Panduan Transportasi Umum di Jakarta

Panduan Transportasi Umum di Jakarta

Bepergian di Jakarta dengan transportasi umum dapat menjadi tantangan, terutama bagi para komuter baru. Namun, jika kamu tahu trik yang tepat, melakukan perjalanan di Jakarta sebenarnya cukup mudah dan nyaman. Tidak hanya di Jakarta, jaringan transportasi umum yang luas juga menjangkau kota-kota di sekitarnya, seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor.

Apa itu e-money?

Pertama-tama, jika kamu menggunakan transportasi umum di Jakarta dan sekitarnya, pastikan kamu memiliki e-money sendiri. E-money merupakan kartu uang elektronik yang dapat digunakan secara luas untuk melakukan pembayaran. Ada banyak pilihan untuk e-money: Mandiri E-Money, BRI Brizzi, BNI TapCash, dan BCA Flazz. Untuk mendapatkan salah satunya, kamu dapat mengunjungi bank lokal kamu dan memintanya!

Toserba seperti Indomaret, Alfamart, Lawson, atau Family Mart biasanya juga menjual salah satu e-money ini. Namun, sebelum dapat menggunakannya, pastikan kamu telah mengisi saldo. Mengisi saldo e-money dapat dilakukan di stasiun transportasi umum, aplikasi perbankan seluler, toko serba ada, atau mesin ATM.

Bagi mereka yang bepergian setiap hari, kami sarankan untuk mengisi ulang setoran awal di kartu e-money kamu. Selain itu, kami menyarankan kamu melakukan riset sendiri di internet sebelum bepergian. Peta dan rambu di stasiun transportasi umum bisa membingungkan, terkadang hanya sedikit dari tanda yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Ada banyak transportasi umum di seluruh Jakarta; Beberapa terhubung secara luas di luar kota, sementara beberapa hanya memiliki jangkauan daerah yang terbatas. Melalui artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang transportasi umum Jakarta untuk memastikan kamu mengetahui jalan keluar masuk kota. Di bawah ini adalah 5 jenis transportasi umum yang pasti akan berguna untuk kamu dalam bepergian di Jakarta.

Jakarta MRT

MRT Jakarta
jakartamrt.co.id

MRT Jakarta mulai beroperasi pada Maret 2019. Hingga sekarang, MRT adalah transportasi umum terbaru dan mungkin tercanggih di seluruh Indonesia. Angkutan umum ini dari dulu sangat dinantikan oleh para komuter di seluruh Jakarta. Saat ini, jalur MRT Jakarta sejauh 16 km, yang disebut Jalur M1 Utara-Selatan, hanya menghubungkan Jakarta Pusat dan Selatan. Rute ini terdiri dari 13 stasiun, 7 stasiun Selatan di atas tanah dan 6 stasiun Utara yang dibangun di bawah tanah di seluruh kawasan pusat bisnis Jakarta.

MRT mulai beroperasi dari jam 5 pagi hingga 10 malam setiap hari. Interval waktu tiap MRT adalah 5 menit pada jam sibuk (06.00 – 09.00 dan 16.00 – 17.00) dan 10 menit di luar jam sibuk. Selain itu, tarifnya berbeda-beda tergantung jarak perjalanan kamu, mulai dari Rp 3.000 hingga 14.000 per perjalanan. Kamu bisa menggunakan MRT Single Trip Card, MRT Multi-Trip Card, atau e-money. Kamu dapat membeli kartu MRT yang dipersonalisasi di stasiun, tetapi hati-hati terhadap antrian panjang, terutama selama jam sibuk.

Jakarta Airport Railink

This image has an empty alt attribute; its file name is airport-train-1024x462.jpg
railink.co.id

Jakarta Airport Railink atau kereta bandara adalah transportasi umum baru yang menghubungkan penumpang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Jakarta Pusat, dan sebaliknya. Transportasi canggih ini dulu dan masih sangat dinantikan oleh masyarakat. Lalu lintas ke dan dari bandara bisa sangat buruk, sehingga membuat kereta bandara ini cukup diminati banyak orang.

Diperlukan waktu sekitar 40 hingga 50 menit untuk menempuh perjalanan antara titik awal (Bandara dan Stasiun BNI City, Jakarta Pusat). Saat ini, ada 3 stasiun lagi yang bisa dijangkau dengan kereta ini: Stasiun Batu Ceper, Duri dan Manggarai. Untuk tiketnya, kamu bisa membelinya di stasiun seharga Rp 70.000 sekali perjalanan – cukup mahal, tapi sepadan dengan kenyamanannya.

KRL Commuter Line

KRL Jakarta
krl.co.id

KRL Commuter Line adalah sistem kereta komuter di Jakarta yang menghubungkan secara ekstensif ke kota-kota sekitarnya, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sangat terjangkau (Rp 3.000 – 15.000) dan sangat populer dengan hampir 1 juta komuter di tahun 2019 saja. Sistem kereta ini terdiri dari 6 jalur dengan 80 stasiun. Kamu dapat dengan mudah mengakses rute dari Google. Kamu dapat menggunakan kartu multi-trip atau daily-trip yang dapat dibeli di stasiun atau menggunakan kartu e-money kamu juga. Dalam menggunakan kereta, kamu harus berhati-hati terhadap jam sibuk karena bisa jadi sangat padat.

Bus TransJakarta

TransJakarta
transjakarta.co.id

TransJakarta adalah sistem bus transit luas yang telah beroperasi di Jakarta sejak tahun 2004. Sistem ini diklaim sebagai salah satu sistem bus terpanjang di dunia. Saat ini, Transjakarta terdiri dari 13 jalur utama dengan 10 koridor silang yang membentang sepanjang 230 km. Durasi perjalanan diharapkan menjadi yang tercepat dengan bus karena TransJakarta memiliki jalur yang terpisah dari mobil. Namun, mungkin ada kendaraan yang secara ilegal akan mengambil jalur bus dan memperlambat pengoperasian bus, tetapi pengawasan ketat telah dilakukan dari waktu ke waktu oleh polisi untuk menghindari masalah ini.

Bus TransJakarta juga merupakan angkutan umum yang relatif terjangkau dengan tarif mulai dari Rp 1.000 hingga 3.500. Namun, pastikan kamu memiliki kartu e-money sendiri sebelum naik ke halte karena tidak ada loket tiket yang tersedia.

Aplikasi Taksi Online

Online Taxi Jakarta
Gojek

Aplikasi ride-sharing mungkin merupakan transportasi umum yang paling trending di Jakarta. Mereka tidak hanya membawa kamu ke tujuan yang tepat, tetapi sebagian besar, mereka datang dengan diskon dan promosi yang membuat perjalanan kamu jauh lebih nyaman. Saat ini terdapat dua perusahaan ride-sharing di Jakarta; Go-Jek dan Grab. Platform ini sangat populer untuk komuter lokal dan ekspatriat di Jakarta.

Kedua platform tersebut menawarkan layanan mobil maupun sepeda motor. Mereka juga menawarkan kisaran harga yang berbeda untuk setiap kendaraan. Harganya sangat bergantung pada jam dan jarak perjalanan kamu, tetapi kamu dapat memeriksanya terlebih dahulu dari aplikasi. Pastikan kamu menyegarkan aplikasi untuk mendapatkan harga terbaru. Jika kamu bepergian dengan sepeda motor, pengemudi akan menawarkan prosedur standar dengan helm dan pelindung rambut untuk keamanan dan kenyamanan.

Jadi, itulah panduan menggunakan transportasi umum di Jakarta. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang moda transportasi umum di Jakarta, klik di sini

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *