Merayakan Ulang Tahun DKI Jakarta di Jakarta Fair

Merayakan Ulang Tahun DKI Jakarta di Jakarta Fair

Jika kamu mengunjungi Jakarta untuk liburan dan tidak tahu harus pergi kemana, kamu bisa datang ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) untuk bertemu dan berbaur dengan orang lain untuk merayakan ulang tahun Jakarta. Jakarta Fair atau dikenal dengan Pekan Raya Jakarta adalah salah satu acara tahunan yang tidak pernah sepi pengunjung. Jika kamu mengunjungi acara tahunan besar di Jakarta ini, kamu dapat melakukan beberapa kegiatan dan menikmati penawaran menarik mulai dari parade karnaval, kontes cosplay, Miss Jakarta Fair, taman bermain anak-anak, eksplorasi kuliner, dan diskon belanja besar-besaran! Tentu saja, perayaan tahunan ini memiliki banyak fakta unik yang harus kamu ketahui sebelum kamu pergi ke sana dan Flokq akan membantu kamu untuk mengetahui lebih dekat dan lebih baik tentang Jakarta Fair.

Sejarah

Pasti menarik untuk mengunjungi tempat yang memiliki nilai sejarah dan perayaan unik ini. Jakarta Fair (PRJ) diadakan untuk pertama kalinya di daerah Monas dari 5 Juni hingga 20 Juli 1968 dan dibuka oleh presiden kedua Indonesia, Soeharto, dengan melepaskan seekor merpati. Jakarta Fair pertama disebut DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (ejaan lama Indonesia). 

Ide itu pertama kali ditemukan oleh Syamsudin Mangan atau lebih dikenal sebagai Haji Mangan. Haji Mangan terinspirasi oleh berbagai acara pameran internasional yang sering ia ikuti sebagai konglomerat tekstil dan Pasar Malam Gambir yang dulunya sangat populer dan ramai. Gagasan ini disambut baik oleh Pemerintah DKI dengan membuat terobosan dengan langsung membentuk komite sementara yang dipercayakan kepada Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Pada saat itu, ia menjabat sebagai KADIN yang mengusulkan pameran besar untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri selama masa pemerintahan Gubernur DKI, Ali Sadikin, pada tahun 1967. 

Gagasan ini disambut baik oleh Pemerintah DKI karena Pemerintah DKI juga ingin membuat pameran besar yang terpusat dan bertahan lama untuk mewujudkan satu kesatuan pasar malam. Pada saat itu, pasar malam masih menyebar di beberapa daerah di Jakarta, seperti Pasar Malam Gambir yang terjadi di bekas Lapangan Ikada (sekarang menjadi daerah Monas). Pasar Malam Gambir telah menjadi inspirasi untuk pembentukan Jakarta Fair. Seperti yang kamu ketahui, PRJ adalah salah satu acara pameran terbesar di Jakarta dan bahkan di Indonesia. Tanggal acara sebagian besar dari 22 Mei – 30 Juni. Jakarta Fair tetap terbuka selama hari libur nasional meskipun jam buka disesuaikan dengan kegiatan warga Jakarta. Sejak 1992, PRJ dipindahkan dari Monas dan diadakan di Jiexpo Kemayoran hingga sekarang.

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Pekan Raya Jakarta

Jadi, setelah mengetahui sejarahnya, kami tahu bahwa kamu sangat ingin mengunjungi Jakarta Fair. Jika beberapa dari kamu masih tidak tahu apa yang harus dilakukan di Jakarta Fair, Flokq akan memberitahu kamu hal-hal yang dapat kamu jelajahi di sana. Jika kamu mengunjungi Jakarta Fair, ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan sendiri, teman, dan keluarga. Jakarta Fair dibuka mulai pukul 15:30 – 22:00 dari hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, untuk akhir pekan dan hari libur nasional, Jakarta Fair dibuka pukul 10:00 pagi – 11:00 malam. Harga tiket berbeda untuk setiap hari. Pada hari Senin, kamu hanya perlu membayar Rp 25.000,00 ($ 1,78), Selasa-Kamis kamu membayar Rp 30.000,00 ($ 2,13), dan pada akhir pekan dan hari libur nasional, kamu membayar sedikit lebih tinggi yaitu Rp 40.000,00 ($ 2,84). 

Pemerintah Jakarta juga bekerja sama dengan Trans Jakarta dengan menyediakan rute khusus ke Kemayoran. Menurut panitia di sana, luas tanah sekitar 125.000 meter persegi dengan lebih dari 2.500 stand disiapkan untuk pengunjung. Tidak salah jika acara tahunan ini diklaim sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara. Hal yang perlu kamu persiapkan adalah mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, uang, dan stamina. Itu karena tempatnya biasanya ramai dan banyak hal yang dapat kamu beli. Mulai dari pintu masuk, kamu dapat menemukan berbagai penawaran diskon menggoda yang akan menarik kamu untuk membeli atau mencoba sesuatu. Jadi, jangan lupa membawa uang tunai yang banyak, ya!

Eksplorasi Kuliner

Eksplorasi kuliner adalah hal yang harus dilakukan di Jakarta Fair. Kamu dapat menjelajahi banyak makanan, mulai dari makanan tradisional hingga makanan dan minuman modern. Ketika kamu mengunjungi Jakarta Fair, kamu harus mencoba camilan klasik Jakarta, yaitu Kerak Telor yang mudah ditemukan di setiap sudut Jakarta Fair. Jika kamu ingin mencoba hidangan utama tradisional Jakarta, kamu harus mencoba Soto Betawi. Soto Betawi juga mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau sehingga kamu tidak akan menyesal membeli.

Tidak hanya terbatas pada makanan klasik terbaik Jakarta, tetapi kamu juga dapat mencoba berbagai jenis masakan Indonesia, Asia, dan Barat. Kamu dapat menemukan makanan Jawa, Minang, Palembang, dan daerah lainnya. Untuk makanan Asia, kamu dapat menemukan sushi, ramen, katsu, corn dog, tteokbokki, kimbap, bibimbap, kebab, dan masih banyak lagi. Mereka tersebar dan mudah untuk ditemukan. Untuk makanan Barat, kamu akan menemukan masakan khas Barat yang populer di Indonesia seperti pizza, hot dog, hamburger, ikan dan keripik, pasta, sayap ayam, wafel, donat, es krim, dan sandwich! Jangan khawatir tentang harganya – diskon besar untuk berbagai makanan ringan dapat diperoleh di berbagai gerai!

Tempat Bermain Anak-anak

Jika kamu mengunjungi Jakarta Fair bersama anak-anak kamu , kamu dapat mengunjungi taman bermain anak-anak dan anak-anak kamu akan menyukainya! Lokasinya dekat Hall C dan D. Ada bianglala, perahu kora-kora, perahu dayung, arena lampu, dan wahana salju. Ini adalah arena baru di Jakarta Fair 2019. Lampu arena menjadi tempat favorit untuk berfoto di malam hari. kamu hanya perlu membayar Rp6.000,00 ($0,43) untuk membuat anak-anak kamu bahagia!

Pameran Multiproduk

Jika kamu ingin membeli sesuatu yang bermanfaat dan murah, ada alasan bagus bagi kamu untuk mengunjungi Jakarta Fair. Pameran multiproduk dengan harga yang sangat terjangkau! Pameran-pameran ini sangat beragam, mulai dari berbagai industri seperti otomotif, teknologi, elektronik, olahraga, mode & pakaian, peralatan rumah tangga, perabotan, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, jamu & obat-obatan, perbankan, produk, kosmetik, dan masih banyak lagi. Pameran ini didukung langsung oleh Kementerian dan juga terkait dengan berbagai pemerintah daerah yang mendukung produk-produknya. Jadi, produknya pasti legal dan aman!

Konser Musik

Jika kamu suka menonton konser, kamu harus mengunjungi Jakarta Fair karena acara ini memiliki kualitas konser yang bagus! Kamu akan mendengar beberapa aliran musik, seperti Pop, Dangdut, Indie, Reggae, dan lainnya. Pada 2019, ada band grup musik legendaris Indonesia, yaitu Godbless yang tampil di Jakarta Fair. Jadi, kamu akan menemukan konser musik keren yang mungkin tidak dapat kamu temukan di tempat lain! Bintang-bintang tamu berbeda setiap tahun, tetapi dijamin populer dan mengesankan! Pada Pekan Raya Jakarta tahun lalu (2019) bintang tamu yang datang adalah bintang-bintang papan atas seperti Sheila on 7, Slank, Wali, Padi, Pas Band, Sammy Simorangkir, Fourtwnty, Fiersa Besari, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, dan Superman Is Dead. 

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu mengunjungi Jakarta Fair. Kamu juga dapat menonton kembang api dan berfoto selfie di City of Lights. Tidak akan ada kata bosen begitu kamu hadir dan menikmati semuanya di sana! Jadi tunggu apa lagi? Semua orang di Jakarta menyukai Pekan Raya Jakarta untuk menghabiskan waktu luang mereka bersama orang yang mereka cintai. Kamu harus mencobanya juga, ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *