Produk Fashion dan Kecantikan Ramah Lingkungan dari Indonesia

Produk Fashion dan Kecantikan Ramah Lingkungan dari Indonesia

Kesadaran untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan saat ini semakin meningkat. Penerapan konsep ramah lingkungan tidak hanya harus diterapkan pada makanan, tetapi juga berbagai produk lainnya. Jumlah kampanye tentang kehidupan yang lebih berkelanjutan di berbagai platform meningkat. Kepekaan terhadap gaya hidup ramah lingkungan ini juga merembet ke berbagai produk, seperti produk fashion dan perawatan kulit, khususnya di Indonesia. Mulai dari proses produksi hingga pengemasan menjadi perhatian penting beberapa label fashion lokal. Di sini kami akan merekomendasikan 8 produk fashion dan kecantikan dari Indonesia yang ramah lingkungan. Yuk Disimak!

1. Seratus Kapas

Source: Instagram Seratus Kapas

Dari namanya saja kita tahu kalau bahan dasar yang digunakan pada merek ini berasal dari kapas. Seratus Kapas mengartikan dirinya sebagai pendongeng karena di setiap produk ada cerita yang dibagikan dengan pembeli. Seratus Kapas menyediakan berbagai pilihan warna earthy dan warm dengan pakaian bertema earth tone. Nah, bagi kamu yang juga menyukai fashion minimalis, Seratus Kapas menawarkan beragam produk busananya, seperti celana harem, rok midi, cape dress, dan atasan flare. Dengan begitu, semuanya bisa kamu pakai dengan mudah sebagai outfit sehari-hari.

Alamat: –

Nomor Telepon: +62 856 9700 8080

E-mail: info@seratuskapas.com

Website: https://seratuskapas.com/

Media Sosial: @seratuskapas dan @seratuskapas_store di Instagram 

2. Kana Goods

Source: Instagram Kana Goods

Kana Goods merupakan merek lokal yang memiliki ciri khas produk berwarna biru yang berarti kepercayaan, ketulusan, dan ketenangan. Merek lokal yang didirikan oleh Sancaya ini merupakan merek pakaian yang menggunakan pewarna indigo sebagai warna utama untuk menghasilkan produknya. Apalagi motif batik kontemporer bisa kamu temukan pada setiap desain pakaian yang merupakan salah satu motif kain khas Indonesia.

Selain itu, produk Kana Goods hanya dibuat dalam satu ukuran untuk mengurangi limbah kain yang tersisa. Tujuan utama dari merek ini adalah mencapai pelestarian lingkungan jangka panjang.

Website: –

Media sosial: @kanagoods di Instagram 

3. Osem

Source: Instagram Osem

Osem merupakan brand lokal yang mengusung konsep less or zero waste. Artinya bahan dasar yang digunakan Osem merupakan bahan sisa hasil kolaborasi dengan merk lain untuk mendaur ulang kain tersebut. Osem memiliki proses unik dalam setiap proses pembuatan pakaian. Pada awalnya Osem menggunakan pewarna tumbuhan alami yaitu Indigofera Tinctoria untuk menghasilkan warna biru yang natural. Hal inilah yang membuat produk Osem ramah lingkungan. Teknik yang digunakan juga mempromosikan seni melipat, mengikat, dan mewarnai kain.

Alamat: –

Kontak: –

Website: –

Media sosial: @_osem di Instagram

Untuk menemukan artikel tentang bulk store di Jakarta klik di sini

4. SukkhaCitta

produk ramah lingkungan Indonesia: SukkhaCitta
Source: Instagram SukkhaCitta

SukkhaCitta mengambil konsep berbeda dari yang lain dengan menggandeng pengrajin tekstil tradisional yang tidak lagi berdaya. Berawal dari penjelajahan Indonesia dengan pesawat, mobil, dan sepeda motor, pendiri SukkhaCitta ini menyadari bahwa hanya 2% dari semua wanita yang membuat pakaian di seluruh dunia memperoleh penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan paling dasar mereka. Dia juga menemukan bahwa fashion adalah industri paling berpolusi kedua di planet ini.

Berbeda dari yang lain, SukkhaCitta adalah bukti bahwa fashion dapat menyelesaikan beberapa masalah sosial dan lingkungan terdekat di dunia! Tak hanya memproduksi atasan, pengrajin SukkhaCitta juga membuat produk fashion seperti dress, outer, blus, dan dompet. Apalagi kain yang digunakan umumnya terbuat dari katun mentah, linen, atau tencel. Sedangkan motif batiknya digambar menggunakan tangan.

Alamat: –

Nomor Telepon: +62821-4102-1688

E-mail: hello@sukkhacitta.com

Website: https://sukkhacitta.com/

Media sosial: @sukkhacitta di Instagram

5. Mineral Botanica

produk fashion dan kecantikan dari Indonesia yang ramah lingkungan
Source: Instagram Mineral Botanica

‘Mica’ atau Mineral Botanica adalah salah satu merek lokal paling terkenal di kalangan pecinta kecantikan. Selain makeup yang kerap mendapat pujian dari para beauty enthusiast, Mineral Botanica juga memiliki produk skincare. Produk perawatan kulitnya tidak kalah mengagumkan karena ramah lingkungan. Mineral Botanica menggunakan bahan dasar yang sesuai dengan merknya, mereka menggunakan bahan alami pada tumbuhan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan kulitnya.

Alamat: 

  • Jl. Senen Raya No.135, Jakarta, Lantai 1 #04
  • Jl Raya Boulevard Barat, Jakarta, Lantai 1 #G15-G16

Telepon: +62 878-8251-3972 (WhatsApp)

E-mail: –

Website: https://mineralbotanica.com/

Media sosial: @mineralbotanica di Instagram

6. Sejauh Mata Memandang

Produk fashion dan kecantikan ramah lingkungan dari Indonesia:  Sejauh Mata Memandang
Source: Instagram Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang adalah merek lokal yang memproduksi dan memodernisasi kain tradisional Indonesia, khususnya batik. Merek ini resmi didirikan oleh salah satu perancang busana Indonesia, Chitra Subyakto. Dikutip dari beberapa sumber, Chitra mengatakan merek ini terbentuk karena kecintaannya pada kain Indonesia.

Merek ini bekerja sama dengan pengrajin lokal di Indonesia. Semua desain dan corak batik dibuat terinspirasi dari hal-hal kecil yang membuat kita mencintai Indonesia. Dengan desain yang modern, pakaian dan aksesorisnya tidak lekang oleh waktu. Jadi, kamu tidak harus selalu membeli yang baru.

Selain itu, Sejauh Mata Memandang tidak hanya memproduksi pakaian saja. Mereka juga memproduksi dalam bentuk kain, dasi humba, dan pakaian multifungsi!

Alamat: Townhouse Dua at Kemang, Jl Kemang Barat No 6, Unit i, Rt 09 Rw 05 – Jakarta Selatan 12730

Jam Operasional: 09:00 – 17:00 (Senin – Jumat)

Kontak: webstore@sejauh.com

Website: https://sejauh.com/

Media sosial: @sejauh_mata_memandang di Instagram

Baca juga, salon kecantikan di Jakarta, klik di sini

7. Green Mommy Shop

Source: Instagram Green Mommy Shop Jakarta

Green Mommy Shop, biasa dikenal dengan GMS, mereka memproduksi berbagai macam produk rumahan untuk rambut, wajah, perawatan tubuh, dan kerajinan tangan yang ramah lingkungan atau dapat didaur ulang. Alasan diciptakannya produk ini adalah agar masyarakat semakin mencintai dan peduli akan keindahan bumi ini. Yang terpenting, kamu bisa mendaur ulang produk dari GMS ini dengan mudah.

Alamat: –

Telepon: 

  • Untuk memesan produk atau kursus: +62 812-3553-2008 (WhatsApp)
  • Untuk konsultasi: +62 822-3344-8300 (WhatsApp)

Website: https://greenmommyshop.com/

Media sosial: @officialgreenmommyshop di Instagram

8. Klen and Kind

Produk ramah lingkungan Indonesia:  Klen and Kind
Source: Instagram Klen and Kind

Produk Klen and Kind diciptakan oleh sekelompok pegiat kecantikan dan alam yang terinspirasi dari semangat peduli lingkungan sekaligus memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Mereka hanya memilih bahan alami terbaik untuk mempercantik, mengencangkan, dan melembabkan kulit. Produk Klen and Kind, seperti skin care, lip balm, lip tint, dan beberapa essential oil dengan konsep ramah lingkungan. Selain bahannya yang ramah lingkungan, kamu juga bisa melihat dari setiap kemasan produk yang hampir tidak lagi menggunakan plastik.

Website: https://klenandkind.com/

Media sosial: @klenandkind di Instagram

Jadi, itu dia! Beberapa produk fashion dan kecantikan dari Indonesia yang mengusung tema ramah lingkungan dan bisa kamu beli atau sebagai hadiah untuk keluarga atau orang tersayang. Selain itu, jangan lupa untuk melihat artikel lain di blog kami!

Flokq menyediakan co-living di Jakarta, pelajari lebih lanjut tentang co-living di sini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

10 Tempat Nongkrong di Kemang: Buka hingga Larut Malam bahkan 24 jam!

10 Tempat Nongkrong di Kemang: Buka hingga Larut Malam bahkan 24 jam!

9 Tempat Nongkrong di Jakarta Pusat: Tempat Ngopi Sampai Restoran Fancy

9 Tempat Nongkrong di Jakarta Pusat: Tempat Ngopi Sampai Restoran Fancy

Restoran India di Jakarta

Restoran India di Jakarta

5 Lapangan Basket di Jakarta, dari yang Gratis hingga Sewa

5 Lapangan Basket di Jakarta, dari yang Gratis hingga Sewa

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *