Macam-macam Pengharum Ruangan hingga DIY, Cocok agar Produktif saat WFH!

Macam-macam Pengharum Ruangan hingga DIY, Cocok agar Produktif saat WFH!

Pengharum ruangan selama ini dikenal sebagai alat yang mampu menyamarkan atau menghilangkan aroma tidak sedap pada suatu ruangan. Namun tahukah kamu kalau pengharum ruangan juga dapat membantu kamu untuk tingkatkan produktivitas Work from Home atau WFH?

Meskipun telah menjadi adaptasi baru bagi para pekerja yang melaksanakan kegiatan bekerja dari rumah, nyatanya situasi dan kondisi selama WFH tentu berbeda dengan saat bekerja di kantor. Karena sudah terlalu lama, beberapa di antara kalian mungkin sudah merasa bosan dan mengalami penurunan produktivitas. Inilah saatnya untuk kamu upgrade ‘pojok kerja’ kamu untuk menciptakan suasana baru dan meningkatkan semangat bekerja kamu. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk memberi sentuhan baru adalah dengan menambahkan pengharum ruangan.

Manfaat Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan memiliki berbagai manfaat lainnya sehingga layak menjadi salah satu benda wajib di pojok kerja kamu. Ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kamu dalam menjalani kegiatan WFH sehari-hari, diantaranya adalah memperbaiki suasana hati dan meningkatkan konsentrasi kamu. Manfaat kedua adalah dapat membantu kamu untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan dan mulai semangat untuk menyelesaikan pekerjaan kamu.

Macam-macam Pengharum Ruangan

Terdapat berbagai macam pilihan jenis pengharum ruangan. Kamu dapat memilih yang paling cocok untuk diletakkan di ruangan tempat kamu bekerja dari rumah guna meningkatkan produktivitas dan semangat bekerja kamu. Berikut beberapa jenis dan kelebihannya:

Pengharum Ruangan Diffuser

pengharum ruangan jenis diffuser
Source: pamperstory.com

Jenis yang pertama adalah pengharum ruangan diffuser, cara kerja diffuser adalah mengubah cairan minyak aroma esensial menjadi butiran kecil untuk dibaurkan ke seluruh ruangan. Penggunaan diffuser cukup mudah, yaitu dengan mencelupkan reeds (stick) ke dalam wadah yang berisikan minyak aroma esensial, dan biarkan alat itu bekerja hingga menghasilkan aroma yang menenangkan. Diffuser dapat digunakan hingga 4 jam, cocok untuk menemani kamu bekerja selama work from home.

Selain sebagai pengharum yang mampu memperbaiki suasana hati, meningkatkan konsentrasi serta mendukung produktivitas WFH kamu, diffuser juga memiliki manfaat lain, diantaranya: memperlancar pernapasan, mencegah penyakit dan membantu melawan sulit tidur. Selain itu, diffuser juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan lilin aroma terapi.

Pengharum Ruangan Spray

pengharum ruangan jenis spray
Pengharum Ruangan Spray

Selanjutnya adalah tipe spray yang memiliki efek instan. Cara penggunaan pengharum ruangan spray cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan ke udara. Tidak memerlukan waktu lama, aroma dari tipe spray ini akan langsung menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Untuk meningkatkan produktivitas WFH kamu, pengharum ini sangat mudah digunakan ketika kamu mulai merasa suntuk dan ingin segera menghirup aroma relaksasi.

Kelebihan lain dari jenis ini adalah cocok digunakan untuk menyambut kedatangan tamu yang mendadak dan mempersiapkan kamar tidur atau ruang tamu agar lebih nyaman. Perlu kamu ketahui, aroma yang dihasilkan oleh pengharum spray cenderung cepat hilang, jadi kamu perlu menyemprotkannya lagi saat aromanya mulai pudar.

Pengharum Ruangan Elektrik atau Gantung

pengharum ruangan jenis elektrik
Pengharum Ruangan Elektrik atau Gantung

Terakhir, ada pengharum ruangan gantung. Jenis ini biasanya memerlukan baterai. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan memasangkan baterai di dalam cangkang pengharum ruangannya, kemudian tempelkan di dinding, dan aroma akan secara otomatis dikeluarkan oleh alat tersebut. Karena sifatnya yang otomatis dan menyemprotkan aroma secara terus-menerus, tipe ini sangat cocok diletakkan di ruangan, dan kamu hanya tinggal menikmati aromanya saja sembari menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga tentang Tanaman Terbaik untuk Dekorasi Rumah

DIY Pengharum Ruangan dengan Bahan Natural dan Sederhana

Selain yang sudah tersedia di pasaran, kamu juga bisa mencoba membuat pengharum ruangan sendiri dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat. Dengan membuatnya kamu sendiri, sensasi yang kamu rasakan dari aromanya pasti bisa bikin kamu makin semangat lagi, dan semakin meningkatkan produktivitas kamu selama bekerja dari rumah. Berikut beberapa bahan sederhana dan dengan cara mudahnya!

Daun Kemangi

daun kemangi
Source: cnnindonesia.com

Kamu pasti sudah familiar banget sama daun kemangi. Sayuran yang biasanya dijadikan lalapan ini, ternyata juga bisa kamu gunakan untuk membuatnya. Caranya gampang banget. Simak penjelasan berikut, ya!

1. Didihkan air ½ cangkir dalam panci kecil, masukkan kemangi kering kemudian diamkan selama beberapa menit.

2. Masukkan campuran air dan kemangi ke dalam botol semprot. Gunakan corong dan penyaring untuk memudahkan proses.

3. Tambahkan air matang, alkohol dan minyak esensial. Kocok hingga merata, lalu semprotkan!

Baking Soda

baking soda untuk DIY pengharum ruangan
Source: healthline.com

Baking soda dikenal sebagai bahan dalam membuat kue, namun ternyata baking soda juga memiliki manfaat lain yaitu berguna untuk membuat pengharum ruangan. Selain itu, membuatnya dengan baking soda juga mudah banget. Kamu cukup tuangkan baking soda ke dalam wadah mangkuk kaca atau toples kaca, tambahkan beberapa tetes essential oil sesuai seleramu, kemudian tutup wadah menggunakan kain atau tutup stoples yang sudah dilubangi. Setelahnya, kamu bisa langsung menikmati sensasi harum ruangan yang menenangkan.

Daun Pandan

daun pandan untuk DIY pengharum ruangan
Daun Pandan

Daun pandan sudah terkenal akan keharumannya, dan biasa digunakan untuk menambah aroma sedap untuk suatu masakan. Ternyata, daun pandan juga menjadi salah satu bahan sederhana yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat pengharum ruangan. Pembuatannya menggunakan daun pandan juga sangat mudah. Kamu cukup melakukan langkah-langkah berikut: masukkan irisan daun pandan ke wadah yang terbuka, kamu bisa menggunakan mangkuk atau kantung yang berongga. Kemudian letakkan wadah berisi irisan daun pandan tersebut di atas lemari, rak atau sudut ruangan. Hanya dengan langkah sederhana seperti demikian, kamu bisa mendapatkan aroma harum daun pandan yang menenangkan dan dapat bertahan hingga satu minggu.

Kulit Jeruk

kulit jeruk untuk DIY pengharum ruangan
Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata bukan sekadar sampah makanan, melainkan bisa kamu manfaatkan sebagai pengharum. Kamu bisa membuatnya menggunakan kulit jeruk dengan langkah yang mudah. Pertama, potong jeruk menjadi dua bagian dengan pisau, perlu diingat kamu harus hati-hati agar kulit jeruk tidak rusak Kemudian, ambil jeruk menggunakan tangan atau sendok, pastikan lapisan putih di kulit jeruk tidak ikut terangkat. Tuangkan minyak secukupnya bisa minyak zaitun atau minyak sayur. Terakhir, kamu tinggal membakarnya dengan korek api atau pemantik.

Itulah pembahasan mengenai pengharum ruangan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, hingga bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas kamu selama WFH. Serta cara mudah membuat pengharum ruangan ala kamu sendiri. Selamat mencoba!

Baca juga tentang 8 Tips Dekorasi Kamar Aestetik, Harga Terjangkau

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *