Panduan Membuat Kartu Kredit di Indonesia

Panduan Membuat Kartu Kredit di Indonesia

Apakah kamu seorang pekerja pertama atau mantan karyawan yang saat ini tinggal di Jakarta, kamu mulai berurusan dengan perencanaan keuangan dan belajar bagaimana mengalokasikan pendapatan kamu dan menangani pengeluaran kamu. Kamu mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi di saham, emas, reksa dana, atau bahkan membuka tabungan lain di rekening lain. Beberapa bahkan mulai berpikir untuk mengajukan dan mendapatkan kartu kredit pertama mereka. Membutuhkan sesuatu yang mendesak tetapi tidak memiliki cukup uang di rekening bank kamu? Kartu kredit mungkin jawaban kamu.

Pertama dan terpenting, kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh lembaga keuangan di mana pemilik kartu ini mendapat hak istimewa untuk mendapatkan barang-barang yang ingin mereka bayar oleh lembaga tersebut. Tapi, keunggulan ini juga disertai tanggung jawab. Bagi beberapa orang, memiliki kartu kredit bisa sangat membantu. Ide untuk memiliki barang yang kamu inginkan, tanpa harus membayar harga penuh sangatlah menarik. Tapi tetap saja, jika kamu menggunakan hak istimewa ini dengan tidak bijaksana, kamu akan berakhir dengan hutang. Oleh karena itu, mendapatkan kartu kredit dari bank atau lembaga keuangan dilengkapi dengan syarat dan ketentuan.

Mengisi Dokumen

This image has an empty alt attribute; its file name is dc-1024x577.jpg

Sebuah bank atau lembaga keuangan menyewa seorang analis keuangan di mana mereka dapat melacak rekam jejak, gaji, dan kemampuan keuangan kamu apakah orang berhak diberi tanggung jawab memiliki kartu kredit. Apalagi jika kamu seorang ekspatriat yang berdomisili di Jakarta, ada juga beberapa persyaratan khusus dan khusus untuk memiliki kartu kredit dibandingkan dengan orang lokal. Beberapa bank memberikan akses kartu kredit kepada klien setia mereka. Beberapa orang perlu melamar sendiri. Kartu kredit juga memiliki batasan berbeda yang dapat kamu peroleh bergantung pada kemampuan keuangan kamu. Jika kamu berpikir untuk mendapatkan kartu kredit, kamu dapat mengambil langkah-langkah berikut:

  1. Periksa dan jujurlah dengan situasi keuangan kamu saat ini, apakah kamu memiliki tabungan yang cukup untuk membayar kredit bulanan. Batasan maksimum yang ditawarkan biasanya ditetapkan tiga kali lipat penghasilan kamu.
  2. Jika kamu seorang pelajar, kamu juga dapat mencari opsi kartu kredit untuk pelajar
  3. Cari tahu dan lihat mana yang paling murah dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Bank juga akan meminta kamu untuk memiliki kartu kredit. Bisa untuk membeli kebutuhan sehari-hari, belanja, hiburan, gaya hidup, pendidikan, dll. Kartu kredit juga memberikan beberapa keuntungan seperti reward, cashback, iuran tahunan yang rendah, iuran bulanan, tenggang waktu yang lama, dll.
  4. Mulailah melamar dan jika kamu ditolak, jangan putus asa dan coba lagi untuk bank atau lembaga keuangan lain

Syarat dan persyaratan dasar untuk mendapatkan kartu kredit di Jakarta:

  1. Berusia minimal 21 tahun dengan penghasilan terjamin (memiliki pekerjaan yang terjamin)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Isi formulir persyaratan yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan

Jika kamu seorang ekspatriat dan berpikir untuk mengajukan kartu kredit, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Sejujurnya, mendapatkan kartu kredit di Indonesia memang cukup sulit. Namun, bukan berarti itu tidak mungkin. Sebenarnya lebih mudah jika kamu mengajukan dari bank asing seperti HSBC, ANZ, Standard Chartered Bank, Hongkong Shanghai Banking Corporation, Hana Bank, Bank of China, Commonwealth Bank, Deutsche Bank, dll. Di bawah ini, kami mencantumkan beberapa poin yang harus kamu persiapkan setelah kamu mulai mengajukan kartu kredit jika kamu orang asing atau mantan karyawan:

  1. Kirimkan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti paspor, bukti kependudukan lokal, izin tinggal sementara (KITAS), bukti pendapatan, surat dari perusahan
  2. Lihat juga untuk setoran minimum dalam rupiah atau USD
  3. Waspadai bahwa beberapa bank mengharuskan kamu membuka tabungan di banknya terlebih dahulu
  4. Cari informasi sebanyak mungkin tentang biaya tersebut karena untuk ekspatriat tarifnya lebih tinggi daripada di Indonesia

Baca juga: Bank Terbaik Di Indonesia

Mengetahui Bank Penyedia

This image has an empty alt attribute; its file name is pexels-photo-919436.jpeg

Cara termudah adalah dengan memeriksa situs web bank dan menghubungi layanan pelanggan mereka untuk menanyakan tentang cara mendapatkan masalah kartu kredit kamu oleh bank tertentu. Tetapi kami juga ingin menambahkan beberapa saran tentang bagaimana memiliki perencanaan keuangan dan memiliki kartu kredit tanpa merusaknya di masa depan. Berikut kami himpun beberapa contoh kartu kredit yang diterbitkan oleh beberapa bank atau lembaga keuangan di seluruh Indonesia:

  • BCA EVERYDAY CARD

Dikeluarkan oleh Bank Central Asia dengan imbalan cashback 5%, saat kamu berbelanja di banyak merchant. Ini adalah kartu kredit dasar dengan batas rendah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu. Dapat digunakan untuk berbelanja di toko grosir seperti Hypermart, Starbucks Coffee, Debenhams, dan Pizza Hut. Kamu bahkan dapat menggunakan kartu ini untuk penarikan tunai hingga 40% dari batas kamu. Untuk limit mulai dari 3 juta dan iuran tahunan sebesar Rp 125.000 / tahun. Setiap hari kartu platinum limitnya hingga 20 juta rupiah, dengan iuran tahunan Rp 250.000 / tahun.

  • CITI PREMIERMILES CARD

Jika kamu suka bepergian atau pebisnis yang melakukan perjalanan bisnis terus-menerus ke seluruh dunia, kartu Citi Premiermiles mungkin cocok untuk kamu. Kamu akan mendapatkan poin ekstra untuk setiap perjalanan yang kamu lakukan yang dapat ditukarkan dengan transaksi tertentu. Kamu dapat menggunakan ini untuk lebih dari 60 maskapai penerbangan dan berharap mendapatkan menginap gratis untuk lebih dari 5000 mitra hotel di seluruh dunia. Pemilik kartu kredit ini juga akan mendapatkan hak istimewa (dengan pendamping perjalanan) untuk menikmati akses ke 800 lounge bandara satu kali setiap tahun kalender. Nantikan keuntungan lain dari restoran, mall, tempat belanja berlogo kartu Citi Premiermiles ini.

  • HSBC PREMIER MASTERCARD

Kartu kredit ini diakui dan diterima oleh lebih dari 24 juta pedagang di seluruh dunia. Ini memberimu keuntungan seperti perlindungan perjalanan penuh, program jarak tempuh internasional, penawaran eksklusif di 160 negara dan lain-lain. Ini dibuat untuk gaya hidup mewah bagi mereka yang juga sering bepergian ke seluruh dunia. Untuk setiap transaksi di luar negeri, kamu akan mendapatkan 3 kali reward dan perlindungan di luar negeri untuk pembelian hingga 300 juta.

Jika kamu masih membutuhkan informasi dan detail lebih lanjut, kamu dapat mencoba pergi ke bank terdekat dan mendapatkan bantuan langsung untuk mengajukan kartu kredit.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *