9 Langkah Mengecat Tembok dengan Cat Minyak

9 Langkah Mengecat Tembok dengan Cat Minyak

Untuk kalian yang sedang mendesain ulang tempat tinggal, mungkin kalian perlu mencoba mengecat tembok dengan cat minyak. Mengecat tembok dengan cat tembok biasa akan memberi beberapa hasil dan manfaat yang berbeda ketimbang mengecat tembok dengan cat minyak. Untuk kalian yang tertarik mengecat tembok dengan cat minyak, berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: 10 Cara Mengecat Tembok Sendiri

1. Siapkan peralatan dan bahan

Pertama-tama, siapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk mengeact tembok dengan cat minyak. Hal ini berarti mempersiapkan hal-hal seperti kuas, koran secukupnya, cat minyak dan peralatan-peralatan lainnya yang menurut kalian akan membantu proses mengecat tembok dengan cat minyak.

Jangan sampai ada alat atau bahan yang terlupakan karena jika baru teringat di tengah-tengah proses mengecat, akan rumit untuk melanjutkannya lagi setelah melengkapi peralatan dan bahan. Pastikan hal-hal seperti ukuran paint roller dan volume cat minyak yang sesuai di sini. Tanyakan kepada penjual di toko yang kalian kunjungi agar perkiraan kalian lebih akurat dan sesuai budget!

2. Bersihkan tembok yang akan dicat

Untuk hasil maksimal, pastikan tembok yang akan kalian cat tidak memiliki jamur atau bagian kotor yang terlalu terlihat. Karena jika ada, proses mengecat tembok dengan cat minyak akan lebih sulit terlebih bila ada bagian yang terkelupas dan tidak benar-benar dibersihkan.

Lakukan pengerokan, pengamplasan, atau pengelupasan untuk bagian-bagian bermasalah tersebut. Intinya, pastikan kebersihan tembokmu sebelum mengecat tembok dengan cat minyak. Jangan lupa bersihkan residu pembersihan agar debu-debu yang ada tidak mengganggumu dalam proses pengecetan. Juga agar tidak ada pekerjaan tambahan setelah mengecat dan kalian hanya tinggal menunggu cat minyaknya kering kemudian menikmati hasil karya kalian.

Baca juga: Cara Mengecat Pintu dan Jendela

3. Hindari mengecat di musim hujan

Untuk hasil yang maksimal, hindari mengambil resiko mengecat di musim hujan. Akan ada berbagai tantangan tambahan apabila pengecatan di musim hujan. Mengecat di musim hujan akan membawa resiko terkena air hujan sebelum cat minyak benar-benar kering dan menempel, membuat cat lebih lama mengering karena cuaca, sulitnya memastikan kondisi kering dari awal sampai akhir pengecatan. Hal ini juga karena cat minyak biasa digunakan untuk bagian luar rumah, jadi akan lebih baik apabila kalian berhati-hati dan menghindari mengecat di musim hujan.

4. Kurangi penggunaan plamir

Pengunaan plamir untuk cat minyak bisa justru mengurangi kualitasnya saat digunakan. Plamir bisa mengurangi intensitas warna yang diberikan cat minyak. Hal ini dikarenakan daya rekat cat minyak yang akan berkurang kalau plamir digunakan berlebihan.

Jadi, gunakan plamir seminimal mungkin untuk memaksimalkan kualitas cat minyak. Bahkan, mengecat dengan cat minyak langsung setelah membersihkan tembok dapat meningkatkan kualitas dengan cukup mudah. Tentunya kalian perlu memilih sesuai kebutuhan kalian, jadi konsultasikan kepada pakar terkait apabila kalian belum yakin!

5. Siapkan warna dasar

Warna dasar perlu digunakan sebelum mulai menggunakan cat minyak karena fungsinya yang lebih artistik. Memberi warna dasar bisa memperindah dan mempermudah penggunaan cat minyak. Lapisan warna dasar bisa diberikan dengan menggunakan warna tunggal dari suatu cat tembok atau dengan cat minyak yang dicampur paint thinner. Kalian bisa melewati proses ini tapi pastikan kalau tembok yang akan kalian cat dengan cat minyak sudah cukup bersih dan memiliki warna yang sesuai keinginan kalian. Jadi pastikan dulu warna apa yang kalian targetkan menjadi lapisan warna dasar tembok kalian.

Ingat juga komposisi warna apabila kalian ingin membuat warna kalian sendiri dari menyampurkan beberapa warna yang ada. Porsi campuran warna yang berbeda sedikit saja bisa saja membuat warna antar bagian tembok yang berbeda menjadi terlihat aneh dan tidak sesuai. Catatlah kalau perlu bagian yang satu ini agar tidak menyesal dan harus mengulang atau mengoreksi di bagian berikutnya!

6. Mulailah cat dindingmu

memulai mengecat tembok dengan cat minyak
Mulai mengecat

Sekarang, mulailah mengecat dengan cat minyak. Menggunakan paint roll adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyelesaikan dengan cepat dan teliti. Siapkan kuas untuk menjangkau bagian-bagian pojok agar tetap mendapatkan konsistensi cat minyak yang kalian inginkan secara merata. Jangan paksakan untuk hanya menggunakan kuas karena akan memakan terlalu banyak waktu juga tenaga. Menggunakan kuas akan membuat pola pengecatan kalian terkesan tidak rapi.

Jika kalian menginginkan untuk mewarnai dengan lebih artistik dan bebas, lebih baik kalian tunggu agar cat minyak yang menjadi lapisan awal kering. Barulah, setelah kering kalian dapat menaruh perhatian lebih ke lukisan yang akan kalian buat. Untuk hasil yang maksimal, usahakan gunakan pensil terlebih dahulu untuk membuat sketsa desain gambar di tembok kalian. Setelah membuat sketsa desain gambar yang kalian inginkan, kalian hanya perlu mengikuti sketsa kalian dan mengarsir tanpa ragu lagi.

7. Finishing

Untuk menyelesaikan pengecatanmu, perhatikan kembali hasilmu untuk mengamati apabila ada bagian-bagian yang kurang maksimal warnanya atau konsistensinya. Kembalilah ke bagian-bagian dengan warna yang kurang maksimal agar hasil pengecatanmu secara keseluruhan dapat mencapai konsistensi yang baik. Pengecatan tembok memang bukan sesuatu yang dapat dilakukan dan sekali jadi. Wajar apabila kalian memerlukan satu sampai dua kali pengerjaan, terutama apabila kalian pemula dalam mengecat tembok dengan cat minyak.

8. Bersihkan untuk terakhir kali

Setelah kalian benar-benar selesai dalam mengecat bagian manapun, perhatikan kebersihan hasil pengecatan kalian. Bersihkan debu-debu yang tersisa dari proses kalian agar hasil kalian dapat dinikmati secara maksimal.

Bersihkan dengan kain kering, tapi sebelum itu pastikan cat yang ada sudah benar-benar kering untuk menghindari pencoretan bagiant tertentu secara tidak sengaja saat pembersihan. Selain untuk menghindari tercoretnya bagian tertentu, kalian perlu membersihkan tembok secara teliti agar warna yang ada tidak terhapus secara tidak sengaja.

Itulah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari mengecat tembok dengan cat minyak. Tentu membaca saja tidak akan membantumu tanpa mencobanya langsung, jadi langsung rencanakanlah proses pengecatan tembokmu dengan detail. Jangan lupa untuk menaruh artikel ini di bookmark sebagai referensi ke depannya!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *