Nomor Telepon Darurat Di Jakarta

Nomor Telepon Darurat Di Jakarta

Menyimpan nomor telepon darurat di ponsel dianggap perlu untuk membantumu dalam situasi yang tidak terduga dan tidak menguntungkan. Jika Amerika punya 911, Indonesia juga punya beberapa nomor darurat, tergantung situasi darurat dan organisasi yang mengelolanya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang nomor telepon darurat di Indonesia, khususnya di Jakarta. 

illustration of emergency phone
Emergency Numbers in Indonesia

Kamu bisa menghubungi nomor darurat kapan saja

Kebanyakan nomor darurat di Indonesia beroperasi selama 24 jam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena petugas atau pihak berwajib selalu siap membantumu kapan pun kamu membutuhkan bantuan.

Gratis

Ya, tidak ada biaya sepeser pun untuk menelepon nomor darurat di Indonesia. Nomor darurat seperti 112 atau nomor tanpa kode kota tertentu dapat diakses bahkan ketika kamu memiliki sedikit atau tidak ada pulsa di ponselmu. Oleh karena itu, tidak perlu berpikir dua kali atau ragu untuk menghubungi nomor darurat jika diperlukan.

Kamu dapat menelepon nomor darurat bahkan saat ponsel sedang terkunci

Meski ponselmu terkunci, kamu tetap bisa menelepon nomor darurat seperti 112. Ini salah satu keuntungan terbesar menelepon nomor darurat di Indonesia.

Situasi yang berbeda berarti nomor darurat yang berbeda

Berbeda dengan Amerika dengan 911-nya, Indonesia memiliki lebih banyak nomor telepon darurat yang menangani berbagai situasi darurat seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Itu sebabnya, penting untuk menyimpan nomor-nomor itu di ponselmu. Meski hanya terdiri dari 3 angka, namun mengingat masing-masing angka itu mungkin akan sulit.

Tidak setiap nomor darurat hanya terdiri dari 3 nomor

Ini juga yang membuat nomor telepon darurat di Jakarta, Indonesia berbeda. Selain yang hanya terdiri dari 3 nomor, Indonesia juga memiliki nomor darurat lain yang mirip dengan nomor telepon biasa atau umum. Oleh karena itu, mengapa perlu menyimpan semuanya di ponsel.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah nomor telepon darurat di Indonesia, khususnya di Jakarta, yang harus kamu simpan di ponselmu. Ingatlah bahwa situasi darurat yang berbeda juga memerlukan nomor darurat yang berbeda pula.

1. Nomor Darurat (112)

Pada dasarnya, kamu dapat menghubungi 112 dalam setiap situasi darurat. Selain itu, berlaku sama untuk 33 kota atau kabupaten di Indonesia. Karena itu, kamu tidak memerlukan kode kota atau distrik tertentu, petugas akan langsung mengarahkanmu ke departemen atau organisasi terkait, bergantung pada situasi darurat seperti apa yang kamu hadapi saat ini. Kamu dapat mengharapkan bantuan dari pihak berwenang dalam beberapa menit.

2. Ambulans (118 or 119) 

Jika kamu membutuhkan bantuan medis yang mendesak dan segera, 118 atau 119 adalah nomor telepon darurat yang perlu kamu hubungi. Tunggu ambulans datang tepat di tempat kamu berada dan membawamu ke rumah sakit terdekat.

3. Polisi (110)

Nomor darurat ini penting jika kamu kebetulan menjadi korban atau saksi kejahatan. Kamu dapat menghubungi 110 dan polisi akan segera datang ke lokasi sebelum mereka melanjutkan laporan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Pemadam Kebakaran (113) 

Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, terutama di kota dengan lingkungan padat yang penuh dengan rumah. Karena api dapat menyebar dengan sangat cepat, penting untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran sesegera mungkin untuk mencegah lebih banyak kerugian. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat menangani kebakaran sendiri dan terkadang membutuhkan lebih banyak orang dan bahkan profesional seperti petugas pemadam kebakaran untuk menundanya.

5. SAR (115)

Nomor ini penting untuk dihubungi jika kamu mengalami kecelakaan di luar ruangan atau bencana alam, pihak berwenang akan membantumu dalam evakuasi.

6. State Electricity Company/PLN (123) 

Kamu dapat menghubungi 123 jika memerlukan bantuan ketika ada masalah listrik, padam, atau bahkan ada permintaan untuk mematikan listrik karena alasan tertentu.

7. Mental Counselling and Suicide Prevention 

Kamu dapat menghubungi nomor telepon darurat Konseling Mental dan Pencegahan Bunuh Diri jika kamu menemukan diri atau orang-orang di sekitar merasa tertekan dan membutuhkan bantuan profesional untuk mencegah situasi yang tidak menguntungkan dan mulai menyakiti diri. Kamu dapat menghubungi lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah, atau yayasan tertentu yang fokus pada pencegahan bunuh diri sebagai berikut:

Nomor Telepon Untuk Kesehatan Mental, Kementerian Kesehatan: 021-500454

IMAJI Foundation: 0274-2840227

Jangan Bunuh Diri Foundation: 021-96969293 

8. Hotline Bantuan Banjir Jakarta

Ini adalah nomor telepon darurat khusus untuk kamu yang berdomisili di Jakarta karena banjir sangat sering terjadi, terutama di setiap musim hujan. Kamu dapat menghubungi 021-345 9444 atau mengirim SMS ke 085880001949 jika kamu membutuhkan bantuan cepat saat banjir terjadi di rumahmu.

9. Palang Merah Indonesia / PMI (021-4207051) 

Kamu perlu menghubungi PMI atau Palang Merah Indonesia jika menghadapi situasi darurat dimana kamu membutuhkan bantuan berupa donor darah. Namun, berbeda dari nomor darurat sebelumnya, menelepon nomor darurat PMI mengharuskan kamu untuk membayar panggilan dengan pulsa sesuai dengan lokasi lokalmu.

10. Komnas HAM (021-3925230) 

Kamu bisa menelepon langsung ke Komnas HAM jika kebetulan kamu menjadi korban atau saksi pelanggaran HAM, baik diskriminasi maupun pelecehan seksual misalnya. Dengan menelepon otoritas terkait, kamu tidak hanya meminta bantuan, tetapi kamu juga melaporkan kasus tersebut untuk diperiksa lebih lanjut.

Itulah beberapa nomor darurat yang bisa kamu simpan di ponsel untuk menjaga diri agar tetap aman jika terjadi situasi yang tidak menguntungkan dan kamu memerlukan bantuan segera untuk datang secepatnya. Lebih baik merasa aman daripada menyesal. Jangan lupa untuk memeriksa informasi penting lainnya yang dapat kamu akses di blog ini dari Flokq. Kamu dapat membagikan artikel ini kepada orang yang kamu cintai untuk memberi tahu mereka juga. Semakin banyak orang tahu, semakin mungkin membantu mereka dalam situasi darurat.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Provider Kartu SIM di Indonesia

Provider Kartu SIM di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *