yang bangun sangat pagi, sedangkan kamu adalah orang yang sering tidur larut malam, atau mungkin mereka lebih suka meletakkan dudukan toilet, sementara kamu lebih memilih mengangkatnya. Akan ada masalah yang timbul di permukaan. Ketika itu terjadi, hal yang benar untuk dilakukan adalah mendiskusikannya dengan tenang menggunakan pikiran terbuka. Namun, jika teman sekamarmu bersikukuh bahwa semuanya ‘baik-baik saja’ sambil terus-menerus memberi kamu tatapan jengkel, memutar mata ketika kamu berbicara, atau terus memberi catatan pasif-agresif di seluruh rumah, mungkin inilah saatnya untuk menemukan yang baru.

2. Suka mengatur

Setiap orang memiliki standar dan cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Tetapi jika teman sekamarmu suka mengatur, pemarah, dan mengomel setiap kali kamu tidak setuju atau ‘menyelinap’, hidup bersama dapat membuatmu stres. Menetapkan pemahaman bersama dan harapan satu sama lain sejak dini mungkin merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Solusi lain adalah membicarakan masalah segera setelah muncul. Tetapi bagaimana jika berbicara tidak berhasil? Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk pindah atau mencari teman sekamar baru. Jika kamu merasa seperti harus berjalan di atas kulit telur di rumah sendiri atau keluar larut setiap hari untuk melarikan diri dari teman sekamarmu, itu adalah tanda dari hubungan hidup yang tidak sehat.

Baca juga Tips Menghadapi Masalah Dengan Teman Sekamar

Sangat menyenangkan memiliki rasa kasihan dan peka terhadap orang lain. Namun, itu akan berdampak buruk bagi kesejahteraanmu, apalagi jika kamu harus pulang dengan lebih banyak stres. Rumahmu adalah tempat untuk benar-benar menjadi diri sendiri dan melepas lelah dari hari yang melelahkan di tempat kerja.

3. Kebiasaan berantakan

Tinggal dalam jarak yang begitu dekat akan membuat kamu sadar akan kebersihan teman sekamarmu. Saat berbagi rumah, kamu masing-masing harus melakukan bagianmu untuk menciptakan rumah yang bersih dan rapi. Tetapi jika teman sekamarmu memiliki kebiasaan menjijikkan seperti tidak pernah membuang makanan busuk, tidak pernah mencuci piring, meninggalkan pakaian kotor di lantai, dan memiliki bau yang sangat aneh keluar dari kamar mereka, kamu harus lari, bukan berjalan.

Mungkin baik-baik saja jika itu terjadi sekali atau dua kali dan kemudian mungkin kamu pergi keluar dari caramu untuk membersihkannya sebagai isyarat baik, tetapi jika itu telah menjadi kebiasaan, itu hanya akan membuat kamu membenci mereka. Cepat atau lambat, kebersihan akan terasa seperti beban dan rumahmu akan mulai terlihat seperti kandang babi. Sekali lagi, komunikasikan masalahnya kepada mereka, bicaralah dengan jelas tanpa merendahkan. Jika mereka masih mempertahankan kebiasaan buruknya, kamu bisa mulai mencari teman sekamar baru.


Hadapi saja, kita tidak sempurna. Mungkin kita punya kebiasaan menyebalkan lain yang membuat teman sekamar kita kesal. Kami adalah manusia dan kami membuat kesalahan. Tapi kita perlu tahu jika ada sesuatu yang terlalu berlebihan. Seseorang yang tidak membersihkan dirinya sendiri akan mengharapkanmu untuk membersihkan setelahnya. Itu tidak baik.

4. Tidak menghargai batasan personal

Jika kamu baru mengenal kota ini, teman sekamar dapat memberimu teman yang sangat dibutuhkan sampai kamu menemukan lingkaran sosialmu, bahkan mungkin menjadi sahabatmu. Selain itu, memiliki wajah ramah di dekatmu saat menghadapi tantangan sehari-hari dapat membantu dan meyakinkan. Namun, terlepas dari apa yang diajarkan “Teman” kepada kami, menjadi teman sekamar tidak memberimu atau siapa pun hak untuk terlibat dalam kehidupan pribadi mereka atau melanggar privasi seseorang. Setiap orang membutuhkan ruang pribadi. Kamu tidak perlu membagikan semuanya. Mudah-mudahan, pada awal pengaturanmu, kamu dan teman sekamar berbicara tentang batasan ketika kamu tinggal bersama.

Mengabaikan batasan orang bisa datang dalam banyak cara, seperti memakan sisa makanan yang kamu simpan di kulkas atau masuk ke kamar mandi tanpa mengetuk. atau bahkan ‘meminjam’ pakaianmu tanpa bertanya terlebih dahulu. Teman sekamar mungkin memiliki konsep berbagi yang salah dan berpikir “apa milikmu adalah milikku dan apa milikku adalah milikku”. Orang yang melewati batas bisa melelahkan. Kamu dapat mengatur beberapa batasan pada hubunganmu dengan mereka. Tapi jika mereka melakukan ini dengan sengaja, yang terbaik adalah mencari teman sekamar yang lebih baik.

5. Tidak punya pendapatan yang stabil

Salah satu alasan mengapa kamu mendapat teman sekamar mungkin karena kamu ingin mengurangi sewa dan utilitas lainnya. Sewa terpisah dapat memberikan akses ke lokasi strategis yang lebih luas atau akomodasi yang lebih baik daripada yang dapat kamu beli sendiri. Jadi, penting untuk mencari teman sekamar dengan pendapatan stabil dan dapat diandalkan untuk bagian sewa mereka sendiri.

Yang harus kamu ketahui adalah bahwa ketika kamu tinggal bersama, keuangan mereka akan memengaruhi keuanganmu.


Mungkin tidak nyaman untuk meminta informasi keuangan mereka tetapi, kamu tidak perlu stres menjelaskan kepada pemilik rumah mengapa sewamu selalu terlambat atau ketika kamu harus membayar biaya keterlambatan. Hasil terburuk adalah kamu membayarnya atau keluar di pertengahan masa sewa karena teman sekamarmu tidak dapat membayar bagiannya.

Jika kamu memperhatikan salah satu tanda bahaya ini, kami sarankan kamu duduk bersama teman sekamarmu dan membicarakannya sebelum membuat keputusan besar. Jika kamu memperhatikan bahwa ia menunjukkan beberapa dari ciri-ciri ini, harap pertimbangkan teman sekamarmu dan berhentilah. Bagaimanapun, kami berharap yang terbaik untuk dirimu sendiri.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *