Mencoba Urban Gardening di Jakarta

Mencoba Urban Gardening di Jakarta

Sebagian besar orang Jakarta sibuk dengan jadwal padat sepanjang minggu. Menyeimbangkan kehidupan kerja atau pendidikan dengan kehidupan pribadi bersama keluarga dan kehidupan sosial bersama teman dan kenalan akan terasa berat. Jadi, kami sarankan agar kamu memiliki kegiatan positif yang bisa kamu coba. Ayo berkebun!

Beberapa orang takut mencoba berkebun karena terlihat berat bagi orang yang sibuk. Tapi, itu cara berkebun kuno! Saat ini, kami mempunyai cara berkebun yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih baik. Kami akan memberikan panduan dasar berkebun di Jakarta yang akan menggandakan kebahagiaanmu dan meredakan stress. Satu-satunya aturan dalam berkebun perkotaan: gunakan apa yang kamu miliki!

Tempat Terbaik untuk Membeli Tanaman di Jakarta

1. Temukan Tempat

Urban Gardening Jakarta until Garden Design Landscape Architecture ...

Orang yang suka berkebun di rumah, biasanya melakukannya di halaman belakang rumahnya yang relatif luas untuk menanam berbagai jenis tanaman di tanah atau pot besar. Kalau sudah memilikinya, bagus! Kalau kamu tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk berkebun, jangan khawatir! Kamu bisa mencoba urban gardening, dengan mencari tempat yang cukup untuk meletakkan beberapa pot yang bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup saat siang hari. Setelah itu, kamu bisa merencanakan taman kecilmu.

Balkon di apartemen bisa menjadi tempat yang tepat untuk meletakkan tanamanmu. Kamu bisa menggunakan rak yang tidak dipakai untuk meletakkan pot di dekat dinding. Bahkan, kamu bisa menggunakan pot gantung untuk tanamanmu. Banyak yang bisa kamu kreasikan. Jangan membuatmu terbebani dengan membeli ini dan itu, gunakan apa yang kamu miliki. Berkebun seharusnya menyenangkan, Jika berkebun membuatmu stres, pasti ada yang salah!

2. Pilih Tanaman

ladder leaning on flower pot's frame urban gardening jakarta

Setelah mengetahui tempat yang pas untuk tamanmu, proses selanjutnya adalah memilih jenis tanaman. Setiap jenis tanaman memiliki cara perawatan yang berbeda, maka pastikan pilihan tanaman sesuai dengan waktu dan kesibukanmu sehari-hari. Ada berbagai tanaman tersedia yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu baru mulai mencoba urban gardening, kamu bisa mencoba tanaman sederhana, seperti tanaman sukulen dan kaktus. Tanaman ini hanya memerlukan ruang kecil, sinar matahari yang cukup, dan sedikit air. Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini setiap 2 hari sekali.

Kamu bisa membeli tanaman sukulen dan kaktus melalui toko online seperti Tokopedia. Banyak penawaran terbaik untuk kaktus mini yang menggemaskan. Ada banyak perlengkapan berkebun yang bisa kamu beli dari situs web ini juga. Ada juga situs baru seperti  Rindang yang akan mengantarkan tanaman yang kamu pesan di depan pintu rumahmu. Tanaman sukulen dan kaktus biasanya digunakan untuk dekorasi rumah.

Pilihan tanaman yang lebih kreatif untuk tanammu adalah tanaman yang bisa kamu temukan dan gunakan di dapur. Tahukah kamu bahwa kamu bisa menanam ujung daun bawang yang tidak digunakan lagi? Kamu juga bisa menanam biji cabai atau cabai rawit agar bisa langsung ditanam di kebun sendiri. Siapa bilang hobi tidak bisa bermanfaat?

3. Biarkan tumbuh

Mau Buat Urban Farming Di Apartemen, Bagaimana Memulainya?

Setelah siap semuanya, sekarang saatnya menanam! Berikut ini beberapa hal penting untuk diperhatikan, seperti pot, bibit tanaman, dan tanah. Kamu bisa membeli perlengkapan berkebun dengan mudah dari situs khusus berkebun seperti  Trubus atau Jakarta Notebook. Kamu bisa membeli pot sesuai dengan kebutuhanmu di toko online atau supermarket, bahkan kamu bisa menggunakan kaleng bekas yang sudah tidak terpakai daripada membuangnya.

Toko online menjadi pilihan mudah untuk mendapatkan bibit tanaman berkualitas sampai di depan pintu rumahmu. Gunakan pupuk berkualitas agar tanamanmu tumbuh dengan baik dan sehat.

Tips: Manfaatkan kantong teh bekas. Kumpulkan kantong teh bekas dan letakkan tepat di atas tanah. Saat menyiram tanaman, kantong teh akan memberi nutrisi tambahan bagi tanamanmu.

Menyirami dan memastikan tanamanmu mendapatkan sinar matahari yang cukup adalah satu-satunya cara untuk merawatnya. Pastikan tanaman tersebut mendapatkan cukup sinar matahari beberapa jam sehari. Pastikan juga menyirami tanamanmu sesuai kebutuhannya, sehingga kamu tidak akan menyiramnya secara berlebihan. Ketahui kebutuhan tanamanmu agar tidak cepat layu atau mati.

4. Bergabung dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas urban gardening di media sosial! Banyak komunitas, seperti  Jakarta BerkebunKebun Kumara, or Kebun Ide mengadakan acara, workshop, dan gathering, sehingga kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan berbagi pengalaman dalam berkebun.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan jika ingin urban gardening di Jakarta. Cara di atas akan menambah pengetahuanmu dalam berkebun sehingga kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan dengan cara yang seefektif mungkin. Dengan gaya hidup modern di Jakarta, tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Easy Houseplants Tips

Easy Houseplants Tips

Plants for Beginners

Plants for Beginners

Online Store to Buy Plants

Online Store to Buy Plants

Coworking Space Terbaik di Alam Sutera

Coworking Space Terbaik di Alam Sutera

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *