10 Rekomendasi Kelas Memasak Online: Gratis Hingga Berbayar

Siapa diantara Anda yang ingin sekali untuk mencoba belajar masak, namun tak punya cukup waktu untuk mengikuti kelas memasak di luar? Nah, dalam artikel kali ini, Flokq sudah menyiapkan beberapa rekomendasi kelas memasak yang dapat Anda ikuti dan tak perlu khawatir karena kesibukan yang melanda Anda karena kelas memasak ini tersedia secara online sehingga tentunya akan lebih efektif dan efisien bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan penting lainnya. Simak rekomendasi selengkapnya mengenai kelas memasak online di bawah ini.

Baca juga: 10 Kelas Memasak di Bali Untuk Mengenal Budaya Bali

Kemampuan memasak sendiri merupakan salah satu basic skill yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tidak hanya merujuk untuk dilakukan oleh wanita saja, melainkan bagi pria sekalipun. Tak hanya sekadar bisa menjadikan diri Anda lebih mandiri karena sudah mampu masak sendiri, melainkan Anda juga bisa mengambil keuntungan dari kemampuan yang Anda kuasai ini yaitu dengan menjual makanan yang Anda buat sendiri, atau bahkan membuka tempat makan impian Anda sendiri.

1. Tastemade

Pengalaman belajar memasak layaknya di akademi kuliner sekarang bisa Anda hadirkan secara langsung di rumah melalui Online Culinary Classes yang ditawarkan oleh Tastemade. Lewat kursus ini, Anda dapat mengasah kemampuan memasak lewat beragam video tutorial yang tersedia.

Jenis masakan yang dapat dipelajari mencakup kategori yang cukup luas. Mulai dari berbagai cemilan manis untuk makanan penutup, menu santapan utama, sampai resep tradisional dari beberapa negara, semuanya dapat Anda pelajari di sini. Kabar baiknya, semua akses kursus online melalui situs Tastemade ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

2. The Culinary Cook

Jika Anda sedang mencari platform online untuk belajar masak yang pastinya bermutu dan berkualitas untuk mempertajam kemampuan Anda dalam bidang kuliner, maka The Culinary Cook merupakan pilihan yang mungkin tepat untuk Anda coba. Situs yang khusus membahas serba-serbi dunia masak ini menawarkan berbagai kelas online yang dapat Anda ikuti.

Belajar memasak akan menjadi lebih mudah dan praktis melalui platform yang satu ini. Anda bisa memulai perjalanan di dunia kuliner dengan pengetahuan dasar dunia memasak, seperti cara menggunakan pisau yang baik dan benar, berbagai jenis bahan makanan, memberi bumbu pada masakan, hingga cara membuat kaldu yang lezat rasanya.

3. Rouxbe Cooking School

Pernahkah Anda terbayang bisa belajar memasak langsung dari para koki yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang kuliner? Pasti bisa jika Anda mengikuti kelas memasak online lewat Rouxbe Cooking School. Sesuai dengan namanya, bahwa platform yang satu ini merupakan sebuah sekolah memasak yang bisa diakses secara digital oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Rouxbe Cooking School merupakan tempat belajar memasak online secara profesional yang menawarkan banyak sekali materi video yang dibuat langsung oleh para juru masak untuk mengajarkan Anda banyak teknik rahasia untuk membuat makanan lezat di dapur restoran bintang lima.

Anda bisa mempelajari berbagai bidang memasak secara spesifik di Rouxbe Cooking School sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda. Beragam materi yang tersedia di Rouxbe Cooking School ini bukan hanya hadir dalam bentuk video topik tutorial sederhana, melainkan kelas memasak online ini juga dilengkapi dengan latihan dan kuis.

Kelas Memasak Online
Ilustrasi Kelas Memasak Online

4. BBC Food Techniques

Apa yang pertama kali terbayang di otak Anda saat mendengar kata BBC? Pastinya yang akan terbayang oleh Anda yaitu saluran media berita terkemuka sebagai tempat update informasi terkini. Namun, jangan salah, selain sebagai salah satu media terkemuka dunia untuk mendapatkan berita-berita terbaru, BBC juga hadir sebagai platform belajar masak yang patut Anda coba.

BBC Food Techniques merupakan kelas online memasak yang dihadirkan khusus oleh outlet berita terkemuka asal Inggris tersebut sebagai fitur spesial untuk para penonton dan pembaca setianya. Belajar memasak praktis dengan puluhan materi terbaik dan lebih dari 10.000 resep masakan lezat ini dapat Anda nikmati secara gratis.

5. The Quarantine Collective

Kelas memasak online lainnya yang dapat Anda ikuti adalah The Quarantine Collective. Platform ini merupakan situs Instagram yang dibuat secara khusus untuk membagikan resep masakan lengkap dengan tutorialnya.

Situs kelas memasak online tersebut sengaja dibuat oleh penata makanan, Katie Stilo bersama rekan-rekannya dalam rangka karantina akibat merebaknya pandemi Covid-19. Nah, tujuan didirikannya kelas memasak online ini yaitu mereka berniat meski berada dalam jenuhnya masa karantina, akan tetapi mengajak masyarakat agar tetap bisa produktif dengan kegiatan memasak. Informasi selengkapnya untuk dapat mengikuti kelas memasak online ini, dapat Anda kunjungi melalui akun Instagram @the_quarantine_collective.

6. Natural Cooking Club

Natural Cooking Club merupakan komunitas pecinta kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, komunitas tersebut pun mengadakan kelas memasak online untuk membuat berbagai makanan. Mulai dari menu utama seperti spaghetti brulee, pempek, hingga aneka kue yang mencakup bolen pisang cokelat keju, roti sisir, dan cheese cake.

Beberapa kelas memasak online yang diselenggarakan oleh Natural Cooking Club ini ada yang dilakukan melalui platform online meeting seperti Zoom, sedangkan sebagian kelas lainnya diselenggarakan melalui aplikasi instant messaging seperti Whatsapp dan Telegram. Agar dapat mengikuti kelas ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 200,000 sampai Rp 300,000. Untuk informasi selengkapnya mengenai Natural Cooking Club, dapat Anda cek melalui halaman berikut ini; http://ncc-indonesia.com/.

7. Bogasari Baking Center

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan Bogasari, yaitu pabrik penggilingan gandum yang memproduksi beberapa brand tepung terigu. Sejak tahun 1981, Bogasari mendirikan baking school yang kini dikenal sebagai Bogasari Baking Center (BBC), yang merupakan sebagai unit pelatihan pengolahan makanan berbasis terigu. Kini, BBC pun sudah beroperasi di 17 kota dan memiliki 20 cabang.

Jenis pelatihan yang ditawarkan BBC sangat bervariasi, termasuk biskuit, roti, jajanan pasar, hingga cake. Biaya kursus pun berbeda-beda, tergantung dari jenis kuliner yang dipelajari. Untuk kelas online Lapis Surabaya Ekonomis, misalnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 175,000 setiap peserta. Sedangkan untuk kelas online Roti Brunder & Ensaymada, Anda harus membayar biaya sebesar Rp250,000. Informasi selengkapnya mengenai kelas memasak online BBC, dapat Anda akses melalui link berikut ini; https://www.bogasari.com/baking-center.

8. Breadpreneur

Sesuai dengan namanya, Breadpreneur yang dipimpin oleh Chef Iqbal ini menawarkan kelas memasak online khususnya untuk membuat roti dan pastry. Melalui kursus yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan modul dan memiliki akses untuk menonton video proses pembuatan roti atau kue yang dipilih.

Periode belajar online adalah satu bulan, sehingga Anda pun akan menjadi lebih fleksibel dalam mengatur waktu untuk mempelajari video dan modul yang diberikan kelas tersebut. Setelah Anda berhasil menyelesaikan kelas, maka Anda akan bergabung di grup alumni untuk berdiskusi dan memperoleh konsultasi secara gratis. Agar dapat mengikuti kelas memasak online ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 200,000 sampai Rp 350,000. Untuk informasi selengkapnya, dapat Anda cek melalui link berikut ini; https://breadpreneur.com/.

9. Dapur Lindawaty

Bagi Anda yang tertarik untuk menjajah resep kue kekinian, Dapur Lindawaty mungkin dapat menjadi jawaban yang cocok untuk Anda. Dengan mengeluarkan biaya modal sebesar Rp 999,000, maka Anda akan memperoleh akses untuk mempelajari sebanyak 16 resep kue seperti Whole Cake Brulee, Caramel Banana Cake, dan Red Velvet Marble Cheese Brownies. Namun jangan khawatir jika Anda terbentur dengan biaya yang harus dikeluarkan, karena Dapur Lindawaty juga memberikan pilihan paket lainnya untuk Anda, antara lain untuk empat resep sebesar Rp 299,000 dan delapan resep sebesar Rp 599,000.

Materi kelas memasak online ini dapat Anda akses melalui grup Facebook yang dikhususkan untuk para member Dapur Lindawaty tanpa adanya batas waktu. Selain mempelajari cara membuat kue, kelas memasak online ini juga akan memberikan kamu tips-tips sebagai strategi untuk launching produk baru dan optimasi WhatsApp untuk bisnis Anda. Segera akses link berikut ini https://dapurlindawaty.id untuk informasi selengkapnya.

10. Ragi

Baker muda sekaligus seorang koki, yaitu Chef Yohanes Adhijaya, mendirikan Ragi untuk memberikan pelatihan pembuatan memasak khususnya bagaimana membuat kue dan roti yang kelasnya akan diselenggarakan secara offline dan online. Untuk kelas online yang ditawarkan oleh Ragi akan dilakukan melalui platform online meeting seperti Zoom, dan biaya yang perlu Anda keluarkan yaitu sebesar Rp 1,000,000. Jika Anda tidak berkesempatan mengikuti kelas secara online, maka Anda dapat mengunduh dan menonton rekaman video tersebut.

Kelas memasak online apa saja yang ditawarkan oleh Ragi? Ada kursus Gluten-Free Roll Cake, Japanese Sweet Bread, Korean Chiffon, hingga Indonesian Bread. Setiap kelas akan dipandu oleh koki yang berbeda-beda namun tetap berasal dari tim Ragi. Selain akses ke video tutorial, paket kelas ini juga akan memberikan Anda akses untuk bergabung di grup WhatsApp dengan para koki sekaligus dapat melakukan konsultasi secara gratis. Anda dapat mengecek jadwal kelas selengkapnya melalui akun Instagram @ragi.co.id.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menjadi seorang koki yang handal? Dengan mempelajarinya melalui rekomendasi kelas memasak online yang sudah disebutkan di atas, maka Anda pun akan bisa meningkatkan kemampuan memasak di dapur. Selamat belajar dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *