Menyewa atau Membeli Apartemen?

Menyewa atau Membeli Apartemen?

Saat ini banyak kaum milenial khususnya para eksekutif muda atau pengantin baru lebih memilih tinggal di apartemen daripada di rumah. Tinggal di apartemen memberimu banyak kemudahan dan keuntungan. Misalnya, kamu akan mendapatkan tempat yang lebih aman dan aman untuk tinggal karena semua apartemen akan disediakan keamanan 24 jam. Kamu bisa memilih salah satu lokasi yang strategis ke pusat kota, atau tempat kerja. Kamu juga memiliki fasilitas olahraga ekstra tanpa biaya tambahan seperti kolam renang, lintasan jogging, lapangan basket, lapangan tenis, dll.

Tapi bagaimana dengan pertimbangan lain untuk membeli apartemen? Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita bahas dulu apa perbedaan antara menyewa dan membeli.

  • Sewa: Menurut encyclopedia.com, menyewa berarti mengadakan pengaturan hukum dengan tuan tanah (pemilik properti) untuk tinggal di ruang dengan biaya yang telah disepakati. Biaya yang biasanya dibayarkan setiap bulan ini disebut sewa. Dan menurut smartasset.com, membeli apartemen berarti membeli satu unit di sebuah gedung. Artinya, kamu akan membagi biaya pengoperasian gedung dengan pemilik apartemen lainnya.

Jika kamu ingin memutuskan apakah ingin menyewa atau membeli unit di sebuah apartemen, selalu lebih baik untuk bertanya pada diri sendiri secara lebih spesifik apa tujuanmu? Berapa lama kamu ingin tinggal? Jika kamu seorang pengantin baru yang ingin menggunakan apartemen sebagai tempat tinggal atau tinggal sambil tetap menabung sampai kamu cukup secara finansial untuk membeli rumah tidak apa-apa hanya dengan menyewa. Atau jika kamu hanya ingin tinggal untuk beberapa waktu lebih baik menyewa.

  • Membeli: Membeli apartemen berarti menjadikan 1 unit kamar milikmu. Kamu berhak dan berkewajiban untuk melakukan apa pun dan bagaimanapun kamu suka dengan apartemen. Apartemen itu atas nama kamu dan kamu bertanggung jawab untuk itu.

Karena beberapa dari kalian mungkin adalah pendatang baru yang baru saja mulai hidup sendiri dan belum stabil secara finansial, kami akan dengan senang hati membantu dengan memberikan detail lebih lanjut tentang pro dan kontra membeli apartemen. Kami mengumpulkan beberapa sumber yang kredibel dan terpercaya untuk membantumu mempertimbangkan dan memilih keputusan terbaik.

Menyewa Apartemen

Renting  Apartment word Menyewa Apartemen

Keuntungan

  • Fleksibilitas dan Mobilitas Tinggi

Saat ini kamu dapat memilih banyak apartemen yang memungkinkan kamu menyewa minimal satu bulan penuh sudah termasuk semuanya. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang baru mulai hidup mandiri dan masih belum stabil secara finansial. Pilih apartemen terdekat dengan tempat kerja dan pusat kota yang akan memberikanmu kehidupan yang lebih mudah dan mobilitas yang tinggi.

  • Bebas dari biaya tambahan

Keuntungan utama terlihat jelas ketika kita berbicara tentang biaya. Kamu tidak perlu membayar pajak tambahan, biaya pemeliharaan, asuransi, pembayaran hipotek, dll.

  • Kemudahan

Jangan ragu untuk menikmati semua fasilitas yang disediakan oleh apartemen seperti gym, area parkir, keamanan, kolam renang, dll. Tinggal di apartemen pada dasarnya seperti tinggal di rumah dengan cara yang lebih sederhana dan lebih efektif.

Kekurangan

  • Ruang Terbatas

Apartemennya tidak seluas kebanyakan rumah. Beberapa dari mereka juga memiliki beberapa batasan, misalnya, kamu tidak dapat mendekorasi ulang atau memperbaiki apapun sesuka hati. Kamu juga harus mematuhi beberapa aturan, misalnya, hewan peliharaan yang tidak diperbolehkan.

  • Biaya Sewa Berfluktuasi

Dalam beberapa kasus, sangat mungkin harga sewa dapat melonjak kapan saja. Kamu harus siap jika suatu saat biaya sewa tiba-tiba melonjak. Bersiaplah dalam hal mempersiapkan uang ekstra atau memilih untuk keluar dan pindah ke apartemen lain.

  • Harus Mematuhi Aturan

Kamu diwajibkan untuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh tuan tanah. Mungkin kamu tidak diizinkan untuk mendekorasi ulang apartemen sendiri. Kamu juga tidak bisa mengontrol jika tiba-tiba biaya sewa melonjak. Jika ini terjadi, kamu tidak punya pilihan lain selain keluar atau menyesuaikan dengan biaya bulanan yang baru. Menyewa sangat bagus untuk kamu yang masih belum stabil dan memberi mobilitas serta fleksibilitas yang baik. Sedangkan membeli apartemen baik untuk disewakan kepada orang lain atau investasi.

Baca Juga : The Average Cost of Apartment in Jakarta

Membeli Apartemen

apartment keyMembeli Apartemen

Keuntungan

  • Investasi yang baik

Jika kamu berpikir untuk membeli unit di apartemen sebagai investasi, membeli adalah pilihan terbaik. Perlu diingat bahwa begitu kamu memutuskan untuk membeli satu unit apartemen, Kamu juga perlu membayar biaya tambahan untuk pajak properti, pembayaran hipotek, biaya perbaikan, membeli furnitur (opsional), asuransi, dll.

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga tanah, rumah, atau apartemen yang terus meningkat setiap tahunnya menjadikannya pilihan yang baik untuk berinvestasi. Kamu dapat membeli dan menyewakannya kepada orang lain atau menyimpannya untuk sementara dan menjualnya 2 atau 3 tahun kemudian.

  • Kebebasan

Meskipun kamu memutuskan untuk menyewa apartemen, kamu bebas dari tanggung jawab untuk memiliki apartemen. Kamu bebas memilih apartemen yang sesuai untukmu dan keluarga. Kamu tidak perlu memiliki uang sebanyak itu untuk mulai tinggal di apartemen sewa bulanan. Jangan ragu juga untuk menikmati fasilitas yang disediakan apartemen. Mulai dari kolam renang, gym, lapangan tenis, jalan setapak, taman bermain, dll. Di saat yang sama, kewenanganmu hadir dalam pengertian yang berbeda. Kamu dapat dengan bebas mendekorasi ulang unit sesuka hati. Jangan ragu untuk membuat aturan bagi penyewa yang akan menyewa apartemenmu.

Kekurangan

  • Lebih Tanggung Jawab

kamu harus memperbaiki semuanya sendiri. Bersiaplah untuk biaya tambahan untuk memperbaiki dan memperbaiki apapun di dalam unitmu. Kamu juga harus membayar biaya tambahan dari pembayaran hipotek, pajak properti, asuransi, perbaikan, dll.

  • Bencana yang Tidak Diinginkan

Jika terjadi sesuatu, misalnya bencana alam seperti gempa bumi, atau kebakaran yang menghancurkan unit, tentu saja, kamu harus menanggung biaya yang paling buruk jika kamu kehilangan apartemenmu. Hal ini kemungkinan besar tidak akan terjadi jika kamu hanya menyewa. Kamu tidak terlalu terbebani secara finansial.

Jadi disitulah kelebihan dan kekurangan menyewa dan membeli apartemen. Kami berharap tulisan ini dapat membantu mempertimbangkan pilihan terbaik untuk kebutuhanmu. Semoga pindahannya berjalan lancar dan jangan lupa untuk melihat postingan lain tentang pindahan ke apartemen di blog kami!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *