Perbedaan Ketoprak, Pecel, dan Ragamnya

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak masakan dengan sekitar 5.350 resep tradisional. Masakan Indonesia seringkali menunjukkan rasa yang kompleks dari beberapa bahan dan campuran bumbu. Biasanya masakan Indonesia kaya akan rasa. Berbicara tentang kuliner lokal, negara ini memiliki semacam salad yang patut kamu coba. Salad adalah semangkuk sayur dan buah-buahan yang disajikan sebagai appetizer, main course, dessert, dan side salad. Selain menyehatkan karena terdiri dari aneka buah dan sayur, jenis salad ini memang enak dan mudah ditemukan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam salad, salah satunya mengandung bumbu kacang. Artikel ini akan memberi kamu perbedaan antara 5 jenis makanan sayur dengan saus kacang khas Indonesia!

Gado-gado

gado-gado
Gado-gado

Gado-gado adalah makanan bumbu kacang dan salah satu hidangan populer di Indonesia. Umumnya, gado-gado dibuat dengan tempe, telur rebus, sayur mayur, lontong, dan kentang rebus. Menariknya, kata gado berarti makan sesuatu tanpa nasi. Gado-gado bisa diartikan campur karena ada beberapa sayuran dan bahan lain yang dicampur dengan bumbu kacang. Yang membuat gado-gado gurih adalah bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah goreng, air jeruk nipis, air asam jawa, terasi, cabai, garam, dan gula kelapa. gado-gado memang mudah ditemukan di Indonesia, tetapi biasanya setiap daerah memiliki variasi masing-masing. Misalnya, orang Jawa punya gado-gado bumbu kacang yang mirip, yaitu pecel. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagai sajian terkenal gado-gado bisa kamu temukan di mana-mana, mulai dari warung makan hingga hotel. Umumnya, gado-gado bisa dimakan sendiri, tapi akan lebih nikmat dengan kerupuk dan lontong. gado-gado dapat disajikan sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam, tergantung preferensi kamu.

Ketoprak

ketoprak
Ketoprak

Ketoprak adalah sayuran dengan saus kacang terkenal lainnya dari Jakarta dan mirip dengan gado-gado. Tapi, bumbu kacangnya berbeda karena gado-gado mengandung gula merah sebagai pemanis. Menariknya, Singapura sebagai negara tetangga memiliki sajian yang mirip dengan ketoprak, yaitu sate bee hoon. Ketoprak meliputi tahu, sayur mayur, bihun, lontong atau ketupat, serta tauge. Untuk mempermanis, terkadang penjual menggunakan kecap. Seperti yang diklaim oleh tradisi Betawi yang populer, nama hidangan ini berasal dari bahannya, ket untuk ketupat, tahu dan tauge, serta digeprek yang artinya dihaluskan. Ketoprak bisa ditemukan di mana-mana karena hidangan ini tersebar di seluruh Jawa, tetapi biasanya ketoprak tersedia di jajanan kaki lima dan beberapa restoran. Umumnya, para penjual membuat bahan jadi di rumah dan kemudian mencampurkannya di depan pelanggan. Agar lebih enak, biasanya orang memakannya dengan kerupuk.

Karedok

karedok
Karedok

Karedok adalah bagian dari hidangan sayur Indonesia yang terkenal. Hidangan ini berasal dari Jawa Barat dan dikaitkan dengan etnis Sunda. Hidangan ini menggunakan sayuran sehat, seperti timun, tauge, kol, terong, dan masih banyak lagi. Karedok mirip dengan gado-gado, namun yang membedakan adalah sayuran karedok disajikan mentah, sedangkan gado-gado disajikan dengan sayuran yang direbus. Karedok disebut juga lotek atah karena menggunakan lalapan. Umumnya, bumbu masakan ini mengandung cabai merah, gula aren, terasi, kacang tanah goreng, dan bahan lainnya. Karedok bisa ditemukan di mana-mana, khususnya di warung makan dan restoran. Saus kacang yang dituangkan di atas lalap sayur sebelum disajikan adalah hal yang membedakan karedok dengan rujak sayur sederhana. Biasanya karedok disajikan dengan kerupuk goreng atau emping agar lebih nikmat. Kamu bisa makan karedok dengan lontong atau nasi.

Lotek

This image has an empty alt attribute; its file name is 966px-Lotek_Indonesian_food.jpg
Lotek

Lotek adalah salad Indonesia lainnya yang berasal dari Jawa Barat. Mirip dengan gado-gado, yaitu sayuran yang direbus dengan bumbu kacang. Biasanya, jenis sayuran sehat yang digunakan untuk lotek adalah bayam, kol, kacang panjang, tauge, dan labu siam. Lotek juga mengandung tempe, lengkuas, dan terasi, sehingga berbeda dengan salad bumbu kacang lainnya. Umumnya, orang makan lotek dengan nasi atau lontong, tetapi ini balik lagi sesuai selera. Agar lebih enak, lotek bisa ditambahkan dengan kerupuk atau bawang goreng!

Pecel

This image has an empty alt attribute; its file name is 1024px-Pecel_Hariadhi.jpeg
Pecel

Pecel mengacu pada saus rujak kacang dari Jawa. Pecel adalah salah satu salad Indonesia favorit semua orang, dan terkenal di beberapa daerah, seperti Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Pecel terdiri dari beberapa sayuran sehat, seperti kacang panjang, daun singkong, daun kemangi, timun, dan tauge. Bumbu kacangnya merupakan perpaduan manis dan pedas, terdiri dari gula merah, lengkuas, cabai, dan masih banyak lagi. Hidangan ini memiliki banyak variasi, seperti Pecel Lele, Pecel Pakis, Pecel Kerang, Pecel Tumpang, dan masih banyak lagi. Namun, Pecel Madiun adalah variasi pecel yang terkenal. Beberapa daerah juga memiliki pecelnya sendiri, misalnya Pical Sikai dari Minangkabau. Pecel juga bisa disajikan dengan nasi. Sebagai sajian terkenal, pecel bisa kamu temukan dengan mudah di warung makan, restoran, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 salad Indonesia yang mengandung bumbu kacang. Sekarang kamu dapat menikmati variasi salad yang berbeda. Silahkan menikmati makanannya! Jangan lupa untuk membaca rekomendasi lainnya di blog kami, ya!

Lihat juga beberapa pilihan coliving terbaik di Jakarta di sini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *