Panduan Mengunjungi Jakarta untuk Pertama Kali

Panduan Mengunjungi Jakarta untuk Pertama Kali

Apa ini pertama kalinya kamu ke Jakarta? Sebagai ibu kota, Jakarta merupakan miniatur dari segala sesuatu yang terjadi di Indonesia. Dengan orang-orang dari seluruh Indonesia datang ke ibu kota, ibukota memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya. Mengunjungi Jakarta bisa sangat membingungkan. Ini adalah kota yang besar dan kompleks, dengan banyak hal yang ditawarkan di piring kamu. Tapi jangan khawatir, ijinkan kami memandu kamu pada kunjungan kamu ke Jakarta untuk pertama kalinya!

Tiba di Jakarta

first time arriving jakarta

Pertama-tama, mari kita mulai dari cara kedatanganmu. Ada banyak pilihan yang bisa dipilih, dari menggunakan pesawat terbang, kereta api, atau bus. Yang terpenting adalah memilih transportasi yang paling sesuai dengan kamu, serta anggaran kamu.

Menggunakan penerbangan komersial, ada dua opsi bandara tempat kamu dapat mendarat. Penerbangan internasional biasanya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di Cengkareng, pinggiran kota. Dari Soekarno-Hatta (Soetta) kamu dapat melanjutkan ke akomodasi kamu menggunakan MRT, kereta api, atau taksi yang tersedia di lokasi bandara. Harap ingat untuk menggunakan taksi yang disediakan oleh situs bandara dan jangan memesan taksi online. Ada larangan taksi online menjemput penumpang di dalam lokasi bandara karena terjadi perseteruan antar pengemudi.

Jika kamu ingin menggunakan layanan taksi online, pastikan untuk meninggalkan lokasi bandara terlebih dahulu untuk mencegah masalah yang tidak perlu. Untuk penerbangan domestik, disarankan untuk mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma yang terletak di Jakarta Timur. Sedangkan jika kamu bepergian dengan kereta api, kemungkinan besar kamu akan sampai di Stasiun Gambir. Kamu dapat melanjutkan perjalanan kamu melalui taksi, taksi online, atau bus Damri.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemandu komuter di Jakarta? Klik di sini!

Akomodasi

first time jakarta accommodation

Saat mencari tempat menginap di Jakarta yang pertama kali, yang terpenting teliti lokasinya terlebih dahulu. Jakarta dikenal dengan kemacetan lalu lintasnya. Jadi, untuk mempersingkat waktu tempuh, sebaiknya pilih hotel atau hostel yang dekat dengan tempat yang ingin kamu tuju. Cara lain, kamu lebih baik memilih salah satu yang memiliki banyak penawaran di dekat mereka. Lokasi hotel sangat penting disini. Keamanan lingkungan, aksesibilitas, kualitas, dan segala sesuatu biasanya tergantung pada lokasinya.

Sebelum berangkat, kamu bisa melakukan reservasi hotel (atau hunian jangka pendek lainnya) melalui pemesanan online melalui aplikasi seperti Airbnb, Traveloka, Pegipegi, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin memesan penginapan yang jauh lebih murah, gunakan aplikasi seperti Reddoorz, ​​OYO, dan kamu bisa memilih untuk menginap di hotel kapsul. Sebelum melakukan reservasi, pastikan kamar yang kamu tempati sesuai dengan kebutuhan kamu. Periksa kapasitas maksimal per kamar jika kamu bepergian dengan keluarga atau orang lain. Jika perlu, kamu sebaiknya membandingkan harga antara setiap aplikasi dan layanan untuk mengetahui kesepakatan yang sesuai dengan anggaran kamu.

Ingin mencari hunian jangka pendek di Jakarta? Klik di sini!

Yang Menarik di Jakarta

Ada banyak, banyak hal yang bisa dilihat di Jakarta. Sebagai ibu kota dan salah satu kota tertua di Indonesia, Jakarta menawarkan banyak hal untuk dilihat. Bergantung pada waktu dan tujuan perjalanan kamu, kamu mungkin hanya mendapatkan waktu terbatas untuk pergi jalan-jalan. Oleh karena itu, dalam memilih tempat menginap, di sarankan agar kamu mencari yang terletak di dekat landmark atau destinasi kamu untuk mempersingkat waktu perjalanan. Jika kamu menyukai sejarah, ada beberapa tempat indah yang wajib kamu cek.

Kota Tua

first time jakarta kota tua

Kota Tua adalah tempat untuk dikunjungi jika kamu ingin merasakan kenang-kenangan seolah-olah kamu terlempar kembali ke Indonesia abad ke-20. kamu bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan; atau pergi ke beberapa museum di daerah tersebut (Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang Kulit, Museum Seni Rupa dan Keramik, dll.) dan pelajari lebih jauh tentang sejarah dan budaya Jakarta. Setelah menjelajahi museum, jangan lupa untuk mengunjungi Cafe Batavia yang terkenal. Ini adalah kafe bersejarah di jantung Kota Tua yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun menyajikan hidangan Barat dan Indonesia pemenang penghargaan.

Katedral Jakarta

jakarta cathedral

Tempat indah lain yang harus dikunjungi di Jakarta adalah Katedral Jakarta yang terletak di Jakarta Pusat di seberang bangunan indah Masjid Istiqlal lainnya. Katedral Jakarta atau yang juga dikenal sebagai “Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga” adalah salah satu arsitektur paling menakjubkan di kota ini. Ditahbiskan pada tahun 1901, katedral ini adalah peninggalan masa lalu Eropa Jakarta di era kolonial Belanda. Menawarkan arsitektur bergaya Neo-Gotik yang indah, dengan lukisan dinding yang sangat detail yang menggambarkan pemandangan alkitabiah yang menutupi dinding di dalamnya. Jika kamu memiliki waktu ekstra, jangan lewatkan kunjungan ke ikon Jakarta, Monumen Nasional.

Hal yang Dapat Dilakukan di Jakarta

Di Jakarta, kamu tidak akan pernah kehabisan hal untuk dilakukan. Dari berbelanja hingga makan di luar, ada begitu banyak pilihan tentang apa yang harus dilakukan dan dinikmati di Jakarta. Berikut beberapa saran yang bisa kamu catat di catatan kamu jika kamu berencana untuk mengunjungi Jakarta.

Belanja

first time shopping jakarta

Jakarta dikenal sebagai surganya para pembeli. Jadi, berada di Jakarta untuk pertama kalinya, kamu bisa menikmati jalan-jalan di banyak pusat perbelanjaan untuk mendapatkan tren terbaru dan terkini. Dari mal kelas atas dan bergengsi seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia, atau mal kelas menengah Kota Kasablanka yang lengkap, hingga barang murah di Mangga Dua. Yang pasti, kamu akan menemukan semua yang kamu inginkan berapa pun anggarannya.

Jauh dari modernitas dan kenyamanan pusat perbelanjaan, kamu juga bisa pergi ke pasar tradisional yang terkenal untuk rasa yang lebih otentik, seperti Pasar Baru, Pasar Ikan, Tanah Abang, dll. Kamu bisa membeli bahan makanan, pakaian murah, makanan tradisional, atau bahkan hanya melihat-lihat, menikmati kesibukan di tengah keramaian. Di pasar ini, kamu bisa membeli oleh-oleh murah untuk orang yang kamu cintai di rumah.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang mal-mal terbaik di Jakarta? Klik di sini!

Makan di Luar

eating out

Merasa lapar? Jakarta memiliki banyak pilihan tempat makan enak, di mana kamu dapat menemukan hampir semua hidangan yang dapat kamu bayangkan dan ingin kamu makan. Dari hidangan lokal otentik hingga hidangan internasional, Jakarta memiliki semuanya. Jalan Benyamin Sueb di Kemayoran, misalnya, menawarkan makanan asli Indonesia yang siap memanjakan lidah dengan harga terjangkau. Jika kamu mencari restoran kelas atas, kamu bisa pergi ke kawasan ekspatriat di Kemang. Di sana, kamu dapat menemukan kafe dan restoran yang paling ramai dikunjungi oleh para hipster lokal. Bagi mereka yang mencari malam yang tak terlupakan, kamu dapat langsung menuju ke barisan bar di Mega Kuningan dan berpesta sepanjang malam!

Ingin tahu lebih banyak tentang tempat makan dan kehidupan malam di Jakarta? Klik di sini!

Taman Impian Jaya Ancol

ancol

Berbicara soal Jakarta tentunya belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol. Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan wisata terpadu terluas di tepi pantai Jakarta Utara. Dibuka pada tahun 1966, Taman Impian Jaya Ancol kini dipenuhi dengan resor, lapangan golf, taman hiburan, dan fasilitas rekreasi lainnya. Banyak sekali tempat wisata di Ancol yang bisa kamu temukan. Mulai dari SeaWorld, di mana kamu dapat menikmati akuarium besar yang dipenuhi dengan hewan laut yang menarik hingga Atlantis Water Adventure, area taman air seluas lima hektar dengan kolam yang menyenangkan dan menarik.

Untuk keluarga dengan anak kecil, kamu harus mengunjungi Dunia Fantasi, sebuah taman hiburan besar dengan lebih dari 40 atraksi. Usai mengunjungi tempat wisata tersebut, jangan lupa mampir ke Pasar Seni Ancol. Tempat ini menampilkan berbagai bakat dan seniman lokal dan menyelenggarakan pertunjukan tari mingguan. Semuanya menawarkan kualitas hiburan terbaik. Selain itu, ini akan membuat kamu melupakan masalah dan menikmati suatu hari di alam mimpi dengan harga yang wajar.

Secara keseluruhan, masih banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan di Jakarta untuk pertama kalinya. Hampir tidak mungkin bagi kamu untuk menjelajahi esensi sejati kota dalam waktu seminggu atau bahkan sebulan. Kegiatan yang kami sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari Jakarta. Jadi, kamu harus melakukan penjelajahan sendiri dengan berinteraksi dengan penduduk setempat dan kamu mungkin akan menemukan hal-hal yang paling kamu sukai. Jika kamu berencana untuk mengunjungi Jakarta dalam waktu dekat, harap ingat untuk berhati-hati dan rencanakan kunjungan kamu dengan matang, ya!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *