Beberapa Tips Penting Menggunakan Money Changer di Bali

Jika kamu berencana tinggal di Bali atau sudah benar-benar menetap di sana, ada banyak hal yang perlu kamu biasakan. Salah satunya adalah memiliki dua mata uang yang berbeda (atau lebih, tergantung apa yang kamu lakukan), biasanya terdiri dari Rupiah Indonesia (IDR), mata uang lokal kamu, dan mungkin mata uang pokok yang bagus untuk dipegang selama berada di sana seperti Dolar AS atau Australia. Karena itu, kamu perlu mencari cara untuk menukar uang tersebut satu sama lain. Mungkin karena keadaan darurat, atau mungkin hanya ingin membuat segalanya lebih nyaman bagi kamu dalam waktu dekat atau jauh, menukar uang adalah hal yang biasa dilakukan untuk ekspatriat yang tinggal di sana.

unsplash

Meskipun ini adalah surga, kamu tetap harus berhati-hati dalam menukar uang. Karena ada banyak transaksi dan praktik teduh yang terjadi di pulau itu. Tukar uang secara aman dengan tips mudah menggunakan money changer di Bali.

Baca juga: Rent a Bike in Bali: A Complete Guide

1. Kredibilitas adalah kunci

Kami mengerti, kamu sedang liburan. Kamu tentu tidak ingin repot pergi jauh atau mencari lokasi money changer di ponsel kamu. Saat mencari tempat untuk menukar uang kamu, kamu mungkin menemukan tempat yang menulis ‘money changer’ di jendela depan mereka. Namun sebelum masuk, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu kredibilitasnya. Di bawah ini kami memiliki daftar perusahaan money changer terpercaya yang akan mempermudah pencarianmu.

2. Jangan menerima biaya tambahan

Saat menukar USD atau AUD atau mata uang lainnya yang berharga, kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk menukar uang kamu. Jika money changer kamu melakukan itu, mereka mungkin sedikit mencurigakan dan kamu sebaiknya menghindar. Pastikan untuk menyimpan uang kamu sampai kamu benar-benar yakin akan tujuanmu. Memberi mereka uang kamu secara sembarangan tentu saja bukan ide yang baik. Lebih baik aman daripada menyesal.

3. Jangan menawar tarif

Tips yang ini ditujukan untuk kamu. Ketika menukar uang jangan menawar tarif yang sudah ada. Penukar uang yang kredibel memiliki tarif harian tetap untuk kamu putuskan. Menawar harga yang lebih tinggi akan membuat kamu terlihat tidak sopan.

4. Waspada dengan penipuan

Penipuan memang suka terjadi di Bali. Pertama, teller busuk akan mencoba melakukan trik sulap terhadap kamu saat menukar uang. Mereka akan menarik ekspatriat yang tidak tahu dengan menempatkan tarif mereka lebih tinggi dari biasanya. Jadi ingatlah bahwa tarif yang lebih tinggi seringkali berarti peluang yang lebih tinggi untuk menjadi penipuan.

unsplash

5. Selalu cek dua kali

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menghitung uang lagi setelah semuanya selesai dan ketika kamu akan meninggalkan money changer. Sekali lagi, kamu sedang liburan, jadi kami mengerti jika Anda tidak ingin repot. Tetapi, jika kamu terjebak di tempat money changer yang mencurigakan, sebaiknya pastikan lagi jumlah uang kamu sudah benar.

6. Usahakan jangan datang sendirian

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak terlalu pandai dengan detail dan cenderung teledor, sebaiknya ajak orang lain. Kamu setidaknya akan merasa aman saat menukar uang, dengan sepasang mata ekstra mengawasi punggung kamu. Tentu saja, ini bukanlah pilihan jika kamu tinggal sendiri. Plus, jika kamu tahu pusat penukaran uang terdekat yang kredibel, kamu tidak membutuhkan pendamping. Tapi tetap saja, lebih baik ada seseorang yang ikut bersamamu saat menukar uang.

7. Jangan khawatir mata uang kamu mempunyai nilai yang rendah

Beranjak dari penipuan, kamu mungkin bertanya pada diri sendiri ‘mata uang apa yang baik untuk disimpan di Bali’? Nah, kabar baiknya adalah karena Bali memiliki komunitas ekspatriat yang besar dan juga merupakan tujuan wisata, kamu dapat membawa mata uang apa saja dan mereka akan memberi kamu nilai tukar yang bagus.

Baca juga: The 10 Best and Trusted Driver in Bali

8. Lokasi

Last but not least, kami juga akan merekomendasikan beberapa tempat untuk menukar uang kamu. Berikut ini adalah money changer yang kredibel, jadi kamu tidak perlu khawatir ditipu di sini.

1. Central Kuta Money Changer 

Layanan penukaran uang yang sudah lama berdiri di Bali, mereka telah berdiri sejak tahun 1985. Mereka mungkin salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi untuk menukar uang di Bali. Berikut beberapa lokasi tempat mereka beroperasi:

  • Legian: Jl. Melasti, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Kartika Plaza:  Jl. Kartika Plaza No.168, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 
  • Kerobokan Kelod: Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361 or Jl. Kayu Jati No.2a, Kerobokan Kelod, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 
  • Seminyak:  Jl. Sunset Road No.168, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

2. PT Dirgahayu Valuta Prima Money Changer

Dirgahayu Valuta Prima Money Changer juga merupakan salah satu money changer di Bali yang sudah lama berdiri dan menekankan pentingnya keamanan. Berikut lokasinya:

  • Sanur: Jl. Danau Tamblingan No.66, Sanur, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80228
  • Center Kuta: Jl. Raya Kuta No.10a, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 
  • Denpasar:  Jalan By Pass Ngurah, Tuban, Kuta, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

3. PT Bali Maspintjinra (BMC)

Jika kamu menetap di sekitar Seminyak dan sekitarnya, maka money changer ini pilihan yang tepat. Mereka juga memiliki beberapa lokasi:

  • Legian: Jl. Sriwijaya No.18, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Seminyak: Jl. Raya Seminyak No.16A, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 
  • Ubud: Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571 
  • Kerobokan: Jl. Raya Kerobokan No.19, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

4. MPB money exchange

Terakhir, kami memiliki penukaran uang MPB. Kamu bisa menemukannya di tiga tempat: Kartika Plaza, Petitenget, dan Sanur. Berikut adalah alamatnya:

  • Kartika Plaza: Jl. Kartika Plaza No.99, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Open currently from 9am-5pm 
  • Petitenget: Jl. Petitenget No.98b, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361. Open currently from 9am-5pm
  • Sanur: Jl. Danau Tamblingan No.50, Sanur, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80228. Open currently from 9am-5pm 

Itu dia beberapa tips mudah dari kami. Kami harap tips mudah menggunakan money changer di Bali ini berguna bagi kamu. Beri tahu kami jika kami melewatkan sesuatu, seperti rekomendasi tempat penukaran uang atau mungkin pengalaman kamu sendiri dalam menangani penipuan saat menukar uang. Ikuti terus kabar terbaru kami untuk mengetahui lebih banyak tentang gaya hidup dan kehidupan di Bali!


Ingin mencari lebih banyak pilihan sewa untuk perjalanan Anda ke Bali? Flokq memiliki beberapa daftar untuk pilihan yang lebih terjangkau. Kunjungi Flokq untuk mengetahui lebih lanjut!

KLIK DISINI UNTUK LIHAT PILIHAN RENTAL FLOKQ

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

7 Waterpark Bali, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga!

7 Waterpark Bali, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga!

9 Restoran Thailand di Bali: Rating Tinggi dan Menggugah Selera

9 Restoran Thailand di Bali: Rating Tinggi dan Menggugah Selera

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *