7 Rekomendasi Makanan Khas Jepang yang Jarang Diketahui dan Perlu Kamu Coba

7 Rekomendasi Makanan Khas Jepang yang Jarang Diketahui dan Perlu Kamu Coba

Banyak sekali rekomendasi makanan khas Jepang yang dapat Anda coba saat berlibur ke Jepang. Siapa yang tak ingin pergi berlibur ke Jepang? Pasalnya, negara yang dijuluki Negeri Sakura ini memiliki banyak hal yang menarik. Mulai dari tempat wisata, budaya Jepang itu sendiri, hingga berbagai macam kuliner lezat yang dapat Anda coba.

Makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, yakiniku, udon, dan lain sebagainya mungkin Anda sudah sering merasa familiar dan mudah untuk Anda temukan di restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa kuliner khas Jepang sangatlah beragam. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Jepang yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Nusantara yang Wajib Anda Coba

1. Chankonabe

Chankonabe
Tsunagu Japan

Rekomendasi pertama makanan khas Jepang yang jarang diketahui adalah chankonabe. Daging sapi dan sayur-sayuran bernutrisi tinggi yang direbus dalam panci besar, chankonabe terkenal sebagai hidangan yang digunakan oleh pegulat sumo untuk membentuk tubuh mereka. Jika Anda ingin mencoba hidangan chankonabe dengan cita rasa otentik ini, Anda disarankan untuk mengunjungi restoran yang dikelola oleh mantan pegulat sumo.

2. Fugu

Fugu
Befreetour

Dalam bahasa Jepang, fugu merupakan Ikan Buntal. Jika tidak dimasak oleh seorang chef yang profesional, makanan ini bisa sangat berbahaya karena mengandung racun atau tetrodotoxin. Chef yang terbiasa memasak fugu akan sangat ahli menghilangkan racunnya agar tidak terkontaminasi dengan bagian dagingnya yang lezat.

Salah satu wilayah di Jepang yang terkenal sebagai pemasok ikan fugu ini adalah Shimonoseki. Untuk menyajikan fugu pada menu restoran, para chef harus mematuhi peraturan serta pedoman bagaimana cara memasak dan persiapannya yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Ada pelatihan selama 2 sampai 3 tahun untuk koki yang ingin menjual fugu. Fugu biasanya disajikan dengan sashimi atau digoreng, dipanggang bahkan disajikan dalam salad. Hidangan fugu ini tergolong mahal, karena harga yang ditawarkan sekitar 1,5 juta per kepala.

3. Motsunabe

Motsunabe
Tsunagu Japan

Hidangan yang terkenal dari wilayah Fukuoka ini merupakan jeroan daging sapi dan daging babi dimasak dalam panci dengan berbagai sayuran seperti kol dan daun bawang Cina, dikenal dengan nama nira dalam bahasa Jepang. Anda bisa menambahkan lebih banyak bahan ketika memasaknya. Setelah selesai menyantap hidangan utama, sudah menjadi hal umum untuk menambahkan mie ala Cina, mie chanpon ke dalam sup, atau nasi untuk membuat bubur nasi dari sup.

4. Yudofu

Yudofu
Yukepo.com

Yudofu merupakan hidangan yang berupa sup tahu lembut yang dimasak dan disajikan dalam panci panas atau hot pot bersama kuah kaldu segar dan dicampur dengan berbagai macam sayuran. Penyajian yudofu ini biasanya dengan saus ponzu atau yuzu kosho yang berasal dari bubuk cabai, garam dan kulit jeruk. Yudofu merupakan makanan khas kyoto dan cocok dimakan pada saat musim dingin. Yudofu juga bisa menjadi pilihan makanan bagi Anda yang mencari makanan Jepang halal karena yudofu berisi dengan sayur sayuran yang sehat.

5. Yosenabe

Yosenabe
Befreetour

Salah satu makanan Jepang halal lainnya yang bisa Anda coba adalah yosenabe, yaitu sup tradisional Jepang yang biasa disajikan untuk musim dingin. Yosenabe ini merupakan masakan jenis hot pot yang ada di Jepang. Pot atau panci diletakan diatas kompor portable, saat air kaldu mulai mendidih, bahan- bahan seperti tahu, daging dan sayuran akan dimasukkan secara bersama- sama.

Panci yang sering digunakan untuk memasak yosenabe ini merupakan panci tradisional Jepang yang terbuat dari keramik yang disebut donabe. Yosenabe ini lebih enak dimakan beramai- ramai, karena bisa memasak secara bergantian. Yosenabe adalah makanan yang pas untuk menghangatkan tubuh dalam udara atau cuaca yang dingin.

6. Mizutaki

Mitzutaki
Befreetour

Rekomendasi makanan khas Jepang yang jarang diketahui berikutnya adalah mizutaki. Mizutaki ini merupakan makanan berupa sup yang juga dimasak dalam sebuah hot pot. Mizutaki ini berasal dari daerah Fukuoka di Jepang. Mizutaki ini tergolong makanan klasik khas musim dingin. Konon katanya ada sebuah restoran di Jepang yang menyajikan Mizutaki sejak tahun 1928.

Hal yang sedikit membedakan dari hidangan yudofu dan yosenabe adalah mizutaki mencampurkan daging ayam dan jamur serta menambahkan kuah konbu atau rumput laut. Mizutaki terkenal dengan kuahnya yang kental hingga mirip dengan susu. Setelah lelah berkeliling membeli oleh-oleh khas Jepang di musim dingin, mizutaki ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama dengan keluarga.

7. Nizakana

Nizakana
Tsunagu Japan

Rekomendasi makanan khas Jepang yang terakhir adalah nizakana, yaitu ikan yang direbus dalam kecap asin dan saus super yang memiliki rasa yang sama sekali berbeda dengan ikan bakar. Ikan khas yang digunakan biasanya makarel (saba), ikan halibut (karei) dan ikan kakap merah (kinmedai). Burikaidon, ikan yang direbus dengan daikon adalah hidangan populer lainnya. Anda bisa menikmati nizakana di berbagai jenis restoran, termasuk bar Jepang (izakaya).

Selain jenis makanan yang sudah disebutkan di atas tentunya masih banyak lagi rekomendasi makanan khas Jepang yang bisa Anda eksplor lebih jauh untuk Anda coba.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *