Panduan Apartemen Bersubsidi di Jakarta

Panduan Apartemen Bersubsidi di Jakarta

Pernah dengar apartemen bersubsidi? Frasa ini menjadi lebih populer akhir-akhir ini, terutama dengan bangunan bertingkat tinggi yang mendapatkan daya tarik lebih sebagai solusi berikutnya dalam perumahan yang terjangkau. Apalagi jika kamu menganggap tidak mungkin lagi mendorong pembangunan kompleks perumahan tradisional di Jakarta. 

Baca juga: Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Berburu Apartemen

Pilihan Akomodasi Sewa di Jakarta: Kost, Apartemen, Sewa Rumah

Menyewa Apartemen di Jakarta

Namun, bagi kaum muda berpenghasilan rendah, tinggal di apartemen tampaknya masih lebih mahal jika dibandingkan dengan menyewa kamar atau rumah mungil (kontrakan). Di sisi lain, hal ini juga membatasi mereka dari kebebasan serta meningkatnya tuntutan para pemilik tanah.

Masuk ke rusunami atau apartemen bersubsidi oleh pemerintah. Berbeda dengan kontrakan, program rusunami memungkinkan keluarga berpenghasilan rendah untuk mendapatkan kepemilikan penuh atas unit apartemen mereka dengan subsidi dari pemerintah.

Namun, tidak semua orang diperbolehkan mendapatkan bantuan perumahan ini. Ada kriteria yang harus dipenuhi untuk mendaftar program rusunami. Selain itu, seperti program pemerintah lainnya, perlu ada pemahaman tentang apa itu rusunami dan bagaimana manfaatnya bagi keluarga berpenghasilan rendah sebagai pasarnya.

Dalam artikel ini, bergabunglah bersama kami untuk mencoba menjelaskan apa itu rusunami, manfaatnya, dan penerima manfaat yang memenuhi syarat untuk program tersebut. Sumber kami diekstrak dan diterjemahkan dari berbagai website perumahan dan finansial seperti Jendela360, Arsitag, Finansialku, Lamudi, dan masih banyak lagi.

This image has an empty alt attribute; its file name is A-Guide-to-Subsidized-Apartments-in-Jakarta.jpg

Apa itu Rusunami / Apartemen Bersubsidi?

Rusunami adalah singkatan dari rumah susun sederhana kepemilikan. Nama rusunami mengacu pada proyek perumahan pemerintah untuk bangunan vertikal yang tingginya lebih dari delapan lantai.

Karena kemiripan fisiknya dengan apartemen, pengembang mulai menyebut program tersebut sebagai apartemen bersubsidi. Mereka juga memilih untuk melepaskan nama rusunami karena konotasi negatif yang terkait dengan istilah rusun (yang biasanya mengacu pada proyek perumahan vertikal yang kurang berkembang).

Bagian bersubsidi mengacu pada subsidi yang diberikan pemerintah kepada pelamar yang memenuhi syarat. Orang yang tidak memenuhi persyaratan tetap dapat membeli unit di apartemen yang sama, tetapi tidak akan mendapatkan subsidi.

Berapa harga Apartemen Bersubsidi di Jakarta?

Apartemen bersubsidi di Wilayah Metropolitan Jakarta sangat bervariasi menurut lokasinya. Menurut Jendela360, Apartemen Pondok Cina misalnya (berlokasi dekat Universitas Indonesia di Depok), dibandrol dengan harga Rp 7 juta per meter persegi. Tipe yang mereka tawarkan di apartemen ini mulai dari Studio (18-21 meter persegi), 1BR (30-32 meter persegi), dan 2BR (40-44 meter persegi). Artinya harga kamar mulai dari Rp 210 juta hingga Rp 308 juta.

Jenis Apartemen Apa Yang Diklasifikasikan sebagai Apartemen Bersubsidi?

Untuk unitnya, menurut Arsitag, apartemen bersubsidi sebaiknya memiliki standar ukuran minimal 18 meter persegi dan maksimal 50 meter persegi. Mereka juga harus memiliki setidaknya satu kamar tidur di dalam atau di luar ruang utama. Ventilasi dan penerangan juga harus mencukupi, begitu pula sistem pemompaan listrik dan air. Kepemilikan penyewa tidak hanya terbatas pada ruang tertutup, tetapi juga ruang terbuka (balkon, dll).

Fasilitas lainnya antara lain tempat parkir, pembuangan limbah, tempat pembuangan limbah, alat pemadam kebakaran, listrik, gas, telepon, dan alat komunikasi lainnya.

Apartemen bersubsidi juga perlu memiliki arena perbelanjaan, ruang terbuka, ruang ibadah, dan area layanan umum.

Bentuk Subsidi Pemerintah

Pemerintah menawarkan berbagai jenis subsidi untuk menarik calon pelamar serta menawarkan leverage keuangan. Menurut  Finansialku.com, beberapa programnya meliputi:

  • potongan uang muka sampai dengan Rp7.000.000,00 (sesuai kategori)
  • kecuali pajak pertambahan nilai

Siapa yang Bisa Mendaftar Apartemen Bersubsidi?

Sasaran utamanya tentu saja keluarga menengah ke bawah dengan pendapatan terbatas. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, unit apartemen bersubsidi cenderung mengalami penurunan harga dibandingkan dengan unit biasa.

Untuk memastikan subsidi didistribusikan secara merata kepada masyarakat yang membutuhkan, pemerintah telah menetapkan kriteria bagi pelamar:

1. Warga negara Indonesia yang bertempat tinggal di Indonesia

Calon pelamar harus warga negara Indonesia dan harus memiliki ID Indonesia (Kartu Tanda Penduduk Indonesia atau KTP). Tempat domisili yang tertera di KTP juga harus sesuai dengan lokasi apartemen. Misalnya, seseorang dengan KTP Tangerang tidak dapat mengajukan permohonan unit di Cibubur, Jakarta Timur. Mereka hanya memenuhi syarat jika tempat tinggal aslinya juga di Jakarta.

2. Berusia 21 tahun atau sudah menikah

Seseorang (biasanya kepala keluarga) harus berusia minimal 21 tahun dan sudah menikah untuk mendapatkan tunjangan.

3. Memiliki penghasilan utama tidak lebih dari 7 juta

Sasaran utama program ini adalah keluarga berpenghasilan rendah, khususnya mereka yang memiliki penghasilan utama tidak lebih dari Rp7.000.000,00.

4. Telah bekerja atau menjalankan bisnis minimal 1 tahun

Meski program apartemen bersubsidi ditujukan untuk keluarga kurang mampu, pemerintah perlu memastikan bahwa mereka masih memiliki sarana untuk membayar properti tersebut. Itulah mengapa pelamar harus memiliki pekerjaan setidaknya selama satu tahun atau setidaknya telah menjalankan bisnis setidaknya selama satu tahun.

5. Tidak pernah menerima kepemilikan rumah dan tidak pernah menerima subsidi pembelian rumah dari pemerintah

Pemerintah menanggapi masalah ini dengan serius dan akan memeriksa catatan mereka untuk menghindari klasifikasi. Misalnya, setiap investor atau pengembang harus memberi tahu Pusat Badan Layanan Umum untuk Pembiayaan Perumahan (Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan) setiap kali mereka menyewakan atau menjual properti kepada seseorang.

Jika seseorang dengan sengaja atau tidak sadar membeli atau menyewa properti langsung dari investor tanpa memberitahu otoritas yang disebutkan di atas dan masih mengajukan program, pemerintah akan memberikan sanksi kepada mereka dengan mendenda atau menarik kembali unit tersebut dari pemohon.

6. Memiliki NPWP atau SPT PPh Tahunan

Program subsidi ditujukan bagi pelamar dengan catatan pembayaran pajak resmi.

7. Lulus melalui Seleksi Bank

Kamu hanya dapat mengajukan subsidi apartemen hanya jika kamu telah lulus pemeriksaan bank dan dinyatakan memenuhi syarat untuk Kredit Kepemilikan Rumah.

Ada kriteria lain yang harus dipenuhi oleh pelamar serta dokumen yang harus disiapkan. Jika kamu tertarik untuk melamar, silahkan cari informasi dan referensi lebih lanjut dari sumber resmi pemerintah.

Baca juga: Perburuan Apartemen Online untuk Pemula

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

Cobakan! 5 Menu Rekomendasi di Golden Lamian

Cobakan! 5 Menu Rekomendasi di Golden Lamian

Rekomendasi Menu Domino’s Pizza untuk Pecinta Pizza!

Rekomendasi Menu Domino’s Pizza untuk Pecinta Pizza!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *