Cara Bertahan Selama Musim Hujan di Jakarta

Cara Bertahan Selama Musim Hujan di Jakarta

Jakarta terkenal dengan memiliki dua musim: kemarau dan musim hujan. Selama musim kemarau, matahari menembus dinding setiap rumah dan bangunan di seluruh kota. AC diatur ke pengaturan terendah dan hanya berdiri di bawah sinar matahari selama 5 menit berpotensi menyebabkan seseorang dehidrasi terkena serangan panas. Di sisi lain, musim hujan juga dapat menyusahkan banyak warga Jakarta. Salah satu penyebab utamanya adalah Jakarta rawan banjir besar setiap musim hujan tiba. Artinya, pekerja kota yang sering bermobilitas bisa tertunda karena cuaca. Selain itu, musim hujan juga membawa masuk angin dan flu yang tidak menyenangkan. Kami peduli dengan kesehatan kamu, oleh karena itu, berikut beberapa tips agar kamu bisa selamat dari musim hujan di Jakarta!

Siapkan Payungmu

Siapkan payung
sumber

Untuk mencegah diri kamu basah kuyup saat keluar rumah, kamu harus menyiapkan payung. Seperti pepatah Indonesia yang terkenal sedia payung sebelum hujan”, lebih baik aman dengan persiapan daripada menyesal ketika sudah terjadi. Selalu siapkan payung di tas kamu, jika hujan turun. Meskipun pada sore hari matahari terik, kemungkinan besar akan turun hujan tidak lama kemudian. Kamu juga bisa menggunakan jas hujan dan sepasang sepatu boot tahan air atau penutup sepatu untuk perlindungan yang lebih menyeluruh.

Makan Vitamin Secara Rutin

Konsumsi multivitamin agar imunitas tubuh kuat
Sumber

Saat peralihan menjelang musim hujan, tubuh lebih rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit juga menjadi lebih sering terjadi karena kondisi musim hujan yang mendukung tumbuhnya virus dan bakteri. Kelembaban yang tinggi di musim hujan membuat penyebaran kuman melalui udara, seperti virus influenza menjadi lebih mudah. Penyakit hewan perantara, seperti nyamuk yang merupakan sumber umum demam berdarah dengue juga semakin mudah berkembang biak. Itu sebabnya kita perlu memperkuat pertahanan kesehatan tubuh kita, dengan mengkonsumsi vitamin setiap hari. Kita perlu mengkonsumsi vitamin D dan C karena kita mungkin kekurangan paparan sinar matahari dan membutuhkan sumber antioksidan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah
Sumber

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit saat hujan. Makan buah yang kaya antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Minum banyak air agar tetap terhidrasi dan mendukung sistem kekebalan kamu. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman hangat untuk menjaga panas tubuh di tengah cuaca dingin.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup
Sumber

Meskipun banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kamu tidak boleh mengabaikan waktu untuk beristirahat. Kenapa? Karena istirahat yang cukup adalah kunci terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Seringkali kita mungkin tidak merasa lelah ketika terlalu sibuk di tempat kerja, tetapi tetap saja, tubuh kita perlu istirahat bahkan ketika kita merasa cukup fit untuk tidur sebentar. Hindarilah begadang pada malam hari. Saat merasa mengantuk dan lelah sebaiknya buru-buru istirahat. Pastikan tubuh mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam per hari. Ingatlah untuk tidak berlebihan karena jika kita tidur berlebihan akan memberikan efek terbalik dan membuat tubuh menjadi lemas dan otot menjadi kaku.

Rutin Berolahraga

Olahraga untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh
Sumber

Saat musim hujan, kamu harus tetap menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Dengan begitu, tubuh kamu akan selalu fit dan kuat untuk melawan penyakit yang datang. Memiliki sedikit sesi olahraga di dalam rumah sudah cukup dan sempurna saat hari hujan atau kamu bisa pergi ke gym setelah bekerja untuk menghilangkan stres kamu. Ingat, semakin bugar kita semakin sulit penyakit menyerang sistem kekebalan kita!

Jaga Kebersihan Rumah

Rajin membersihkan kuman dan bakteri di rumah
Sumber

Kebersihan adalah kunci kesehatan lingkungan, begitu pula sebaliknya saat musim hujan. Jagalah agar rumah kamu selalu rapi dan bersih, bebas debu, dan membersihkan sampah. Selanjutnya untuk melindungi tubuh dari masuk angin dan batuk, cuci tangan hingga bersih dengan sabun setelah beraktivitas, khususnya sebelum makan untuk mencegah masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan layanan pembersihan mingguan seperti GoClean atau Luxhome untuk memastikan rumah kamu aman dari debu, kuman, dan tamu tak diinginkan lainnya yang mungkin mengganggu kesehatan kamu!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *