Panduan untuk Berkemah di Bogor

Panduan untuk Berkemah di Bogor

Bogor dikenal dengan banyak tempat wisata alam, udara segar, dan dataran tinggi. Tempat-tempat terkenal, seperti Sentul dan Puncak telah menjadi sumber hiburan masyarakat Jakarta untuk mengambil cuti atau liburan singkat. Mereka menikmati pemandangan yang indah, wisata alam, dan bisa melakukan banyak aktivitas! Mulai dari jelajah kuliner, safari, hingga berkemah!

Bogor dikenal sebagai tempat terdekat yang memiliki kawasan berkemah yang indah dengan salah satunya berada di Taman Nasional. Bogor memiliki dua Taman Nasional terkenal yang terletak di dekat pegunungan, yaitu Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Taman Nasional Gunung Salak Endah. Dua tersebut belum termasuk pegunungan dan wisata alam lainnya yang tak kalah indah seperti Gunung Bunder. Tentu saja, kawasan ini sangat cocok untuk jiwa petualang kamu untuk pergi berkemah. Jadi, berikut adalah panduan cara berkemah di Bogor!

Mencari Informasi

Sebelum tinggal di suatu tempat, langkah terpenting adalah mengetahui apa yang kamu inginkan dan apakah itu tersedia. Ini termasuk jenis camping ground yang ada di Bogor , pro kontra antar camping ground, dan penyesuaian harga dengan budget kamu. Lebih baik juga untuk memeriksa lingkungan sekitar tempat berkemah karena beberapa tempat berkemah hanya di dalam hutan, beberapa memiliki pemandangan kota yang indah, dan yang lainnya berada di dekat air terjun.

Jika kamu akan berkemah sendirian, tetapi ingin bergabung dengan rombongan, beberapa camping ground di Bogor juga menyediakan perkemahan bersama! Tapi kalau mau jalan-jalan bersama teman dan keluarga, lebih baik cari tempat yang bisa membahagiakan semua orang. Jika malas melakukan camping trip klasik, maka tempat berkemah di bogor memang menyediakan tenda dan perlengkapan siap pakai untuk kamu. Biasanya, mereka juga memiliki toilet yang dibangun untuk kamu kunjungi. Selain itu, jika kamu mencari perjalanan berkemah yang serius, cari tahu apakah mereka memiliki pemandu berkemah untuk memastikan keselamatan kamu.

Baca Juga: Tempat Berkemah Alami Terbaik di Bogor

Merencanakan Penginapan

Jika kamu telah melakukan riset dan telah mengambil keputusan untuk tempat tersebut, maka inilah saatnya untuk merencanakan sisanya! Langkah ini termasuk merencanakan transportasi kamu ke tempat berkemah, berapa malam kamu akan menginap, dan hal-hal serta aktivitas yang harus dilakukan saat berkemah. Untuk transportasi, kamu bisa menyewa mobil dari kota kamu atau hanya membawa kendaraan sendiri.

Karena kamu sudah memilih tempat, maka merencanakan kegiatan akan menjadi mudah. Kamu bisa datang dengan kegiatan yang berkaitan dengan daerah sekitar, kamu bisa merencanakan untuk berenang di air terjun di pagi hari, mengadakan api unggun sambil melihat-lihat di bintang, atau bahkan melakukan aktivitas outbond. Semua aktivitas yang ingin kamu lakukan akan membantu kamu mengetahui berapa malam kamu ingin berkemah.

Membuat Reservasi

Setelah kamu merencanakan semuanya, termasuk tanggal berkemah, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah menelepon untuk reservasi. Pastikan kamu memberi tahu mereka semua yang kamu butuhkan dan ingin pergi berkemah, serta tempat berkemah, pemandu, dan fasilitas. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk menanyakan apa pun yang mengganggu pikiran kamu tentang tempat berkemah, misalnya bagaimana keamanannya terjamin dan fasilitas lain apa yang ditawarkan oleh manajemen. Setelah kamu yakin dan manajemen sudah memahami permintaan, barulah kamu bisa menyepakati tanggal berkemah.

Mempersiapkan Barang-barang

Ini mungkin langkah paling penting yang harus kamu pertimbangkan. Tentu saja, saat bermalam apalagi di alam terbuka, kamu akan membutuhkan banyak barang untuk dibawa. Satu-satunya hal yang tidak ingin kamu pertimbangkan untuk dibawa adalah barang-barang elektronik, seperti ponsel atau kamera karena mudah tersesat, rusak, basah, atau bahkan terinjak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu akan melakukan perjalanan berkemah yang lebih serius dan pastikan untuk membawa barang-barang ini dalam satu tas besar:

  • Sleeping bag 
  • Tenda dan perlengkapannya
  • Sebuah pisau multifungsi, beberapa tali, obor, dan lampu darurat
  • Kantong plastik kering agar pakaian tidak basah saat hujan
  • Bedding roll dan bantal kecil
  • Pakaian dan celana dalam yang cukup
  • Produk saniter 
  • Obat-obatan
  • Sepatu slip-on dan sepatu tertutup
  • Tas (berisi piring, mangkuk, cangkir, pisau, garpu, dan sendok) 
  • Botol air untuk isi ulang
  • Jas hujan 
  • Kompor portabel dan peralatan memasak

Jika kamu akan melakukan perjalanan berkemah sederhana dan peralatan kemah sudah dibuatkan untuk kamu, maka yang harus kamu bawa hanyalah pakaian yang cukup, sleeping bag, dan produk kebersihan, beserta obor. Kamu juga bisa membawa kamera! Biasanya mereka memiliki sedikit kedai makanan untuk kamu nikmati sehingga kamu tidak perlu membawa kompor portabel juga! Selain daftar barang yang akan dibawa, kamu juga bisa membawa barang lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Tips untuk kamu, buatlah daftar barang bawaan yang akan dibawa agar kamu tidak lupa atau membawa terlalu banyak.

Bersenang-senanglah!

This image has an empty alt attribute; its file name is 52d7fec1d2bf3c6689316b98ceefe962-1.jpg
Bersenang-senanglah!

Yang perlu dilakukan hanyalah bersenang-senang! Pastikan untuk melakukan aktivitas berkesan sebanyak mungkin dan ambil banyak foto, namun jangan sampai hal itu membuat kamu tidak menikmati waktu bersenang-senang di alam! Manfaatkan waktu kamu sebaik-baiknya saat berkemah bersama teman dan keluarga!

Jadi begitulah panduan untuk berkemah di Bogor. Jangan khawatir, tempat berkemah di Bogor biasanya dilayani dengan baik oleh pengelola di sana. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin berkemah di Bogor. Jangan lupa untuk memeriksa panduan lain di blog kami!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Working in Co-Working Space: Pros and Cons

Working in Co-Working Space: Pros and Cons

Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat Bandara Halim Perdanakusuma

Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat Bandara Halim Perdanakusuma

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Coworking Spaces in Gading Serpong

Coworking Spaces in Gading Serpong

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *