Pilihan Transportasi Umum di Jakarta

Pilihan Transportasi Umum di Jakarta

Jakarta menempati urutan ke-10 untuk lalu lintas terparah di dunia tahun lalu. Tidak sulit untuk mengetahui alasannya karena Jakarta terkenal sebagai salah satu ibukota terbesar di dunia dengan populasi lebih dari sepuluh juta,. Dengan tambahan satu juta orang yang datang dari pinggiran kota, bepergian pada saat yang sama mengakibatkan kemacetan lalu lintas setiap hari.

Baca juga: Traffic in Jakarta 101

Untungnya, ada sedikit perbaikan lalu lintas akibat perkembangan angkutan umum di Jakarta. Kini dengan kemudahan sistem transportasi umum massal terintegrasi yang diterapkan di Jakarta, masyarakat semakin tidak khawatir dan lebih percaya diri dalam menggunakannya. Jadi, kamu bisa untuk menggunakan transportasi umum Jakarta sebagai moda perjalanan pilihanmu. Berikut kami telah membuat daftar angkutan umum yang dapat kamu gunakan untuk berkeliling Jakarta:

Transjakarta  (BRT)

transjakarta.co.id

TransJakarta adalah sistem Bus Rapid Transit (BRT), yang pertama di Asia Tenggara. Dibuka untuk umum pada tahun 2004, menyediakan pilihan transportasi massal yang murah untuk masyarakat, terutama di sekitar kawasan bisnis Jakarta. Ini adalah moda transportasi umum utama bagi warga Jakarta dengan 260 halte bus di seluruh kota. TransJakarta beroperasi pada 13 rute tetap dan memiliki sekitar 3900 bus yang beroperasi setiap hari untuk melayani mobilitas tinggi warga Jakarta. Pasca integrasi transportasi massal di Jakarta, TransJakarta memiliki beberapa rute yang terkoneksi dengan stasiun MRT dan LRT. Oleh karena itu, ia menjangkau lebih banyak wilayah dan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Namun, pada jam-jam sibuk, bus-bus tersebut seringkali penuh sesak. Karena itu, kami menyarankanmu untuk menggunakan moda transportasi lain pada saat itu.

Baca juga: Should You Get A Car In Jakarta?

Perlu diketahui, sejak 2015 TransJakarta hanya menggunakan kartu prabayar, bukan tunai atau uang kertas. Kartu prabayar tersebut adalah kartu yang diterbitkan bank dari BRI (Brizzi), BCA (Flazz), BNI (TapCash), Mandiri (e-money), Bank DKI (JakCard), dan Bank Mega (MegaCash). Kamu bisa mendapatkannya di halte bus TransJakarta atau di Bank yang menerbitkannya. Jika kamu memilih untuk mendapatkannya dari halte bus, harganya sekitar Rp40.000 sudah termasuk pulsa Rp20.000.

Harga: 05.00 – 07.00 (Rp2.000), 07.00 – 05.00 (Rp3.500) (Harga rata-rata)

Website Resmi : www.jakartamrt.co.id 

Peta Rute: www.transjakarta.co.id/peta-rute/ 

Jam Operasional : 24 Jam

Metro MRT (Mass Rapid Transit)

jakartamrt.co.id

Dibuka untuk umum pada Maret 2019, sistem Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) dibangun dengan harapan dapat membantu mengurangi kemacetan di Jakarta. Sayangnya, karena ini masih sistem yang baru, belum banyak pemberhentian. MRT Jakarta masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut dan untuk saat ini hanya memiliki satu jalur yaitu. Jalur Timur Laut dengan 13 pemberhentian dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Stasiun transit berpusat di sekitar pusat bisnis Jakarta untuk melayani pekerja komuter dalam jumlah besar. Jenis transportasi umum lain di Jakarta, bisa jadi penuh sesak selama jam makan siang dan di malam hari, setelah jam kerja.

MRT juga menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan dari bank. Tapi, juga menggunakan Jelajah, sebuah kartu pembayaran yang dikeluarkan MRT Jakarta sendiri yang dijual di mesin tiket dan loket di stasiun. Tarif MRT sedikit lebih tinggi dari harga rata-rata angkutan umum di Jakarta, tetapi dengan waktu tempuh yang lebih sedikit dan kesempatan untuk menghindari kemacetan, ada baiknya untuk mengeluarkan lebih banyak uang.

Harga: Mulai dari Rp 3.000/perjalanan (Harga tergantung jarak)

Website Resmi:  https://lrtjakarta.co.id/  

Peta Rute: https://www.jakartamrt.co.id/peta-jalur-mrt/

Jam Operasional: Senin – Minggu (05.00 – 24.00)

 LRT (Light Rail Transit)

LRT Jakarta

Selesai pada akhir tahun 2019, Jakarta Light Rail System (LRT) menjadi angkutan umum terbaru di Jakarta. Saat ini pihaknya memiliki 16 gerbong yang beroperasi di satu jalur antara Velodrome dan Kelapa Gading dengan hanya enam stasiun: Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua. Karena jaraknya yang dekat, maka hanya dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3 menit antar tiap stasiun. Keenam stasiun transit tersebut terintegrasi dengan stasiun BRT di mana kamu bisa terhubung ke wilayah lain dengan menggunakan bus TransJakarta. Serupa dengan angkutan umum lain yang kami sebutkan di atas, ia menerima pembayaran dalam bentuk kartu prabayar yang diterbitkan oleh bank atau Single Trip Card (STJ) yang tersedia di Mesin Penjual Tiket (TVM) yang harganya Rp20.000 dengan sejumlah Rp5.000 kredit disertakan.

Harga: Rp5.000/perjalanan (rata-rata)

Website Resmi : https://lrtjakarta.co.id/ 

Peta Rute: https://www.lrtjakarta.co.id/rute.html

Jam Operasional: Senin – Minggu (05.30 -23.00)

KRL Commuter Line

krl.co.id

Jalur komuter Perusahaan Kereta Api Indonesia atau PT. KAI melayani penumpang dari Jabodetabek yang meliputi Jakarta dan kota-kota satelitnya. KRL Commuter Line mungkin merupakan angkutan umum terpadat di Jabodetabek dengan lebih dari satu juta penumpang per hari. Dibangun pada tahun 2008, jalur komuter memiliki jangkauan terluas dibandingkan moda transportasi umum lainnya di Jakarta, mencapai Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang Selatan di pinggiran wilayah Jakarta. Sekarang memiliki 90 kereta dalam pelayanan untuk menopang kebutuhan akan transportasi umum yang murah dan mudah diakses. Sebelum naik KRL Commuter Line, kamu harus mengunduh KRL Access di Play Store, yaitu aplikasi yang menampilkan informasi mengenai jadwal stasiun atau rute tertentu. Dengan begitu kamu bisa memprediksi kapan kamu harus tiba di stasiun dan tidak pernah terlambat lagi.

Mirip dengan transportasi umum sebelumnya, ia menerima kartu prabayar yang diterbitkan oleh bank atau e-tiket yang diterbitkan oleh PT. KAI. Ada dua jenis e-tiket: KMT atau “Kartu Multi Trip” (Multi Trip Card) dan THB atau “Tiket Harian Berjamin” (Single Trip Card), keduanya bisa kamu dapatkan di loket atau TVM. Jika kamu berencana untuk menggunakan jalur komuter secara teratur, kami menyarankan untuk membeli Kartu Multi Trip.

Harga: Mulai dari Rp3.000/perjalanan (Harga tergantung jarak)

Website Resmi: http://www.krl.co.id/ 

Peta rute: http://www.krl.co.id/peta-rute-loopline/ 

Jam Operasional: 24 jam

(Jadwal berbeda setiap rute)Siap menjelajahi kota? Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak tips tentang perjalanan di Jakarta, cukup klik di sini!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

4 Alasan Untuk Sewa Apartemen Menteng 3 Rekomendasi Apartemen

4 Alasan Untuk Sewa Apartemen Menteng 3 Rekomendasi Apartemen

5 Rekomendasi Sewa Apartemen Sudirman Dan Tempat Yang Bisa Dikunjungi

5 Rekomendasi Sewa Apartemen Sudirman Dan Tempat Yang Bisa Dikunjungi

4 Keuntungan Sewa Apartemen Cilandak dan 3 Rekomendasi Apartemen

4 Keuntungan Sewa Apartemen Cilandak dan 3 Rekomendasi Apartemen

5 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Selatan Dekat Stasiun MRT

5 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Selatan Dekat Stasiun MRT

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *