Panduan Sebelum Menetap di Jakarta

Pindah ke tempat baru yang belum pernah kamu tinggali sebelumnya mungkin membuat stres dan kami sangat memahami hal itu. Kami memiliki pengalaman mendengarkan cerita dari teman-teman tentang betapa luar biasanya tinggal di Jakarta untuk pertama kalinya. Flokq hadir untuk membantumu mengenal Jakarta pertama kali. Kami akan memberitahumu beberapa hal dasar mengenai kota ini. Duduk dan nikmati perjalananmu di di jalan sebelum menetap di Jakarta. Mari kita mulai.

Perumahan

settling in jakarta housing pondok indah

Source: Google Maps

Perumahan di Jakarta bisa jadi sangat menantang. Meskipun beberapa ekspatriat mungkin merasa lebih nyaman tinggal di apartemen mewah dan modern lengkap dengan fasilitasnya yang menarik, ada juga beberapa yang lebih suka tinggal di rumah biasa. Meskipun rumit, kamu masih dapat dengan mudah menemukan hunian yang layak dari pengembang reputasi mapan. Perekonomian yang terus meningkat di Jakarta mendorong banyaknya pembangunan perumahan di seluruh Jakarta.

Hunian yang baik di Jakarta umumnya memiliki harga yang relatif mahal. Sebagian besar mungkin semahal harga rumah standar Eropa. Namun, ia juga dilengkapi dengan komunitas, lingkungan, dan infrastruktur yang baik di sekitarnya. Misalnya Pondok Indah, atau mungkin ada yang menyebut Beverly Hills Jakarta. Ini adalah salah satu lingkungan yang paling berkembang di Jakarta Selatan. Tidak hanya rumahnya yang mirip kastil, kawasan ini juga dilengkapi dengan beberapa sekolah internasional, rumah sakit swasta, pusat perbelanjaan kelas atas, dan kawasan bisnisnya sendiri. Kamu dapat mengklik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang lingkungan Jakarta.

Staff Domestik

somestic staff for settling in jakarta

gomaid-agency.com

Salah satu keuntungan tinggal di Jakarta adalah sangat umum bagi kamu untuk mempekerjakan orang lain untuk melakukan pekerjaan rumah. Sehubungan dengan biaya hidup standar ekspatriat, menyewa pengasuh, tukang kebun, atau supir dianggap murah. Mereka tidak hanya ada untuk membantu dengan hal-hal yang paling tidak kamu sukai untuk dilakukan (mencuci atau menyapu lantai), kebanyakan dari mereka juga tersedia 24/7. Namun, kamu perlu memastikan bahwa kamu juga menyediakan tempat tinggal dan makan yang layak sepanjang hari.

Selain itu, jika kamu khawatir tentang apakah orang yang bekerja di tempatmu dapat dipercaya atau tidak, ada beberapa lembaga yang memberi jaminan dan latar belakang yang jelas bagi staf pengurus rumah tangga. GoMaid Agency adalah salah satu perusahaan baru yang dapat membantu mencari pembantu rumah tangga di Jakarta. Mereka tidak hanya mengakomodasi staf berdasarkan kebutuhan, tetapi mereka juga memilih dan melatih staf sebelumnya. Jika kamu mencari pengurus rumah tangga, kunjungi situs web mereka di gomaid-agency.com

Sekolah

international school moving to jakarta

jisedu.or.id

Pindah di Jakarta bersama anak-anak mungkin merupakan langkah yang lebih menantang, karena kamu harus mencari sekolah yang sesuai dengan tingkat pendidikan anak. Untung ada banyak sekolah internasional di Jakarta. Setiap sekolah memiliki kurikulumnya masing-masing. Namun, kebanyakan dari mereka menawarkan program IB dan Cambridge yang sesuai dengan latar belakang pendidikan sekolah anak sebelumnya.

Salah satu sekolah internasional yang menawarkan program IB adalah Jakarta Intercultural School di Cilandak, Jakarta Selatan. JIS diakui oleh pemerintah Indonesia dan beberapa badan akreditasi bersertifikasi internasional. Misalnya IB, Advanced Placement PRgram, WASC, dan CIS. Sebagai badan hukum, JIS adalah organisasi nirlaba yang beroperasi di bawah Joint Cooperation School.

Kesehatan

pondok indah hospital

rspondokindah.co.id

Dari pengalaman ekspatriat sebelumnya yang tinggal di Jakarta, kualitas pelayanan kesehatan di Jakarta sangat berbeda. Itu tergantung di mana kamu datang untuk berkonsultasi. Jika kamu datang ke rumah sakit dan klinik umum, maka layanan dan pengobatan yang kamu dapatkan mungkin jauh dari yang kamu harapkan. Staf dan dokter tidak hanya memiliki ruang dan peralatan yang terbatas, mereka juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang buruk.

Namun, jika kamu datang ke rumah sakit swasta, misalnya Rumah Sakit Pondok Indah, kamu akan melihat fasilitas dan penunjang medis yang lebih baik dan lengkap. Rumah sakit ini telah terakreditasi sebagai rumah sakit internasional pada tahun 2013. Juga memiliki sedikitnya 250 dokter spesialis, subspesialis, dan dokter umum dalam fasilitasnya. Sesuai dengan fasilitas penerusannya, Kamu juga harus mengharapkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan rumah sakit umum. Oleh karena itu, pastikan kamu telah memiliki asuransi kesehatan untuk kamu dan anggota keluarga sebelum keadaan yang tidak menguntungkan mengharuskanmu untuk melakukan pengobatan di Jakarta.

Klik di sini untuk melihat daftar Rumah Sakit internasional di Jakarta

Transportasi Umum

transjakarta

transjakarta.co.id

Jika kamu tinggal di Jakarta dengan gaji ekspatriat, maka ada peluang lebih besar untukmu membeli kendaraan sendiri bahkan menyewa supir. Namun, bepergian di Jakarta dengan transportasi bisa melelahkan. Lalu lintas, terutama pada jam sibuk, bisa sangat melelahkan. (klik di sini untuk membaca tentang lalu lintas Jakarta).

Transportasi umum di Jakarta mungkin tidak senyaman yang kamu lihat di kota-kota modern seperti Tokyo atau Singapura. Namun, mereka pasti telah memiliki desain yang berkembang dengan baik karena tren untuk hidup dalam gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan semakin meningkat setiap tahun. Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa tempat tujuanmu memiliki stasiun transportasi umum atau halte di dekatnya.Setelah kamu selesai meneliti, kamu dapat memilih salah satu yang lebih efisien untuk rencana perjalananmu; KRL Commuter atau kereta api, MRT, LRT, Bus Transjakarta, atau bahkan angkot model lama. Jika kamu merasa ingin menggunakan sesuatu yang lebih personal atau jika tempat yang kamu tuju tidak memiliki stasiun transportasi umum di sekitarnya, maka kamu juga bisa memesan taksi online. Kamu dapat dengan mudah mengunduh dan mengakses dari ponsel, seperti Grab dan GoJek. Ingin membaca lebih lanjut tentang transportasi umum Jakarta? Klik disini.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *