Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan yang Wajib Anda Miliki

Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan yang Wajib Anda Miliki

Pemanasan global yang kian memperhatikan kondisinya mempengaruhi terhadap beberapa isu pencemaran lingkungan yang tentunya semakin menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia. Sebagai salah satu upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan, Anda bisa mulai mencoba untuk memilih berbagai jenis produk yang terbuat dari bahan eco-friendly atau ramah lingkungan.

Menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas utama bagi setiap orang. Lingkungan yang tidak dijaga dengan baik tentunya akan memberikan dampak yang buruk bagi manusia. Kondisi lingkungan saat ini sudah semakin memprihatinkan, banyak wilayah yang lingkungannya sudah tercemar dan dari banyak peristiwa yang terjadi dapat dilihat bahwa banyak bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri.

Ada banyak hal yang bisa merusak lingkungan dan salah satunya adalah penggunaan berbagai produk satu kali pakai yang tidak ramah lingkungan. Agar pencemaran lingkungan bisa semakin berkurang maka sebaiknya Anda mengambil langkah untuk mulai menggunakan berbagai jenis produk ramah lingkungan yang rekomendasinya akan dibahas lebih lanjut pada artikel Flokq kali ini.

Baca juga: Produk Fashion dan Kecantikan Ramah Lingkungan dari Indonesia

1. Sedotan reusable

Sedotan Reusable
Sedotan Reusable

Jangan menganggap sepele mengenai sampah sedotan plastik karena meskipun benda ini memiliki ukuran yang tipis dan kecil, akan tetapi lambat laun kemudian jumlah sampah plastik sedotan juga akan turut menyumbang limbah plastik terbesar di dunia.

Oleh karena itu, sejumlah tempat salah satunya seperti kedai minuman yang biasa menyajikan minuman dengan sedotan plastik telah meniadakan penggunaan sedotan plastik tersebut sehingga Anda pun dapat menggantinya dengan menggunakan sedotan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, salah satunya yang terbuat dari besi seperti gambar di atas.

Sedotan reusable sendiri memang ada yang terbuat dari material seperti stainless steel, bambu, ataupun silikon. Anda tak perlu khawatir karena biasanya sedotan yang bisa dipakai berulang kali ini sudah dijual satu paket dengan wadah penyimpanan dan sikat pembersih khusus agar tetap higienis ketika Anda gunakan.

2. Tas belanja ramah lingkungan

Tas Belanja Ramah Lingkungan
Tas Belanja Ramah Lingkungan

Penggunaan plastik sekali pakai sudah semakin tinggi setiap harinya. Padahal, plastik belanja tersebut merupakan sumber pencemaran limbah terbesar bagi tanah dan air. Sebagai tambahan informasi untuk Anda bahwa plastik satu kali pakai tidak akan bisa hancur atau terurai dengan mudah jika dikubur di dalam tanah dan kandungan kimianya akan mencemari tanah dengan cepat.

Namun, Anda sudah tak perlu khawatir, karena kini Anda dapat menggunakan tas belanja dengan berbagai ukuran yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, salah satunya adalah kain, agar Anda bisa memanfaatkannya terus menerus tanpa harus dibuang secara sia-sia atau hanya dapat digunakan satu kali pakai saja. Tas belanja berbahan ramah lingkungan ini tentunya praktis dan efisien untuk Anda gunakan dalam memenuhi keperluan sehari-hari.

3. Tumbler

Tumbler
Tumbler

Ketika Anda meminum kopi pada sebuah kafe atau berbagai jenis minuman lainnya di sebuah restoran, tampaknya bukan hanya sekadar sedotan saja yang dapat menjadi sebuah permasalahan besar yang dapat menimbulkan tertumpuknya sampah plastik melainkan penggunaan gelas satu kali pakai yang kian meningkat setiap harinya.

Hal yang sama terjadi ketika Anda sedang merasa haus setelah melakukan kegiatan yang cukup melelahkan dan membutuhkan air mineral, maka seringkali Anda akan membeli minuman dalam kemasan yang hanya dapat Anda gunakan satu kali pakai saja. Hal seperti ini dapat diatasi dengan membawa air mineral menggunakan produk atau kemasan minuman yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

Kemasan atau botol tumbler ramah lingkungan ini tentunya dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis minuman dan tidak terbatas hanya digunakan untuk menampung air mineral saja. Selain menghemat biaya, kualitas botol tumbler untuk minum ini juga lebih terjamin dan telah memenuhi standar food safe grade. Bahkan, ada juga botol tumbler yang hadir dengan material tahan panas sehingga Anda juga bisa menikmati kopi dan teh hangat.

4. Set alat makan

Set Alat Makan
Set Alat Makan

Alih-alih menggunakan set alat makan yang hanya dapat digunakan sekali pakai saja, lebih baik Anda membawa set alat makan sendiri dari rumah untuk Anda pakai ketika ada kegiatan di luar rumah atau menggunakan alat makan yang bisa di daur ulang apabila sudah tidak terpakai.

Alat makan yang bisa di daur ulang umumnya mempunyai bahan dasar kayu atau bambu yang aman bagi lingkungan dan bisa hancur dengan mudah di dalam tanah. Selain memiliki bahan yang lebih kokoh, bobot set alat makan tersebut juga ringan dan hadir dalam bentuk yang lebih praktis. Biasanya, set alat makan ini dijual lengkap dengan wadah penyimpanan sehingga higienis produk pastinya akan terjamin lebih aman.

5. Menstrual cup

Menstrual Cup
Menstrual Cup

Faktanya, sampah pembalut sekali pakai termasuk ke dalam kategori sampah anorganik yang sulit terurai seutuhnya. Anda mungkin bisa bayangkan dalam setiap bulannya ada berapa banyak pembalut yang digunakan oleh setiap wanita di seluruh dunia.

Untuk membantu mengurangi limbah dari pembalut sekali pakai ini, bagi Anda yang perempuan dapat mencoba menggunakan pembalut yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berkepanjangan, yaitu menstrual cup.

Selain ramah lingkungan, menstrual cup ini terbuat dari bahan yang bebas zat kimia sehingga bisa menjadi solusi bagi wanita yang kulitnya sangat sensitif. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga higienitas dari produk menstrual cup tersebut.

6. Pakaian dengan bahan hasil dari daur ulang

Pakaian Ramah Lingkungan
Pakaian Ramah Lingkungan

Tak sedikit dari Anda yang senang berbelanja pakaian namun seringkali tidak terpakai dan hanya dipajang begitu saja di dalam lemari pakaian Anda. Kondisi tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan karena pakaian yang disimpan begitu saja lama kelamaan akan menjadi rusak dan terbuang sia-sia.

Selain itu, pakaian baru umumnya memiliki kandungan kimia yang tidak baik bagi kulit dan bisa menimbulkan iritasi.
Anda bisa memanfaatkan pakaian yang memiliki bahan kain yang sudah di daur ulang agar tidak terdapat bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda sekaligus hal ini juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian beberapa rekomendasi dari berbagai jenis produk ramah lingkungan yang dapat Anda beli dan gunakan sehari-hari untuk menggantikan seluruh benda satu kali pakai yang mungkin masih Anda gunakan sampai saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat sekaligus Anda pun dapat membantu dengan ikut berkontribusi menggunakan produk yang ramah lingkungan sehingga membuat lingkungan dan tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *