Pusat Jajanan Terbaik di Jakarta

Pusat Jajanan Terbaik di Jakarta

Di Jakarta, pedagang kaki lima biasanya berkumpul di satu tempat, jadi kita bisa menyusuri jalan sambil memilih apa yang ingin kita makan. Kita boleh bilang kalau mencari makan dan menghabiskan waktu di pinggir jalan itu sangat mengasyikkan. Kamu tidak mengenal Jakarta jika kamu belum mencoba jajanan yang tersebar di banyak daerah di Jakarta.

Baca juga: Street Food Terbaik Jakarta
Kuliner Indonesia di Jakarta: Dari Aceh ke Papua
Makanan Lokal Yang Harus Kamu Coba di Jakarta

Lalu, di mana kita bisa menemukan tempat untuk mencoba jajanan yang menggugah selera? Berikut ini 4 pilihan tempat jajanan kaki lima terbaik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Mari kita lihat!

1. Jalan Sabang

jalan sabang street food center jakarta
Source: Google Maps

Seperti yang kita tahu bahwa street food atau jajanan sangat mudah ditemukan di Jakarta. Jalan Sabang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner ibu kota sejak puluhan tahun lalu. Lokasinya di Jakarta Pusat yang relatif dekat dengan daerah lainnya. Banyak pengunjung yang datang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo juga makan di sini. Jadi, jangan takut untuk mencoba wisata kuliner di sini karena dijamin rasanya enak.

Pada sore hari, kedua sisi trotoar di sepanjang Jalan Sabang telah ditempati oleh pedagang kaki lima. Mereka menggunakan gerobak makanan serta bangku-bangku plastik di bawah tenda seadanya sebagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin makan di sana. Beberapa pedagang juga menggunakan mobil yang diparkir di trotoar, semacam truk makanan kecil.

Lantas, hidangan apa saja yang ditawarkan di sana? Yang selalu ada di pikiran adalah Nasi Goreng Kambing dan terbukti ada cukup banyak penjual nasi goreng lezat yang bersaing di sana. Terdapat hidangan lainnya juga, seperti sate, soto, bakso, dan juga makanan laut. Pokoknya jangan lupa coba sate ikonis di Jalan Sabang, yaitu Sate Kambing Jaya Agung yang sudah melegenda di sana sejak tahun 1963. Jadi, tak perlu meragukan rasanya. Selain harganya yang juga terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp57.000,00 untuk seporsi sate kambing dan juga Rp36.000,00 untuk seporsi sate ayam.

Warung Sate Terbaik Jakarta Pusat

2. Bendungan Hilir (Benhil)

mie aceh kepiting crab benhil street food center jakarta
Source: Google Maps

Masih di sekitar Jakarta Pusat, menjelajahi berbagai kuliner enak memang tidak ada habisnya. Jangan melewatkan tempat kuliner yang menggiurkan di kawasan Bendungan Hilir atau yang lebih dikenal dengan Benhil. Benhil selalu dikenal sebagai salah satu pusat kuliner terlezat di Jakarta. Benhil dapat dianggap sebagai ‘surga’ dari kuliner yang lezat. Perutmu akan dimanjakan dengan deretan kuliner yang berjejer di sepanjang jalan ini. Karena lokasinya yang strategis, kamu bisa mencoba kuliner di Benhil, terutama bagi kamu yang bekerja di Thamrin, Sudirman, Senayan, dan sekitarnya. Keren, kan? Setelah seharian beraktivitas, kamu dapat memanjakan diri dengan menyantap hidangan lezat di sini.

Tak jauh berbeda dengan beberapa tempat kuliner lainnya, kuliner Benhil juga menyajikan beragam makanan yang patut dicoba. Jika kamu ingin sesuatu dengan sensasi pedas, kamu harus mencoba Ayam Penyet Pak Kumis karena banyak dari warga Jakarta merekomendasikannya. Perpaduan sambal super pedas dengan cabai rawit, kemiri, garam, dan terasi akan membuatmu ketagihan. Hidangan tersebut diulek langsung di atas cobek. Hanya dengan Rp20.000,00 kamu sudah bisa menikmati ayam penyet super lezat ini lengkap dengan nasi hangat.

Ada juga mie populer yang dikenal oleh banyak orang, yaitu Mie Keriting Mas Pudjo yang menyajikan mie dengan tekstur kenyal dan ayam yang dibbalut dengan rempah yang gurih. Hanya dengan Rp16.000,00, kamu sudah bisa mencoba mie ayam yang menggoda ini. Bagi kamu yang ingin memanjakan lidah dengan beberapa makanan manis, kamu juga bisa mencoba Martabak Bangka Acung. Banyak pelanggan yang rela mengantri lama untuk menikmati martabak di sini.

3. Glodok Chinatown

glodok chinatown gang gloria street food center jakarta
Source: Google Maps

Chinatown selalu menarik untuk dikunjungi, terutama jika kamu ingin berburu kuliner. Tidak terkecuali untuk Chinatown yang terkenal di daerah Glodok, Jakarta Barat. Di sini, beragam camilan dan makanan lezat siap memanjakan lidahmu. Glodok sudah menjadi tempat tinggal warga Tionghoa di Jakarta sejak dulu. Tidak hanya sebagai pusat perdagangan, tetapi daerah ini juga dikenal sebagai sentra kuliner. Chinatown Glodok mengundang banyak keingintahuan orang untuk mencicipi makanan jalanan primadona. Ada banyak makanan Cina dan makanan ringan unik yang hanya dapat Anda kamu di sana.

Kamu perlu berjalan menelusuri gang kecil bernama “Kalimati”, jika kamu ingin menikmati beberapa pilihan kuliner di sini. Untuk memulainya, ada beberapa rekomendasi makanan ringan sebelum kamu mencoba menu utama. Salah satunya adalah Pia Beijing yang diolah dengan cara disangrai. Rasanya berbeda dari pia pada umumnya. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp5.000,00, kamu bisa mencicipi pia yang tak hanya renyah. namun juga lezat di sini. Untuk hidangan utamanya, kamu bisa menemukan warung yang menjual menu vegetarian. Kamu juga bisa menermukan warung mie pilihan banyak orang. Tapi, yang paling ikonis dari Chinatown di Glodok ini adalah Kari Lam asal Medan yang patut kamu coba. Kari Lam terbilang sangat legendaris, karena telah dijual sejak tahun 1973. Mereka buka mulai pukul 09.00-15.00. Tersedia menu kari ayam dan kari sapi dengan pilihan bihun atau nasi untuk melengkapi hidanganmu. Lezat!

4. Bulungan, Blok M

gultik gulai blok m street food center jakarta
Source: Google Maps

Jika kamu berkunjung ke kawasan Bulungan, kamu akan menemukan banyak sekali kuliner yang wajib dicoba, terutama pada malam hari. Bulungan merupakan salah satu kawasan yang banyak dikunjungi anak muda atau milenial di Jakarta untuk nongkrong. Tempat ini sangat ramai saat akhir pekan. Selain itu, ada berbagai macam hiburan yang akan menemanimu, seperti live music, pengamen jalanan, pemain musik tradisional, bahkan puisi musikal.

Dengan suasana yang “Jakarta banget”, ini saat yang tepat untuk mencoba makanan nikmat di sini. Sebelum kamu makan hidangan utama, cobalah makanan ringan di pinggir jalan. Banyak sekali jajanan seperti egg roll, lekker, bakso tusuk, dan lain-lain. Kemudian untuk hidangan utamanya, kamu harus mencoba yang ikonis dan terpopuler di Bulungan, bahkan di sekitar kota Jakarta, yaitu Gulai Tikungan yang disajikan dengan daging sapi dan satu porsi nasi. Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan banyak sekali penjual kari yang akan membuatmu bingung mana yang harus dipilih. Tidak usah khawatir, semuanya pasti enak!

Sekarang kamu bisa memilih tempat jajanan pinggir jalan favoritmu untuk merasakan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Selamat makan!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *