Panduan Lengkap Jalan-jalan Keliling Jakarta

Jakarta adalah kota yang sangat-sangat sibuk. Selain menjadi Ibu Kota dari Indonesia , Jakarta juga terkenal sebagai pusat dari area bisnis. Bukan hal yang biasa jika kamu melihat gedung-gedung pencakar langit di sepanjang jalan atau bahkan terjebak dalam kemacetan. Meskipun kota yang sibuk, Jakarta juga memiliki daya tarik tersendiri. Jakarta terbagi menjadi 5 wilayah administratif, yaitu Barat, Timur, Selatan, dan Jakarta Pusat. Setiap wilayah memiliki nuansa dan keunikannya masing-masing yang tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Jika kamu akan pergi ke Jakarta, entah untuk liburan atau  perjalanan bisnis sebaiknya kamu mengetahui lebih banyak tentang lima wilayah di Jakarta. Sehingga kamu tahu persis mana wilayah yang paling cocok untuk kamu tinggali, baik secara anggaran atau lokasi yang dekat dengan kantormu.

1. Jakarta Pusat

Monas View

Jakarta Pusat

Meskipun Jakarta Pusat ini merupakan daerah terkecil dan memiliki populasi terkecil di antara lima daerah lainnya, Jakarta Pusat sebenarnya adalah tempat terbaik jika kamu merupakan seorang turis atau pengusaha yang mencari kehidupan kota modern. Jakarta Pusat memiliki akses yang lebih mudah ke bagian lain Jakarta. Kota ini terkenal sebagai surga belanja juga terdiri dari istana kepresidenan, gedung pemerintah, dan merupakan salah satu kawasan bisnis yang cukup sibuk di Jakarta.

Akomodasi: Jakarta Pusat juga memiliki banyak hotel internasional yang cukup besar. Aksesnya yang strategis membuat beberapa penginapan di daerah ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin tinggal beberapa saat di Jakarta. Kamu juga bisa menemukan hotel dengan harga terjangkau di Jakarta Pusat seperti Bali Hotels, dan Six Degrees Hotels yang memiliki kisaran harga sekitar Rp. 100.000,- atau hotel mewah seperti Hotel Indonesia, Shangri-La, dan Grand Hyatt Jakarta.

Tempat wisata dan Hiburan: Jakarta Pusat memiliki landmark utama seperti Bundaran HI, Monumen Nasional atau Monas, dan juga Gereja Katedral. Jika kamu mencari ingin berbelanja atau mencari tempat nongkrong kamu juga bisa pergi ke Plaza Indonesia, Grand Indonesia, dan pusat perbelanjaan populer berkelas dengan berbagai restoran, cafe, bar, bioskop, dl. 

Beberapa tempat lain yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta Pusat adalah Tanah Abang. Tempat ini adalah surga perbelanjaan yang merupakan pusat grosir. Kamu juga bisa pergi ke lingkungan perumahan mewah di daerah Menteng, serta tempat untuk berpesta yang cocok untuk budget backpacker di Jalan Jaksa. Terdapat pula beberapa bangunan yang bisa kamu kunjungi menggunakan bus wisata yang disediakan oleh pemerintah Jakarta dengan gratis.

2. Jakarta Barat

West Jakarta view

Jakarta Barat

Jakarta Barat adalah wilayah yang sangat terkenal dengan museum sejarah. Di sana terdapat banyak tempat wisata dan museum populer yang dapat kamu kunjungi di Jakarta Barat. Wilayah ini juga sedang dikembangkan menjadi area bisnis, khususnya di area Kembangan yang terdapat banyak gedung perkantoran dan juga tempat hiburan.

Akomodasi: Jakarta Barat sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum, terdapat beberapa stasiun kereta api lokal, dan halte bus Transjakarta. Wilayah tersebut juga memiliki berbagai penginapan yang ramah kantong, seperti Wonderloft Hostel dan Capitol, atau jika ingin yang lebih sedikit mahal terdapat Batavia Hotel dan juga Santika Hotel.

Tempat wisata dan Hiburan: 

  • Di Jakarta Barat kamu dapat menemui Kota Tua. Area ini merupakan tempat wisata yang berisi berbagai peninggalan masa penjajahan Belanda. Kota Tua juga dipenuhi dengan berbagai makanan dan jajanan pinggiran, pedagang, seniman, serta menjadi tempat nongkrong bagi kaum muda Jakarta. Pada area ini, kamu juga bisa menemukan Museum Fatahillah yang dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, selain itu kamu juga bisa menemukan beberapa kafe dan museum yang merupakan sebuah konversi dari bangunan perkantoran zaman Belanda.
  • Jakarta Barat juga menjadi tempat ikonik, yaitu Chinatown yang terletak di Glodok. Sebenarnya tempat ini merupakan tempat perbelanjaan barang elektronik, dan juga banyak ditemui street food, restoran masakan China, dan juga komplek kuil-kuil.. Tempat tersebut dapat menjadi lokasi terbaik untuk perjalanan yang autentik.
  • Jika kamu mencari pusat perbelanjaan, Jakarta Barat memiliki beberapa mal mulai dari kelas menengah hingga kelas atas, misalnya Central Park. Tempat ini terkenal memiliki area taman yang luas sehingga kamu dapat membawa hewan peliharaan untuk berjalan di area taman, selain itu terdapat Puri Indah Mall dengan gaya mal yang klasik, dan juga Mall Taman Anggrek yang terkenal memiliki area ice skating yang besar.
  • Museum Macan (The Museum of Contemporary Art in Nusantara) berlokasi di daerah Kebon Jeruk dan merupakan museum pertama yang memiliki karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia maupun mancanegara. 
  • Jika kamu sedang mencari kehidupan dunia malam yang menarik, kamu bisa mengunjungi daerah Mangga Besar, yang diklaim sebagai pusat hiburan malam terbesar di Jakarta. 

Baca Juga : Zone Guide: All around West Jakarta

3. Jakarta Selatan

street Jenderal Sudirman view

Jakarta Selatan

Wilayah ini terkenal dengan daerah perumahan mewah kelas atas dan memiliki pusat perbelanjaan kelas atas, area ini juga merupakan kawasan bisnis utama Jakarta. Kamu akan menemukan pemandangan berupa gedung pencakar langit di daerah Jakarta Selatan yaitu pada distrik Kuningan, Setiabudi, dan Sudirman. Selain itu banyak kantor kedutaan yang juga berlokasi di sini. 

Akomodasi: Transportasi terbaik untuk menjelajahi Jakarta Selatan bisa menggunakan taksi atau ojek online. Jika kamu tertarik untuk tinggal di Jakarta Selatan, ada berbagai jenis tempat menginap, dari yang murah seperti Kebayoran Inn, hingga hotel bintang 5 seperti Four Seasons. Selain itu, wilayah Jakarta Selatan juga ramah akan transportasi umum, jadi kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Tempat Wisata dan Hiburan: Jakarta Selatan juga terkenal dengan kehidupan dunia malam yang cukup sibuk, pusat perbelanjaan seperti mal kelas atas, restoran, hotel, dan pusat hiburan lainnya. Senopati, Blok M, dan Kemang adalah area terbaik di Jakarta Selatan jika kamu mencari hiburan malam. 

  • Jika kamu mencari tempat untuk berbelanja, Jakarta selatan memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan! Pondok Indah Mall (PIM), Gandaria City, Lotte Shopping Avenue, dan masih banyak lagi mal dengan kelas menengah ke atas yang siap untuk kamu kunjungi.
  • Jakarta selatan juga menjadi tempat bagi kebun binatang pertama di Indonesia, yaitu kebun binatang Ragunan. Ragunan menjadi pilihan tempat terbaik untuk dikunjungi di akhir pekan.
  • Kamu juga bisa menemukan tempat wisata lainnya yang harus kamu kunjungi di Jakarta Selatan seperti Museum Layangan Indonesia, taman hiburan seperti Pondok Indah Water Park, Setu Babakan Betawi Cultural Village, dan Kidzania. 

4. Jakarta Timur

East Jakarta view

Jakarta Timur 

Jakarta Timur cenderung merupakan daerah industri di wilayah Jakarta. Area ini juga memiliki bandara kedua yang ada di sekitaran Jakarta, Halim Perdana Kusuma, yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Selain itu, terdapat lapangan Berkemah Cibubur, Taman Air Snowbay, dan tempat-tempat wisata unik seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan taman hiburan yang mengambil konsep ‘Mini Indonesia’. Pada taman ini, kamu bisa melihat keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Akomodasi: Karena wilayah kota ini cenderung merupakan daerah industri, mungkin tidak terlalu banyak pilihan penginapan di daerah Jakarta Timur. Namun, kamu tetap bisa menemukan hotel yang murah seperti FaveHotels PGC atau hotel kelas menengah seperti Ibis Jakarta Cawang dan Park Hotel. Untuk mengelilingi area di Jakarta Timur tidaklah sulit, wilayah ini ramah dengan kendaraan umum dengan opsi terbaik yaitu menggunakan bus Transjakarta.

Tempat Wisata dan Hiburan: 

  • Jika kamu sedang mencari tempat berbelanja, Jakarta Timur memiliki AEON Mall, yaitu mal terbesar yang ada di Jakarta Timur dan memiliki Ferris Wheel yang terkenal pada area mal tersebut. Selain itu, terdapat pula berbagai mal yang ramah dengan budget minim seperti Taman Mini Square, dan juga Pusat Grosir Cililitan 
  • Berikut berbagai Museum yang tersedia di Jakarta Timur antara lain Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi, Museum Hakka Indonesia, dan masih banyak lagi. 
  • Di daerah Jakarta Timur, juga terdapat situs bersejarah seperti Lubang Buaya, yaitu sebuah situs yang menandakan kegagalan dugaan upaya kudeta oleh Partai Komunis Indonesia yang berakhir pada tahun 1965.

5. Jakarta Utara

North Jakarta view

Jakarta Utara

Wilayah ini memiliki area pelabuhan utama dan merupakan pelabuhan yang paling maju dan paling sibuk di Indonesia, tepatnya di Tanjung Priok. Jakarta Utara menyediakan berbagai tempat wisata bersejarah, mulai dari tempat ibadah tertua di Jakarta hingga Pelabuhan Sunda Kelapa yang memiliki sejarah pelabuhan untuk kapal dagang sejak Kerajaan Pajajaran. Jakarta Utara juga terkenal dengan Taman Impian Jaya Ancol yang memiliki Dunia Fantasi sebagai taman hiburan, pantai, kolam renang, dan akuarium raksasa (Seaworld Indonesia).

Akomodasi: Menjelajahi berbagai tempat wisata di Jakarta Utara adalah hal yang mudah. Dengan menggunakan bus Transjakarta, maka kamu akan mendapatkan akses ke situs-situs bersejarah, pusat perbelanjaan, apartemen, dan masih banyak lagi. Terdapat pula berbagai tipe penginapan yang dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Salah satu hotel murah yang ramah dengan kantong di Jakarta Utara adalah Boarding House di Jalan Kelapa Puan Timur dan juga Cempaka Jaya Cottage, sedangkan untuk kelas menengah antara lain Gading Indah, Sunter Lake, Grand Asia Hotel, dan masih banyak yang lainnya!

Tempat Wisata dan Hiburan: 

  • Situs Bersejarah: Galangan VOC, Museum Bahari, dan Pelabuhan Sunda Kelapa 
  • Kamu bisa mencoba layanan speedboat sewaan dari Ancol ke area resort di Kepulauan Seribu Jakarta. Karena letaknya yang paling dekat dengan laut, tidak heran jika sebagian besar tempat wisata di Jakarta Utara sebagian besar tentang laut.
  • Jika kamu ingin mengelilingi pusat perbelanjaan dan menyibukkan diri dengan berbelanja, Jakarta Utara memiliki mal dengan kelas menengah keatas seperti Mall Of Indonesia (MOI), Mall Artha Gading, dan Mall Kelapa Gading yang memiliki berbagai tipe restoran yang dapat menghilangkan rasa lapar ketika sedang jalan-jalan.

Demikian artikel singkat kami tentang wilayah-wilayah yang ada di Jakarta. Sebenarnya masih banyak tempat wisata dan hiburan yang tidak kami liput pada artikel ini. Namun, kamu dapat menemuinya di artikel kami yang lain. Kami harap kamu bisa memiliki gambaran tentang wilayah yang ada di Jakarta. Semoga perjalanan-mu di Kota Jakarta menyenangkan! 

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *