Cara Mudah Mendaftar NPWP untuk Ekspatriat

Cara Mudah Mendaftar NPWP untuk Ekspatriat

Bekerja di luar negeri bisa sedikit membuat frustrasi terutama saat kamu mengisi dokumen yang diperlukan untuk keperluan perpajakan dan administrasi lainnya. Para ekspatriat di Indonesia terkadang bisa bingung dengan persiapan apa yang harus dilakukan saat kamu mulai bekerja di sini, terutama ketika menyangkut sistem perpajakan dan penggajian. Di Indonesia, bekerja dianggap legal dan terserah pajak apabila seseorang memiliki NPWP atau di Indonesia disebut NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Beruntung bagi kamu, berikut kami telah mencantumkan beberapa cara yang berguna untuk mendapatkan NPWP sebagai ekspatriat saat mereka mulai bekerja di Indonesia. Lihat ini!


Ingin tahu cara mendapatkan izin kerja di Indonesia? Klik disini!


Apa itu NPWP?

document of tax
Dokumen Pajak

Saat kamu mulai bekerja di Indonesia, setiap perusahaan akan menanyakan NPWP kamu sebelum kamu dipekerjakan untuk mencegah tindakan hukum. Semua penduduk termasuk ekspat harus memiliki nomor pajaknya. Namun, ini mengecualikan beberapa kelompok seperti pekerja anak yang terlalu muda untuk bekerja.

Kantor pajak (Direktorat Jenderal Pajak) mewajibkan semua ekspat di Indonesia untuk mendaftar ke kantor pajak dan mendapatkan nomor pajak terpisah (NPWP) dan membayar pajak penghasilan bulanan, mengajukan pengembalian pajak tahunan, dan membayar pajak atas penghasilan yang diperoleh di luar Indonesia , dikurangi pajak yang dibayarkan di yurisdiksi lain atas penghasilan tambahan luar negeri.

Pemerintah menetapkan Wajib Pajak Orang Pribadi yang wajib mendaftar NPWP dan mengajukan SPT PPh sebagai berikut:

  • Orang yang bekerja yang berpenghasilan di atas penghasilan tidak kena pajak,
  • Individu yang bekerja yang menerima penghasilan di luar gaji utama mereka,
  • Wajib pajak orang pribadi yang memperoleh penghasilan dari perdagangan / kegiatan usaha, wirausaha atau menjalankan profesinya;
  • Wajib pajak orang pribadi yang menerima penghasilan dari modal; dan
  • Orang Asing yang berdomisili atau berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam kurun waktu 12 bulan atau yang berada di Indonesia dan berniat untuk tinggal di Indonesia. 12 bulan ini didasarkan pada 12 bulan sebelum hari ini. “Niat” untuk tinggal di Indonesia terlihat dari tindakan seperti mengajukan ijin kerja, memiliki atau menyewa rumah untuk waktu yang lama, dan membawa anggota keluarga ke Indonesia. Harap diperhatikan bahwa, menurut undang-undang, mereka yang harus membayar pajak penghasilan Indonesia jika mereka telah berada di sini selama 183 hari dalam satu tahun kalender, termasuk, ex-pat di sini dengan ITAS, ITAP, visa bisnis atau visa sosial / kunjungan. !
  • Jika kamu tinggal kurang dari 183 hari dalam setahun di Indonesia, maka kamu mungkin tidak diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan Indonesia (hanya pajak dari negara asal kamu). Kamu harus membuktikannya dengan menunjukkan stempel visa dan mengisi FORMULIR 1770 SSP Perorangan dan Bulanan (Surat Setoran Pajak). Tentu saja, kamu harus memiliki nomor pajak pendapatan terlebih dahulu untuk mengisi formulir ini.
  • Pasangan tanggungan termasuk dalam nomor pajak suami dan tidak harus memiliki nomor terpisah.

Mendaftar NPWP

Semua orang yang bekerja di Indonesia termasuk ekspat harus mendaftar di Kantor Pelayanan Pajak di kota tempat tinggal kamu. Ekspatriat yang berdomisili di Jakarta diharuskan mendaftar ke Kantor Pelayanan Pajak Badan Asing dan Ekspatriat (KPP BADORA) yang berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan.

Pendaftaran, pembayaran pajak bulanan, dan pengembalian tahunan dapat disiapkan dan diserahkan oleh perwakilan yang ditunjuk, biasanya seorang akuntan yang mengkhususkan diri dalam masalah perpajakan. Pastikan kamu menerima rujukan yang baik, karena ingat bahwa kamu secara hukum bertanggung jawab atas semua pajak yang tidak dibayarkan.

Sebelum mendaftar, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen yaitu:

  • Formulir pendaftaran lengkap
  • Fotokopi semua halaman di paspor 
  • Fotokopi izin kerja
  • Sertifikat domisili untuk kamu dan pekerjaan kamu
  • Fotokopi nomor pajak pekerja kamu (NPWP)
  • Letter of Authorization, memberi wewenang kepada perwakilan kamu untuk mendaftar dan menangani masalah pajak kamu.
  • Sementara formulir pendaftaran hanya meminta salinan halaman ID paspor dan tidak meminta hal-hal lain yang disebutkan di atas, birokrat di KPP akan memintanya.

Setelah kamu mendaftar, pajak akan jatuh tempo dan terhutang selambat-lambatnya pada awal tanggal 15 bulan berikutnya, dan laporan harus diserahkan ke kantor pajak selambat-lambatnya pada tanggal 20 bulan yang sama.


Ingin tahu di mana tempat atau agen terbaik untuk mendapatkan izin kerja di Indonesia? Klik disini!


Mendaftar NPWP Online

npwp online
NPWP secara online

Sekarang kamu juga dapat melakukan pendaftaran NPWP online sehingga tidak perlu keluar rumah dan pergi ke Kantor Pelayanan Pajak Badan Asing dan Ekspatriat (KPP BADORA). Kamu bisa Mendaftar NPWP Online melalui website Ditjen Pajak. Dalam proses online ini, semua berkas dan dokumen yang perlu disiapkan tetap sama dengan proses offline. 

1. Buat Akun di Ereg Pajak

Kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan mengakses website yang dibuat oleh Ditjen Pajak untuk melayani pendaftaran NPWP online, yaitu website Ereg pajak (https://ereg.pajak.go.id).

2. Melengkapi Dokumen Sesuai Syarat

Sebagai Wajib Pajak, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen syarat seperti yang tertera pada penjelasan sebelumnya. 

3. Mengirim Berkas Elektronik

Setelah mengisi formulir di website, klik tombol “Token” (kode rahasia) yang ada pada dashboard. Jangan lupa untuk memeriksa email kamu. Kemudian copy-paste token di email tersebut dan masuk kembali ke menu dashboard. Lalu, klik “Kirim” dan paste kode token tersebut di kolom “Token”. Setelah itu, klik “Kirim Permohonan”.

Setelah disetujui, kartu NPWP kamu akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal terdaftar. Jika setelah periode tersebut, kamu belum mendapatkannya juga, kemungkinan ada dokumen-dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah. Kamu dapat mendaftar kembali NPWP secara online dengan mengikuti prosedur yang sudah disebutkan di atas atau telepon ke KPP tempat kamu terdaftar untuk informasi lebih lanjut.

Pentingnya NPWP

Sangat penting untuk mendapatkan NPWP untuk penduduk lokal dan ekspatriat karena memiliki keterkaitan dengan kegiatan lain. Beberapa kegiatan membutuhkan NPWP sebagai insentif sehingga setiap orang harus memperolehnya sebelum melakukan kegiatan semacam itu. Kantor pajak Indonesia terus berupaya untuk memperluas basis wajib pajak dengan mencoba mendaftarkan semua warga negara Indonesia yang menerima gaji untuk nomor NPWP mereka. Beberapa kegiatan yang membutuhkan NPWP adalah:

  • membeli sepeda motor
  • mendapatkan SIM
  • membangun rumah
  • membuka rekening bank
  • memperbarui pendaftaran kendaraan di atas nilai tertentu
  • menerbitkan kartu kredit
  • memiliki batas kartu kredit di atas jumlah tertentu
  • pembayaran pajak perumahan atas rumah dengan nilai tertentu
  • mengajukan paspor (untuk orang Indonesia)
  • ketika kamu mentransfer uang dari rekening bank Indonesia kamu ke rekening bank asing
  • memulai langganan telepon
  • memulai bisnis atau investasi langsung
  • membeli tanah (untuk menyelesaikan transaksi)
  • mengimpor produk tertentu

Pada akhirnya, mendapatkan NPWP adalah hal yang sangat penting dan ada cara untuk mendapatkannya. Jadi, jika kamu saat ini adalah ekspatriat atau pekerja asing yang tidak tahu apa-apa tentang masalah ini, artikel ini pasti dapat membantu kamu memandu. Kamu kemudian dapat bekerja dengan damai tanpa harus memikirkan masalah ini lagi!


Cari tahu lebih lanjut tentang panduan dan rekomendasi kami yang lain di blog kami!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

5 Bowling Alleys in Jakarta and Tangerang for Weekend Activities

5 Bowling Alleys in Jakarta and Tangerang for Weekend Activities

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Lagu Viral 2020

Lagu Viral 2020

16 Legendary Food & Culinary in Jakarta

16 Legendary Food & Culinary in Jakarta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *