Menciptakan Ruang Kerja di Apartemen

Bekerja dari rumah tidak sama dengan mengetik di laptop sambil berbaring di tempat tidur. Bagaimanapun itu, kamu harus memindahkan kantor kamu ke apartemen kamu. Itu berarti kamu perlu mengubah meja kamu menjadi tempat kerja yang sebenarnya di mana kamu akan cukup fokus untuk menyelesaikan semua tugas kamu. Tidak yakin bagaimana melakukannya dengan cara yang benar tanpa menjungkirbalikkan apartemen? Berikut adalah beberapa tips bebas repot untuk menyiapkan ruang kerja di apartemen kamu (lebih ramah fokus daripada bilik!)

baca lebih lanjut tentang : Fasilitas Umum di Apartemen Jakarta

1. Siapkan Perlengkapan Kamu

Hal pertama yang ingin kamu lakukan adalah mengumpulkan semua peralatan yang akan kamu jangkau saat bekerja. Kamu tidak ingin terlalu sering meninggalkan tempat kerja hanya karena kamu lupa membawa pena atau USB.

Mulailah dengan elektronik. Laptop dan pengisi daya kamu adalah suatu keharusan, tetapi bagaimana dengan peralatan lain yang kamu perlukan untuk rapat online tersebut? Jadi kamu tidak hanya perlu memeriksa apakah Wi-Fi kamu berfungsi dengan baik, tetapi kamu juga perlu melihat apakah webcam kamu dapat diservis. Selagi melakukannya, uji headset kamu. Jika kamu perlu berinvestasi dalam headphone dengan mikrofon yang lebih baik, lakukanlah!

Satu hal yang tidak bisa kamu tinggalkan adalah alat tulis. Dengan sebagian besar pekerjaan kamu diselesaikan di laptop atau PC, fokuslah pada hal-hal yang kamu perlukan untuk membuat catatan. Untuk itu, sebaiknya kamu mengeluarkan dua buku catatan atau agenda dalam satu waktu sehingga tidak akan mengacaukan meja kamu (terutama jika kamu bekerja dengan buku dan folder referensi yang besar). Alih-alih membawa seluruh tempat pensil penuh dengan pena, keluarkan beberapa pena dan pensil bersama dengan penghapus dan beberapa stabilo. Kamu juga dapat menyimpan di post-it juga. Hapus semua pengatur folder atau letakkan di bawah meja. Jangan biarkan mereka mengganggu ruang kerja kamu.

2. Temukan Ruang Kerja Ideal Kamu

Sekarang saatnya memberi tag pada tempat untuk stasiun kerja kamu. Berikut adalah beberapa kriteria untuk ruang yang tepat sehingga kamu tidak perlu berkeliling apartemen kamu terlalu lama (ini jauh lebih sederhana dari yang kamu kira!):

  • Pencahayaan yang baik siang dan malam (lebih disukai di mana kamu bisa mendapatkan sinar matahari) 
  • Sirkulasi udara yang baik. Hindari tempat berdebu terutama jika kamu rentan terhadap alergi. 
  • Suhu yang nyaman. Jika kamu tidak mampu menyalakan AC di apartemen kamu sepanjang hari, paling tidak pasang kipas angin listrik
  • Koneksi internet yang baik. Jika kamu sudah tinggal cukup lama di apartemen, kemungkinan besar kamu tahu tempat mana yang terbaik.

Yang terpenting, ingatlah bahwa kamu bertujuan untuk membangun ruang kerja permanen. Ini berarti kamu harus memperhitungkan setiap kemungkinan gangguan jika kamu memilih ruang kerja tertentu. Setiap tempat memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, tetapi kamu juga akan belajar untuk menyortir dan meminimalkan gangguan tersebut saat kami mempelajari daftar ini lebih lanjut.

baca selengkapnya:  Ruang Kerja di Jakarta untuk Kebutuhan Startup Kamu

3. Siapkan Station Kamu

Secara teoritis, ini adalah bagian di mana kamu bisa menaruh semua pernak-pernik kamu. Tetapi menemukan permukaan yang datar hanya untuk meletakkan laptop kamu bisa menjadi sebuah perjuangan ketika apartemen kamu semuanya berantakan. Jadi, sekali ini saja, mulailah membersihkan meja pilihan kamu dan membuatnya bebas dari kekacauan (dan pertahankan seperti itu!)

Selanjutnya, cobalah duduk di kursi kamu untuk melihat apakah sudah cukup nyaman. Infografis yang dibuat oleh IWIF ini memberikan kamu tip untuk membangun pengaturan tempat duduk yang ergonomis.

“Bekerja dengan apa yang kamu miliki” adalah mantra kamu, jadi jangan menunggu sampai kamu membeli kursi meja ergonomis yang mahal. Sebagai gantinya, gunakan bantal atau sesuaikan ketinggian kursi kamu. Jika kamu menggunakan meja rendah atau meja lipat, pastikan kamu memiliki penyangga punggung (seperti sisi tempat tidur kamu). Namun, kami tidak menyarankan kamu untuk duduk di tempat tidur!

Sekarang saatnya menambahkan bumbu ke meja kamu. Temukan tanaman hijau yang menenangkan? Lakukan! Letakkan pot kecil kaktus atau terarium. Butuh foto keluarga berbingkai untuk membuat kamu tetap termotivasi. Apa pun bisa dilakukan selama ruang kamu tidak diambil alih.

Untuk membuat kamu lebih teratur, letakkan kalender desktop atau buku jadwal mingguan kecil di samping laptop kamu. Kamu juga bisa menggantungkan papan tulis dengan daftar tugas atau grafik garis waktu di dinding di depan kamu

Tersesat dalam pekerjaan kamu tidak berarti kamu diizinkan untuk mengabaikan kesehatanmu. Tetap terhidrasi. Siapkan sebotol air kemasan atau gelas berisi air (untuk yang lebih peduli lingkungan) dalam jangkauan kamu. Secangkir teh atau kopi juga disambut untuk dorongan kafein yang sangat dibutuhkan.

Tips profesional: Jika kamu tidak dapat melanjutkan selama dua jam tanpa ngemil, pilih opsi bebas sampah seperti menuangkan makanan ringan dari bungkusnya dan meletakkannya bersama dalam wadah makanan. Kamu juga ingin menjaga meja dan laptop kamu bebas dari noda, jadi ingatlah hal itu saat kamu mengambil sekantong Cheetos.

4. Singkirkan Gangguan

Jauhkan hal-hal yang mengganggu dari pandangan kamu. Bisa jadi lemari es atau bahkan konsol video game. Yang terpenting, menjauhlah dari tempat tidur. Bekerja dengan tempat tidur menghadap ke belakang.

Orang-orang di seluruh Instagram suka merekam video kucing berbaring di atas keyboard atau anjing melompat ke pangkuan mereka selama panggilan video. Betapapun lucu kejenakaan mereka, mereka adalah contoh sebuah pengalih perhatian. Jauhkan hewan peliharaan kamu dari ruangan selama jam kerja dan hanya periksa saat istirahat atau waktu makan.

Untuk orang yang memiliki teman serumah, sampaikan kepada mereka bahwa kamu tidak akan tersedia pada jam kerja. Perjelas bahwa kamu menginginkan kebisingan minimal atau gerakan yang mengganggu di sekitar kamu selama waktu tersebut (Kami percaya bahwa tidak akan ada masalah jika tidak ada anak di sekitar kamu, tetapi kamu mungkin perlu berusaha jika teman sekamar kamu kurang memahami situasinya!).

Jadi begitulah tips mengubah apartemen kamu menjadi tempat kerja! Saat membangun ruang kerja kamu, tetap sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pribadi kamu. Kamu juga harus berkomitmen untuk memelihara ruang kerja seperti yang kamu lakukan dengan kantor kamu. Dengan pengaturan yang tepat, kamu juga dapat meningkatkan produktivitas di rumah bahkan tanpa pengawas yang membayangi kamu!

cari tahu lebih lanjut tentang Cara Memilih Apartemen yang Ideal

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *