Minuman Tradisional Indonesia Terbaik untuk Dicoba

Minuman Tradisional Indonesia Terbaik untuk Dicoba

Vodka, Wiski, Brandy mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, tapi bagaimana dengan Ciu atau Congyang? Indonesia memang negara yang beragam, dengan lebih dari 700 dialek dan 17.000 pulau, tapi pernahkah kamu mendengar tentang minuman keras tradisional yang dibuat di Indonesia ?. Dengan sejarah panjang penjajahan dan perang nasional, minuman beralkohol tradisional mudah ditemukan sejak saat itu. Meski alkohol tidak mudah dijual karena adanya peraturan pemerintah, Indonesia punya daftar minuman tradisional yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Indonesia

Di bawah ini adalah daftar minuman keras lokal yang populer di Indonesia:

Arak Bali

Arak Bali

Semangat tradisional yang terkenal dari pulau dewata ini akhirnya dilegalkan sejak tahun 2020. Arak Bali dibuat dari suling nira aren atau beras ketan. Arak Bali dikenal karena rasanya yang khas dan juga berfungsi sebagai penghangat. Selain fungsinya sebagai penghangat badan, Arak Bali juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mendinginkan badan. Bisa juga anda gunakan sebagai pengganti vodka biasa anda bisa menggunakan campuran Arak Bali dan rempah-rempah seperti kayu manis atau bahkan buah asam seperti jeruk nipis, kemudian gunakan cairannya untuk bahan makanan. Dulu, minuman ini bisa kamu temukan saat ada upacara atau ritual khas Bali seperti Tabuhan, yaitu mengirimkan sesaji kepada para dewa. Namun saat ini Arak Bali malah dijual sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Ciu

Di pulau Jawa, roh terkenal bernama Ciu lahir di wilayah Banyumas dan Solo. Sejarah Ciu dapat ditelusuri kembali ke era penjajahan. Ciu ditemukan pada abad ke-18, pada masa penjajahan Belanda di perkebunan gula jawa tengah, dan karena tangan tua orang pisang yang biasanya bekerja di pabrik alkohol, mereka dapat menciptakan Ciu. Setiap bagian di Jawa Tengah memiliki versi Ciu mereka sendiri, tetapi minuman yang jernih ini biasanya memiliki rasa manis yang berbeda dan mungkin mirip dengan minuman beralkohol internasional, vodka. Kaum muda atau peminum pergaulan biasanya mencampurkan Ciu dengan soft drink untuk melunakkan rasanya.

Congyang

Congyang

Di tempat tengah Jawa Tengah, Semarang lahirlah minuman bernama Congyang. Congyang dibuat di Pecinan bagian kota pada tahun 1980, beredar rumor bahwa minuman ini merupakan evolusi dari minuman beralkohol versi lawas yang juga dibuat di Semarang bernama A Djong. Congyang dibuat dari campuran nasi putih, gula, dan spirit. Rasa Congyang mungkin mengingatkan kamu pada rasa wiski, sehingga segelas congyang pasti akan menghangatkan tubuh di malam yang dingin. Distributor Congyang hanya mendistribusikan Congyang ke seluruh Kota Semarang, jadi salah satu minuman yang wajib kamu coba jika datang ke Semarang.

Sopi

Bagi masyarakat Flores yang tinggal di Indonesia bagian timur, Sopi mungkin sudah melegenda dan bergengsi. Berasal pada abad ke-15, nama roh ini diambil dari kata Belanda zoopje, yang berarti “alkohol cair”. Sopi dibuat dari suling nira pohon aren yang dicampur dengan akar sekam dan membutuhkan waktu hingga 15 hari sampai sopi terfermentasi dengan sempurna. Rasa sopi biasanya tajam dan sedikit manis; bisa juga dicampur dengan bumbu dan akar. Saat kamu berada di pulau Flores, kamu dapat dengan mudah menemukan Sopi disajikan dalam acara-acara khusus dan ritual atau upacara. Masyarakat Flores menyukai sopi sebagai barang penting di Flores.

Saguer

Saguer, minuman yang dikatakan sebagai ‘versi minahasa’ dari Tuak, populer di kalangan orang-orang dari bagian timur Indonesia. Nama saguer berasal dari bahasa Indonesia yaitu ‘Air Sagu’ atau ‘Air Sagu’ karena warna Saguer mengingatkan kamu pada warna putih air sagu. Semangat ini dibuat dari getah pohon aren yang difermentasi. Dalam proses pembuatan saguer, nira pohon aren yang masih segar akan bercampur dengan nira pohon aren yang difermentasi. Rasa saguer manis dan tajam, dengan sedikit rasa pahit. Di masa penjajahan, Saguer disebut-sebut sebagai kebanggaan tradisional orang Minahasa. Saat ini, tidak mudah untuk menemukan saguer dibandingkan dulu.

Di era modern, Saguer mungkin lebih dikenal dengan sebutan Cap Tikus. Informasi minuman ini juga ditulis oleh Antonio Pigafetta, pengeliling bola dunia Spanyol Columbus. Menilik kembali sejarahnya, Raja ternate memberikan minuman ini kepada kapal yang datang, dan Antonio Pigafetta termasuk di dalamnya. Jadi bisa dibilang minuman ini murni dibuat oleh orang Indonesia tanpa pengaruh ras lain di dalamnya.

Swansrai

Swansrai

Salah satu pulau subur di Indonesia, Papua, juga membuat minuman beralkohol tradisionalnya. Jika kamu datang ke pulau ini dan orang Papua menyajikan untuk kamu segelas Swansrai, kamu harus merasa terhormat karena mereka hanya menyajikannya kepada tokoh penting, orang yang dihormati, atau keluarganya sendiri. Swansrai terbuat dari air kelapa yang difermentasi dan biasanya menggunakan buah kelapa yang sudah menguning untuk fermentasinya. Karena berbahan dasar air kelapa, Swansrai biasanya juga disajikan di dalam batok kelapa. kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana rasanya. Swansrai berasa seperti alkohol kental dengan sedikit rasa pahit, sehingga kamu akan merasa hangat saat meminumnya terlebih dahulu karena kandungan alkohol di dalamnya. Persentase alkohol di Swansrai mirip dengan Tuak, yaitu sekitar 20-30%, jadi sebaiknya kamu mencobanya saat cuaca dingin. Swansrai tidak begitu populer di kalangan warganya jadi mungkin cukup sulit bagi kamu untuk menemukan semangat ini.

Anggur Merah Orang Tua

Anggur Merah

Saat ini minuman ini mungkin paling populer di kalangan anak muda Indonesia. Saking terkenalnya nama ‘Anggur Orang Tua’, pada tahun 1995 sebuah perusahaan dijadikan sebagai nama perusahaan tersebut. Anggur Merah Orang Tua adalah minuman keras yang dimaksudkan untuk dicampur dengan jamu yang biasa dijual di warung-warung kecil yang menjual ramuan jamu khas Indonesia bernama Jamu. kamu mungkin berpikir bahwa minuman ini mirip dengan wine, tetapi sebenarnya tidak. Rasa Anggur Merah Orang Tua manis dengan sedikit rasa tajam. Saat ini merek Orang Tua sangat mudah ditemukan, bisa dibeli melalui media sosial atau bahkan e-commerce.

Sekarang kamu punya beberapa rekomendasi minuman keras tradisional yang dibuat di Indonesia dan bisa kamu coba saat berkunjung ke Indonesia. kami harap artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih mengenal Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk melihat rekomendasi lainnya di blog kami.

Baca Lebih Lanjut Artikel Bar di Jakarta, klik disini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Coworking Spaces near Central Park Mall

Coworking Spaces near Central Park Mall

Apartments near MRT Senayan Station

Apartments near MRT Senayan Station

Coworking Spaces near Sudirman

Coworking Spaces near Sudirman

Coworking Spaces in Gading Serpong

Coworking Spaces in Gading Serpong

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *