10 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Dengan Cepat

10 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Dengan Cepat

Memiliki perut kecil sudah pasti menjadi idaman semua wanita. Memiliki perut yang buncit pasti bisa membuat kepercayaan diri menurun drastis. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Perut yang buncit juga merupakan sarang dari penyakit kronis. Selain mengatur pola makan, olahraga juga memiliki peran penting dalam proses pengecilan perut. Tren olahraga untuk mengecilkan perut juga sedang tren sekarang ini. Memiliki perut yang kecil membuat semua orang terutama wanita lebih percaya diri untuk memakai baju yang mereka ini. Yuk,simak 15 gerakan olahraga sederhana ini yang dapat membantu mengecilkan perut, yang pasti mudah dan bisa dilakukan di rumah saja!

Baca juga: 12 Menu Sarapan Sehat yang Wajib Kamu Coba!

1. Downward Facing Dog

Sumber: Pexels.com

Salah satu gerakan sederhana yang dapat membantu mengecilkan perut, cara melakukan gerakannya yaitu :

Posisi tangan seperti gerakan push-up, lalu geser posisi pinggang dengan mendorong berat badan ke belakang sampai posisi kaki menapak ke lantai. Jika anda posisi kaki anda tidak bisa menapak ke lantai tekuk dengkul anda sedikit. 

Pertahankan posisi menghadap ke bawah dengan kaki posisi lurus, rentangkan tangan ke depan, dan buka tangan selebar bahu. Tahan gerakan ini selama 10 sampai 15 detik, dorong pinggul ke arah tumit dan rasakan peregangan di punggung, lengan, dan paha belakang. 

Jika posisinya sudah pas, kembali lagi ke posisi high plank lalu anda bisa mengulangi gerakan ini selama 60 detik. 

2. Commando Plank

Sumber : Pinterest.com

Commando plank juga merupakan gerakan efektif lainnya yang dapat membantu mengecilkan perut. Cara melakukan commando plank adalah :

Mulai dengan posisi high plank, dengan kedua tangan selebar bahu, dan kaki selebar pinggul. Tahan gerakan ini selama kurang lebih 30 detik. Anda juga bisa melakukan gerakan ini dengan mengkombinasikan gerakannya dengan gerakan plank biasa, yaitu dengan menurunkan siku anda sampai kelantai dan menarik bagian tengah perut anda.

Ingat pastikan anda menjaga tulang belakang anda tetap netral, dan juga posisi punggung tetap rata. Ulangi selama 60 detik. 

3. Side Plank

Sumber: Pinterest.com

Selain commando plank, anda juga bisa mencoba side plank yang bertujuan untuk mengecilkan perut samping anda. Cara melakukan side plank yaitu:

Berbaring ke sebelah kanan, pertama anda angkat tubuh anda dengan posisi siku kanan anda bertumpu di lantai dengan kaki anda bertumpu di sebelah kanan. Angkat tangan anda untuk menjaga keseimbangan tubuh anda.

Dari posisi tersebut anda bisa mengangkat badan anda keatas dan kebawah. Ulangi dan jangan lupa untuk melakukan hal yang sama ke sisi sebelahnya. Lakukan dengan waktu 60 detik setiap sisinya. 

4. Sit Up

Sumber: Pexels.com

Selanjutnya adalah gerakan olahraga yang sering dilakukan dan yang paling terkenal dalam membakar lemak membandel di perut yaitu Sit Up. Berikut cara melakukan sit up yang benar :

Posisikan badan terlentang, lalu tekuk lutut anda dengan menaruh barang yang berat diatas kaki anda. Lalu rentangkan tangan kedepan, tarik nafas dan angkat badan, kepala, bahu mendekat kearah lutut dan buang nafas jika anda kembali ke bawah, kencangkan juga otot perut anda saat melakukan gerakan ini lakukan gerakan ini secara cepat sampai perut anda terasa hangat. Anda bisa melakukan gerakan ini 10- 40 kali.

5. Flutter Kick

Sumber: Pinterest.com

Setelah perut bagian atas sudah mulai terasa hangat, perut bagian bawah juga harus diseimbangi dengan gerakan flutter kick. Berikut cara melakukan flutter kick:

Masih dengan posisi terlentang, letakan kedua tangan di tulang ekor agar tulang punggung anda tidak melengkung. Pastikan posisi tulang belakang anda netral agar mencegah terjadinya cedera. Lalu tarik bagian tengah tubuh dan angkat kedua kaki dalam posisi lurus sampai melayang dari lantai. Dari posisi tersebut tendang dengan cepat kaki kiri dan kanan bergantian. Lakukan gerakan ini selama 60 detik.

6. Cross Crunch

Sumber: Pinterest.com

Selanjutnya adalah cross crunch. Selain gerakan olahraga ini dapat mengecilkan diperut, cross crunch juga dapat membantu membentuk pinggang anda lebih ramping. Cara melakukan cross crunch :

Mulai dengan posisi Sit up, posisi tangan dibelakang kepala, usahakan sikut kanan anda menyentuh kaki kiri anda. Dengan mengangkat tubuh anda keatas, kencangkan otot perut anda, setiap anda ingin menyentuh kaki anda yang berlawanan arah pastikan anda menggerakan tubuh anda sesuai dengan arah sikut anda. Misalnya anda ke arah kiri, berarti sikut anda menyentuh kaki kiri anda dan badan anda mengangkat tubuh anda ke arah kiri. Lakukan gerakan ini 20 kali setiap sisinya.

7. Mountain Climbers 

Sumber: Pinterest.com

Gerakan olahraga selanjutnya adalah mountain climbers. Selain membantu membakar lemak perut dan mengecilkan perut dengan cepat, gerakan mountain climbers ini sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh. Cara melakukan mountain climbers adalah :

Posisikan tubuh anda dalam posisi high plank, tangan lurus dengan menahan berat badan anda dan kaki yang lurus kebelakang. Lalu tekuk kaki anda ke arah dada. Saat melakukan gerakannya jangan lupa selalu kencangkan otot perut anda. Pastikan posisi pungung dan bokong sejajar. Tidak perlu terburu- buru saat melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan ini selama 60 detik.

8. Plank Jacks

Sumber: Pinterest.com

Mungkin gerakan olahraga ini terdengar familiar, karena gerakan ini merupakan versi lain dari gerakan jumping jacks. Jumping jacks biasanya dilakukan dengan tubuh dalam keadaan berdiri, plank jacks ini dilakukan dengan posisi tubuh anda dalam posisi high plank. Simak lebih lanjut caranya ya :

Dimulai dari posisi tubuh high plank, dengan tangan selebar bahu, dan kaki selebar pinggul. Pastikan tulang punggung dan bokong anda lurus, lalu gerakan kaki anda kedalam dan keluar seperti melakukan sebuah lompatan. Lakukan gerakan ini selama 60 detik.

9. Half Plank

Sumber: Pinterest.com

Selanjutnya adalah variasi plank yang lebih beginner friendly akan tetapi tetap membakar banyak kalori khususnya dalam mengecilkan perut yaitu half plank. Berbeda dengan high plank dimana tangan harus dalam keadaan lurus selebar bahu, di gerakan half plank tangan anda masih selebar bahu akan tetapi anda menahan tubuh anda dengan sikut anda. Sehingga kedua sikut anda dan kaki anda adalah tumpuan anda untuk menahan berat badan anda. Pastikan kencangkan otot perut anda ya. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 60 detik. 

10. Hundreds

Sumber: Pinterest.com

Gerakan olahraga terakhir yang wajib anda lakukan untuk mengecilkan lemak perut anda adalah Hundreds. Cara melakukan gerakan hundreds adalah :

Dalam posisi terlentang, jika anda baru memulai mencoba gerakan ini, anda tidak perlu menaikan kaki anda keatas, anda bisa menaikan kaki anda seperti membentuk sudut 90 derajat. Lalu naikan leher sampai perut anda seperti posisi sit up dengan tangan disamping dan lurus menghadap kedepan. Pastikan bahu anda jauh dari telinga anda. Lalu tarik nafas dan mulai menggerakan tangan keatas dan kebawah seperti mengipas. Hitung juga nafas anda saat anda menarik nafas dan membuang nafas anda, misalnya 5 kali menarik nafas dan 5 kali membuang nafas. Lakukan gerakan ini selama 40 detik.

Nah, bagaimana sudah tahu kan gerakan olahraga apa saja yang wajib anda lakukan untuk mengecilkan perut? Selamat mencobanya di rumah! Jangan lupa juga untuk cek artikel menarik dan inspiratif lainnya di Blog Flokq!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *