Panduan Kepemilikan Mobil Bagi WNA di Jakarta

Panduan Kepemilikan Mobil Bagi WNA di Jakarta

Sebagai kota metropolitan, banyak orang di Jakarta datang dari kota lain. Ini menyebabkan transportasi umum menjadi ramai dan kurang disukai. Jika berdesak-desakan setelah bekerja bukanlah seperti secangkir teh, kamu mungkin ingin beralih menggunakan mobil pribadi. Sebelum mendapatkan mobil, kamu harus menyadari bahwa mobil dianggap barang mewah. Pajak yang ditambahkan ke harga mobil asli adalah alasan mengapa Indonesia memiliki harga mobil yang relatif tinggi. Namun, itu hal yang langka bagi ekspatriat untuk mengimpor mobil dari luar negeri. Itu karena bea untuk mobil impor yang dibebankan oleh kantor pabean Indonesia hingga 300% dari nilai mobil.

Menurut peraturan yang ada, ukuran mesin mobil di Indonesia tidak boleh lebih dari 3.000 CC. Jika kamu menemukan mobil yang melebihi ukuran mesin ini, kemungkinan besar mobil itu diimpor dalam kondisi khusus. Kamu harus memastikan bahwa mobil yang kamu beli tidak melebihi persyaratan 3.000 CC. Jika demikian, mungkin sulit untuk dijual kembali dan pihak berwenang dapat menyitanya. Sekarang setelah kamu memiliki gambaran tentang persyaratan mobil di Indonesia, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu membeli mobil. Inilah hal-hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan untuk memiliki mobil di Indonesia.

Langkah-langkah Membeli Mobil Baru

This image has an empty alt attribute; its file name is new.jpg
Langkah-langkah Membeli Mobil Baru
  1. Melengkapi Dokumen

Sebagai ekspatriat, kamu memerlukan paspor yang sah dan ITAS atau ITAP (untuk orang asing). Jangan lupa tentang surat dari perusahaan sponsor kamu. Jika sudah memiliki dokumen-dokumen ini, kamu diperbolehkan membeli mobil dengan namamu. Jika orang Indonesia mendaftarkan mobil mereka menggunakan KTP, orang asing harus menggunakan paspor dan ITAS / ITAP mereka. Namun, terkadang lebih mudah menggunakan nama perusahaan yang mempekerjakan kamu untuk membeli mobil dan kemudian membeli atau menyewanya.

Perusahaan kamu dapat membantu dalam mempersiapkan dokumen-dokumen ini untuk membantumu membeli mobil, yaitu:

a. Fotokopi SIUP (Surat Ijin Usaha Pedagang / Izin untuk Berbisnis)

b. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

c. Fotokopi Surat Keterangan Domisili (Menyatakan alamat perusahaan)

d. Fotokopi Akte Perusahaan (Sertifikat Perusahaan)

  1. Pembayaran

Jika kamu ingin mengambil pinjaman untuk membayar mobil kamu, terdapat uang muka setidaknya 25 persen dari total biaya. Biasanya, bank di Indonesia tidak memberikan pinjaman kepada ekspatriat untuk mobil. Namun, kamu masih bisa mendapatkan mobil dengan bantuan perusahaan pembiayaan otomotif melalui dealer mobil. Ada beberapa perusahaan pembiayaan ventura yang akan mengatur kontrak leasing untuk orang asing. Tetapi, penting untuk dicatat bahwa itu hanya berlaku untuk pembelian kendaraan perusahaan afiliasi mereka. Jika kamu setuju dengan itu, kamu dapat mulai menyiapkan dokumen-dokumen ini:

a. Fotokopi paspor kamu

b. Fotokopi ITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) kamu

c. Surat Jaminan dari atasan kamu, yang menyatakan mereka akan melakukan pembayaran jika kamu default.

d. Surat Pemesanan dari Dealer

e. Uang muka

Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu harus mengharapkan dokumen-dokumen ini sampai kepada kamu:

a. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan / Nomor Pendaftaran Kendaraan). Lebih baik menyimpan ini di dalam kendaraan setiap saat karena seorang petugas polisi mungkin menghentikan kamu dan meminta dokumen ini.

b. Plat Nomor 

c. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor / Buku Bukti Kepemilikan). Berbeda dengan STNK, kamu tidak boleh membawa buku ini di mobil. Itu karena begitu mobil dan BKPB Anda dicuri, orang dapat dengan mudah menjualnya.

d. Faktur (faktur asli untuk mobil)

e. Kwitansi Pembayaran (tanda terima untuk transaksi tunai aktual)

Untuk STNK dan plat nomor, akan lebih baik bagi kamu untuk melakukannya sesegera mungkin. Itu karena biasanya, proses yang dilalui akan memakan waktu sekitar satu minggu. Sebenarnya, setelah kamu melakukan pembayaran, mobil itu sudah menjadi milik kamu. Tapi, kamu tidak bisa mengendarainya di jalan tanpa STNK dan plat nomor. Itulah mengapa lebih baik memprosesnya segera setelah kamu melakukan pembayaran.

Di Indonesia, ketika mobil bekas dijual, pendaftaran biasanya masih dibiarkan dengan nama pemilik sebelumnya. Kamu mungkin menemukan ini membingungkan, tetapi ini dilakukan untuk menghindari membayar perubahan biaya kepemilikan. Hal itu membuat dokumen untuk mobil bekas lebih rumit daripada mobil baru. Jika kamu masih merasa bingung, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan sponsor kamu karena mereka biasanya memiliki cara dan rekomendasi untuk menangani situasi ini.

Karena mobil bekas masih menggunakan nama pemilik sebelumnya, penting untuk menyimpan faktur yang sebenarnya. Jika ada insiden yang melibatkan mobil, faktur akan bertindak sebagai bukti kepemilikan saat ini. Tentu saja kamu tidak ingin bertanggung jawab atas kecelakaan yang melibatkan mobil yang kamu miliki bukan?

Langkah Membeli Mobil Bekas

This image has an empty alt attribute; its file name is car-old.jpg
Langkah-langkah Membeli Mobil Bekas

Sekarang, setelah kamu mengetahui beberapa masalah tentang mobil bekas di Indonesia, kamu dapat mulai memilih apakah akan membeli mobil bekas atau tidak. Jika kamu setuju, kamu dapat mulai menyiapkan KTP (Kartu Identitas Penduduk) milikmu. KTP adalah pilihan yang aman karena beberapa orang mungkin tidak menerima bentuk identifikasi lain seperti paspor atau ITAS. Setelah mereka menerima kartu identitas kamu, kamu harus melakukan pembayaran dengan uang tunai atau cara pembiayaan lainnya. Sama seperti cara kamu membeli mobil baru.

Setelah kamu menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan dokumen-dokumen ini:

a. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

b. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor / Bukti kepemilikan)

c. Faktor (faktur asli untuk mobil ketika dibeli dari produsen)

d. Kwitansi Blanko – 3 lembar (3 salinan tanda terima)

Kamu harus memastikan salinan Kwitansi Blanko pertama Anda berisi informasi ini:

a. Jenis Mobil 

b. Warna 

c. Nomor Plat 

d. Nomor Chasis 

e. Nomor Rangka 

Departemen Kendaraan Bermotor mungkin membutuhkan salinan Kwitansi Blanko ini ketika kamu perlu mengubah nama di BPKB. Jika kamu tidak memilikinya, kamu mungkin kesulitan menjual kembali kendaraan kamu di masa depan.

Kamu juga harus menyimpan fotokopi KTP atau ITAS (kartu identitas) untuk orang yang namanya muncul di BPKB. Diperlukan untuk memperbarui STNK kamu. Penting juga untuk memastikan bahwa KTP kamu belum mencapai tanggal kedaluwarsa. Kamu tidak dapat memperbarui STNK kamu dengan KTP yang kedaluwarsa. Jika ini terjadi, kamu harus menghubungi pemilik dan mendapatkan fotokopi KTP yang sah.

Baca juga: Tempat Sewa Mobil Terpercaya di Jakarta Untuk Liburan Akhir Pekan

Pembaruan STNK

This image has an empty alt attribute; its file name is vehicle.jpg
Pembaruan STNK

Tidak ada otoritas yang akan memberi kamu pemberitahuan singkat tentang berakhirnya STNK kamu. Karena itu, kamu harus mengingat sendiri atau memastikan bahwa ada seseorang yang mengingatkan kamu tentang hal ini. Jika STNK kamu kedaluwarsa dan ditemukan masih mengendarai mobil, kamu akan didenda berat. Semakin mobilnya lebih baru dan lebih mahal, semakin tinggi dendanya. Dengan begitu, pihak berwenang akan memberimu stiker yang terpasang pada plat nomor lama kamu selagi kamu menunggu tanda terima dari STNK baru.

Jika kamu ingin memperbarui STNK sendiri tanpa bantuan Biro Jasa, kamu dapat mengunjungi kantor Direktorat Lalu Lintas Bagian STNK Polda Metro Jaya (SAMSAT) di Jakarta Selatan.

Kamu harus membawa dokumen-dokumen ini bersama kamu:

  1. STNK asli kamu
  2. BPKB asli kamu
  3. Fotokopi BPKB
  4. Paspor asli
  5. Kartu Polisi Asli
  6. ITAS / ITAP / KTP asli saat ini untuk orang yang namanya muncul di STNK
  7. Salinan “Surat Keterangan Domisili”
  8. Sebuah surat yang menjelaskan mobil yang dibeli melalui perjanjian kredit dari kreditur (jika Anda membelinya secara kredit)
  9. Pembayaran

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *