Perbedaan Kos dan Kontrakan

Perbedaan Kos dan Kontrakan

Jika kamu pindah ke Jakarta, kamu harus siap secara finansial, mental dan pengetahuan agar dapat bertahan di kota metropolitan ini. Salah satu hal terpenting adalah menemukan tempat tinggal sementara dan hal ini bisa menjadi agak sulit. Namun sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak pilihan tempat tinggal. Kamu bisa menyewa kos, menyewa apartemen, atau menyewa kontrakan. Jika kamu hanya tinggal sementara di Jakarta, tentunya membeli rumah tidak termasuk dalam pilihan.

Sebelum memberikan penjelasan tentang kos dan kontrakan, kita perlu menjelaskan apa sebenarnya arti kontrakan dan kos. Kos adalah sebuah kamar dalam sebuah rumah dan kamar tersebut disewakan selama berbulan-bulan atau setahun, tergantung ketentuan pemiliknya. Kontrakan adalah rumah yang kamu sewa selama sebulan atau setahun dan tergantung pemiliknya juga. Mana yang lebih baik, kos atau kontrakan? Nah, itu tergantung kebutuhan dan preferensi kamu. Apakah kamu akan tinggal sendiri atau bersama teman, apakah lokasinya dekat dengan tempat kerja, atau apakah kamu adalah seseorang yang membutuhkan privasi. Semua hal ini perlu diperhatikan untuk memutuskan apakah akan memilih kontrakan atau kos. Artikel ini akan membahas tentang perbedaan tinggal di kos dan kontrakan, sehingga kamu dapat mempertimbangkan yang terbaik untuk kamu.

Kos

This image has an empty alt attribute; its file name is cb60a4773e4fab7fa8ecb676b5c79faa-1.jpg
kos

Jika kamu masih single, menyewa kos adalah pilihan terbaik sebagai tempat tinggal. Jika kamu tinggal sendiri, kamu tidak punya banyak ruang untuk barang-barang kamu. Salah satu keuntungan tinggal di tempat kecil adalah lebih mudah untuk membersihkannya. Selain itu, banyak kos yang menyediakan tempat tinggal untuk berdua sehingga bisa bawa teman sekamar. Jadi, kalau bisa cari teman sekamar, kamu bisa tinggal bersama dan pengeluaran untuk kos bisa dikurangi. Saat kamu menyewa kos, kamu tinggal di gedung dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang sehingga kamu dapat menjalin pertemanan dengan cepat. Terutama saat kamu baru di kota, kamu membutuhkan seseorang untuk membantu kamu beradaptasi di lingkungan baru. Namun, jika kamu memutuskan untuk tinggal sendiri karena suatu alasan, salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah privasi karena kamar tersebut hanya milik kamu.

Dalam memilih tempat tinggal, kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti harga, lokasi, transportasi, dan fasilitas. Sebaiknya kos kamu di dekat kantor agar tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk akomodasi. Kebanyakan kos sudah menyediakan furnitur, namun perlu diperjelas fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan agar tidak terjadi miskomunikasi di kemudian hari. Tentunya semakin banyak fasilitas yang diberikan, maka semakin tinggi pula biaya yang harus kamu keluarkan. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, alangkah baiknya kamu tinggal di kos yang berdekatan dengan transportasi umum, seperti Transjakarta atau Commuter Line sehingga kamu dapat bepergian dengan mudah. Untuk pengeluaran sendiri, itu semua tergantung lokasi, lingkungan, dan fasilitas yang kamu inginkan.

Biasanya, jika lokasi kos strategis dekat dengan pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, kampus, dan transportasi umum, maka harganya akan lebih mahal. Menyewa kos bisa sebulan, beberapa bulan, atau bahkan bertahun-tahun tergantung pemiliknya. Jika kamu tidak yakin akan tinggal di sana selama bertahun-tahun, kamu dapat menyewa sebulan, tetapi biasanya harga sewa tahunan jauh lebih murah. Apabila kamu yakin akan nyaman tinggal di sana, kamu dapat langsung membayar selama setahun untuk menghemat lebih banyak uang.

Baca lebih banyak mengenai kos, klik disini!

Kontrakan

kontrakan
Kontrakan

Menyewa kontrakan adalah pilihan terbaik jika kamu tinggal bersama pasangan atau memiliki anak. Namun, kontrakan tidak hanya cocok untuk keluarga. Jika kamu memiliki beberapa teman yang bisa diajak tinggal bersama dalam satu rumah, menyewa sebuah kontrakan tentunya akan menguntungkan karena harganya akan lebih murah. Biasanya kontrakan tidak menyediakan furnitur sehingga kamu harus membawa sendiri dan tentunya akan mengeluarkan uang lebih banyak. Tentunya fasilitas yang diberikan untuk kontrakan akan berbeda dengan kos karena kontrakan artinya menyewa rumah. Jika kamu menjunjung tinggi privasi, maka menyewa kontrakan akan lebih baik karena kamu tidak harus berbagi fasilitas dengan penghuni lain. Sama seperti kos, kamu bisa menyewa kontrakan dalam sebulan, beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun tergantung kesepakatan dengan pemiliknya.

Jika ingin menyewa kontrakan, harganya bervariasi tergantung lokasi, fasilitas, dan lingkungan sekitar. Berada di tempat yang dekat dengan gedung perkantoran sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu membuang waktu dalam perjalanan. Memang harga kontrakan di lokasi yang strategis seperti dekat kantor akan lebih mahal, namun jika kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan, maka kamu bisa mempertimbangkannya. Selain itu, mencari kontrakan di lingkungan yang baik itu penting karena lingkungan itu sendiri dapat mempengaruhi kehidupan kamu. Sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah kontrakan, kamu harus memahami kesepakatan dengan pemiliknya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Setelah membaca artikel ini, kami berharap kamu dapat memutuskan apakah kos atau kontrakan yang dapat dijadikan sebagai tempat tinggal kamu. Satu hal yang mutlak tidak bisa diabaikan sebelum pindah ke tempat baru adalah furnitur. Bawalah furnitur secukupnya agar kamu tidak repot memindahkan furnitur dari hunian lama ke hunian baru. Semoga berhasil menemukan tempat baru kamu dan pastinya lebih baik mempertimbangkan dan merencanakan semuanya sebelum pindah ke Jakarta. Jangan lupa untuk melihat rekomendasi lainnya di blog kami!

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *