8 Rekomendasi Jajanan Buka Puasa: Enak dan Mudah Ditemukan!

Selama Ramadhan, tidak jarang orang keluar rumah beberapa jam sebelum buka puasa untuk menghabiskan sore mereka mencari hiburan dan pengalihan dari rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, orang sering berjalan-jalan mencari jajanan, atau makanan dan minuman yang bisa dinikmati saat waktu berbuka tiba. Di Indonesia, kegiatan ini sering kita sebut ngabuburit yang berasal dari bahasa Sunda. Nah, kalau Anda termasuk yang sering ngabuburit sambil menunggu buka puasa, mungkin Anda juga akan tergoda untuk membeli banyak jajanan. Dari sekian banyak jenis jajanan yang bisa Anda nikmati nanti, kami telah menyusun 8 rekomendasi jajanan berbuka puasa dalam daftar berikut di bawah ini. Tidak hanya semua jajanan ini rasanya enak, tetapi juga dapat ditemukan dengan mudah di warung pinggir jalan terdekat di sekitar rumah Anda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Minuman Buka Puasa: Sehat dan Menyegarkan!

Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari simak rekomendasi jajanan buka puasa kami untuk Anda berbuka nanti!

1. Kolak

Jika Anda penyuka makanan manis, maka dari 8 jajanan buka puasa yang kami sebutkan di artikel ini, kolak wajib dicoba. Kolak adalah makanan penutup Indonesia yang terdiri dari banyak bahan seperti pisang, labu, ubi jalar, singkong, dan mutiara tapioka. Namun, banyak orang juga menambahkan berbagai komponen seperti nangka, bola nasi, dan pisang raja ke dalam kolak mereka. Basis kuahnya sendiri terbuat dari gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan. Kebanyakan kolak yang dijual di restoran atau warung pinggir jalan biasanya disajikan panas atau hangat. Ini akan menjadi camilan yang sempurna sebelum Anda menyantap hidangan utama saat berbuka puasa.

2. Bubur kacang hijau

Tentu saja bubur kacang hijau ini harus masuk dalam daftar rekomendasi jajanan buka puasa milik kami. Di Indonesia, orang sering menyebut bubur kacang hijau dengan bubur kacang ijo, disingkat burjo. Camilan manis ini tidak hanya memiliki rasa yang luar biasa, tetapi juga baik untuk kesehatan Anda. Apalagi kacang hijau mengandung banyak nutrisi. Kacang hijau memiliki antioksidan yang tinggi dan juga kaya akan potasium, magnesium, dan serat yang dapat menurunkan tekanan darah. Bubur kacang hijau sendiri biasanya terdiri dari rebusan kacang hijau, santan, dan gula aren atau gula tebu. Tak jarang, orang juga menambahkan ketan hitam ke dalam bubur. Hal terakhir yang tidak kalah penting, Anda selalu bisa makan bubur kacang hijau dengan roti tawar.

3. Dadar gulung

Dadar gulung merupakan salah satu kue manis tradisional Indonesia dan sangat populer di sini terutama di Pulau Jawa. Saat Ramadhan, banyak orang mencari dadar gulung karena ini bisa menjadi camilan berbuka puasa yang cocok. Dari segi jajanan ini, dadar bisa diartikan panekuk, sedangkan gulung berarti gulung dalam bahasa Inggris. Sesuai dengan namanya, dadar gulung terdiri dari parutan kelapa dan gula aren yang dibungkus dengan serabi tipis yang terbuat dari tepung beras. Pancakenya sendiri kebanyakan berwarna hijau karena menggunakan daun pandan sebagai pewarna makanan alaminya. Dari anak-anak hingga orang dewasa, dadar gulung bisa dinikmati oleh hampir semua orang karena penyajiannya yang menarik dan rasanya yang manis!

4. Klepon

Awalnya berwarna hijau, klepon juga merupakan salah satu jajanan buka puasa yang disukai orang Indonesia selama bulan Ramadhan. Klepon adalah jajanan tradisional berupa bola-bola lontong yang diisi dengan gula aren cair dan dilapisi kelapa parut. Komposisi utama adonannya adalah tepung ketan, terkadang dicampur dengan tapioka, dan pasta yang terbuat dari daun pandan. Berasal dari Jawa, klepon sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan Anda dapat dengan mudah menemukannya di banyak restoran tradisional dan warung pinggir jalan. Selain itu, sensasi lelehan gula aren saat meleleh di mulut benar-benar membuat camilan ini sangat adiktif!

5. Bubur candil

Banyak jenis jajanan manis yang selalu populer di bulan Ramadhan dan bubur candil pasti salah satunya. Bubur candil sendiri merupakan kata bahasa Indonesia untuk menggambarkan makanan ringan berbentuk bulat yang terbuat dari ketan, gula merah, dan santan. Selain ketan, candil juga bisa dibuat dari ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka. Sensasi kenyal dari bola-bola manis berwarna cokelat ini benar-benar nikmat saat lumer di mulut. Untuk bahan dasar kuahnya, orang biasanya menggunakan gula merah atau aren, santan, daun pandan, dan garam. Terkadang, ada juga sagu mutiara yang ditambahkan ke dalam bubur candil sebagai pelengkap.

6. Sop buah

Sop buah selalu menjadi salah satu jajanan buka puasa paling populer selama bulan Ramadhan di Indonesia. Ini adalah makanan penutup koktail es buah Indonesia yang terdiri dari beberapa buah yang dimaniskan dengan gula cair atau sirup, terkadang ditambahkan dengan susu kental. Buah potong dadu yang biasa digunakan untuk sop buah antara lain stroberi, semangka, alpukat, melon, nanas, nangka, apel, buah naga, dan mangga. Namun, Anda bisa menyesuaikan sendiri pilihan buah saat membeli sop buah di warung pinggir jalan. Selain itu, terkadang ada kolang-kaling atau buah aren sebagai bahan tambahan untuk sop buahnya. Anda akan sangat menyukai sop buah jika Anda menyukai makanan manis!

7. Lupis

Kue manis tradisional Indonesia lainnya yang terbuat dari beras ketan adalah lupis. Ini adalah salah satu dari banyak jajanan buka puasa yang juga dinikmati orang, terutama selama bulan Ramadhan. Makanan penutup ini terdiri dari beberapa kue kenyal berbentuk segitiga berwarna hijau, kelapa parut, dan saus gula merah atau aren. Terkadang lupis juga berbentuk silindris seperti lontong, jajanan khas Indonesia lainnya yang terbuat dari beras ketan. Selain itu, lupis biasanya dibungkus dengan daun pisang yang dikukus hingga matang. Banyak yang menjual dessert ini di pasar tradisional, restoran, bahkan warung pinggir jalan selama bulan Ramadhan.

8. Risoles

Dari sekian rekomendasi jajanan buka puasa, sebagian dari Anda mungkin mencari yang gurih. Risoles hadir untuk mengabulkan keinginan Anda! Camilan ini berbentuk patty dalam ukuran kecil, panjang dan diapit dengan pastry atau digulung dalam tepung roti. Risoles biasanya dipanggang atau digoreng. Selain itu, ia hadir dengan berbagai pilihan isian seperti berbagai jenis sayuran, daging cincang, udang, keju, dan telur serta mayones. Risoles biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka. Namun, tak jarang juga banyak orang yang menikmati risoles sebagai camilan. Hal terakhir yang tak kalah penting, jika Anda adalah penggemar makanan pedas, risoles terasa sangat enak dimakan dengan cabai rawit hijau!

Itulah 8 rekomendasi jajanan buka puasa yang kami sarankan untuk Anda coba saat berbuka puasa nanti. Apakah Anda pernah mencicipi salah satu jajanan tersebut sebelumnya? Jika belum, mana yang paling ingin Anda coba?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *