Mengenal Jenis Kurma dan Berbagai Khasiatnya Untuk Kesehatan

Mengenal Jenis Kurma dan Berbagai Khasiatnya Untuk Kesehatan

Menyambut bulan Ramadhan tanpa kehadiran buah kurma bagaikan makan sayur tanpa garam. Peribahasa itu rasanya sangat tepat untuk diungkapkan karena begitu identik buah kurma sebagai salah satu makanan pembuka di bulan puasa. Buah yang khas dari Timur Tengah itu memang tak hanya sedap untuk di makan akan tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh yang memakannya. Tak hanya enak dinikmati secara langsung, melainkan cara menikmatinya pun sangat beragam. Simak sajian olahan dari buah kurma selengkapnya dalam artikel Flokq kali ini.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Kue Kering Lebaran dan Cara Membuatnya!

Sajian olahan buah kurma

Kurma tanpa diolah menjadi apapun sebenarnya sudah memiliki cita rasa tersendiri yang menawarkan sensasi manis alami yang berasal dari kandungan fruktosa dan glukosa. Fruktosa memiliki indeks glikemik (salah satu acuan dalam pola makan untuk mengendalikan kadar gula darah) yang rendah dibandingkan dengan glukosa dan sukrosa.

Kurma masih aman untuk dinikmati bagi penderita diabetes, akan tetapi jumlahnya juga perlu untuk dibatasi. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa penderita diabetes aman dalam mengkonsumsi kurma (bukan olahan kurma) maksimal tiga buah per hari. Itu pun harus dimakan secara bertahap dan tidak dianjurkan untuk memakannya dalam satu waktu yang sama.

Menurut studi yang dimuat dalam Nutrition Journal menghasilkan sebuah penelitian bahwa sejumlah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah sekitar 43-53. Oleh karena itu, kurma diyakini tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan pada para penderita diabetes.

Meskipun nikmat jika Anda memakannya secara langsung, namun bagi Anda yang tak memiliki riwayat diabetes juga bisa mencoba untuk berkreasi dengan kurma menjadi olahan buka puasa yang menarik. Tentu saja, sajian tersebut hanya untuk dikonsumsi jarang-jarang bukan setiap hari. Berikut beberapa sajian olahan kurma yang bisa Anda coba nikmati sebagai menu berbuka puasa.

Susu kurma

Susu kurma menjadi salah satu menu favorit hasil olahan buah khas Timur Tengah ini. Bahan yang sederhana dan cara membuatnya yang cukup mudah membuat susu kurma menjadi pilihan banyak orang untuk melepas haus dan lapar. Anda bisa merendam kurma yang telah dibuang bijinya. Kemudian, setelah teksturnya terasa lebih lembut bisa langsung blender menggunakan susu sapi cair. Susu cair ini bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Smoothies kurma

Selain dicampurkan hanya dengan menggunakan susu cair, kurma juga tak kalah lezat untuk dicampur dengan aneka buah untuk dijadikan minuman smoothies. Buah-buahan seperti pisang, strawberry, alpukat, mangga, dan apel merupakan beberapa buah yang nikmat untuk dijadikan minuman smoothies bersama kurma.

Pudding Kurma

Selain menjadi minuman yang segar, buah kurma juga bisa Anda nikmati dengan diolah menjadi pudding. Selain kurma, tentunya Anda perlu untuk menyiapkan bubuk agar-agar. Disarankan untuk memakai bubuk agar-agar berwarna putih dan jangan lupa untuk siapkan juga air dan gula merah.

Meskipun sajian olahan kurma sangat lezat untuk dikonsumsi, namun Anda harus tetap memperhatikan porsinya agar tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda. Sajian olahan kurma juga dihadirkan sebagai variasi sesekali saja, karena bagaimanapun juga mengkonsumsi buah kurma secara langsung tentu akan lebih sehat.


Mengenal berbagai jenis buah kurma

Buah kurma seakan-akan menjadi salah satu makanan yang “wajib” untuk tersedia pada bulan Ramadhan. Hal ini selaras dengan salah satu Sunnah Rasul yaitu berbuka puasa dengan tiga butir kurma. Di wilayah Timur Tengah, kurma memang sering dijadikan makanan pokok oleh orang Arab. Buah kurma ini juga sering dikaitkan dengan budaya Arab dan memiliki nilai-nilai penting yang dihormati seperti rasa terima kasih, kedermawanan, dan lainnya. Selain identik dengan nilai-nilai kebaikan, kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ternyata ada sekitar 3.000 jenis kurma. Namun, berdasarkan informasi yang dikutip dari Food and Agriculture Organization (FAO), dari jumlah tersebut hanya sekitar 200-400 jenis kurma saja yang bisa dikonsumsi. Di Indonesia sendiri jenis kurma yang dapat dijumpai di pasaran cukup beragam. Setidaknya ada 5 jenis kurma yang paling populer di Indonesia. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa

Kurma ajwa ini juga dikenal dengan sebutan kurma Nabi karena disebut-sebut sebagai jenis kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma ajwa merupakan kurma pertama yang ditanam Nabi Muhammad SAW dan setelah itu banyak dibudidayakan di hampir di seluruh wilayah Arab. Jenis kurma ini juga memiliki kandungan gula yang bersifat monosakarida sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes tipe 2.

Kurma ajwa memiliki bentuk bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut. Rasanya agak manis seperti kismis. Kurma ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai anti-inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel, sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas seiring dengan tingginya kandungan glikosida dan flavonoid yang dimiliki, dan untuk menjaga kesehatan otak.

2. Kurma Sukari

Kurma Sukari
Kurma Sukari

Kurma sukari, atau juga dikenal sebagai “Ratu Kurma” merupakan kurma yang berasal dari keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma sukari memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan kurma lainnya. Rasanya cukup manis dan legit, ketika digigit pun dagingnya juga terasa cukup lembut.

Berdasarkan sejumlah penelitian, kurma sukari juga diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai antioksidan, menjaga sistem imunitas tubuh, serta meningkatkan energi. Kurma sukari memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kurma sukari mengandung nutrisi penting bagi tubuh lainnya seperti magnesium, klorida, zat besi, serta asam amino.

3. Kurma Medjool

Kurma Medjool
Kurma Medjool

Kurma medjool, atau juga dikenal sebagai “Raja Kurma” karena ukuran dari jenis kurma ini yang relatif lebih besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Kurma ini banyak berasal dari daerah Maroko dan mulai ditanam di Amerika Serikat hingga Afrika. Jenis kurma ini memiliki warna coklat gelap dan daging yang tebal serta aroma yang harum. Rasa buah kurma ini juga cukup manis bahkan rasanya mirip seperti karamel.

Kurma medjool ini juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai antioksidan, baik untuk kesehatan jantung, dan memiliki serat yang tinggi yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan serta membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kurma medjool juga mengandung sejumlah zat penting seperti karbohidrat, gula, kalium, protein, lemak, zat besi, dan tembaga.

4. Kurma Khalas

Kurma Khalas
Kurma Khalas

Kurma khalas memiliki tekstur yang sangat lembut dan cenderung lengket. Kurma yang berukuran tak terlalu besar ini memiliki warna yang cenderung coklat kemerahan. Rasanya cukup manis, terlebih jika sudah matang, rasa manisnya bisa seperti karamel. Kurma khalas ini juga memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya baik untuk pencernaan, memiliki antioksidan dan vitamin A, serta memiliki kandungan zat besi yang baik bagi orang-orang dengan riwayat kesehatan darah rendah. Di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, kurma khalas ini biasa dikonsumsi sebagai buah sehari-hari.

5. Kurma Bam

Kurma Bam
Kurma Bam

Jenis kurma terakhir yang sering banyak dijumpai di Indonesia adalah kurma bam. Kurma ini sering disebut juga sebagai kurma anggur atau kurma madu. Jika diperhatikan sekilas, kurma bam ini mirip dengan kurma ajwa, akan tetapi bentuk kurma ini lebih besar, memiliki tekstur yang lebih lembut, dan rasanya yang juga lebih manis. Kurma yang banyak tumbuh di kawasan Iran ini juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah, serta memiliki kandungan mineral dan lemak baik bagi tubuh Anda.

Demikian berbagai jenis kurma yang banyak dijumpai dan cukup terkenal di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadikan buah kurma sebagai sajian menu berbuka puasa yang berbeda bagi Anda dan keluarga.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *