10 Rekomendasi Makanan Khas Nusantara yang Wajib Anda Coba

10 Rekomendasi Makanan Khas Nusantara yang Wajib Anda Coba

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang memiliki beragam budaya dan menyajikan berbagai hidangan yang memiliki ciri khas tersendiri. Mempunyai lahan yang subur untuk ditanami pohon rempah-rempah membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal hingga mancanegara untuk dikunjungi dan mencicipi berbagai kuliner yang tersedia. Beberapa makanan khas nusantara dari Indonesia telah mendunia dan mendapat apresiasi yang positif dari warga mancanegara. Simak selengkapnya 10 rekomendasi makanan khas nusantara yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi Makanan di GoFood

1. Sate Padang

Sate Padang
Kompas

Rekomendasi pertama makanan khas nusantara yang wajib Anda coba adalah sate padang. Berasal dari Padang, Sumatera Barat, makanan khas nusantara ini terkenal dengan bumbunya yang akan menggugah selera makan Anda. Sate padang terbuat dari rempah-rempah seperti jinten, jahe, lengkuas, dan cabai.

Bumbu-bumbu tersebut kemudian dihaluskan dan ditumis hingga aromanya harum. Sebagian bumbu akan digunakan untuk merendam daging sate dan membuat sausnya. Daging yang direndam kemudian dibakar di atas panggangan arang hingga matang dan siap untuk disajikan diatas piring beserta ketupat serta saus kental yang lezat.

2. Rawon

Rawon
iNews

Beranjak ke daerah Jawa Timur, salah satu makanan khas nusantara yang dapat Anda coba adalah rawon. Warna hitam kecoklatan dari kuah rawon berasal dari keluak yaitu merupakan buah dari pohon kepayang. Sebelum dimasak, keluak harus direbus dan diperam dalam abu selama satu bulan. Langkah ini untuk melakukan fermentasi pada racun keluak yang baru dipetik dari pohonnya.

Selain keluak, rempah-rempah lain yang juga digunakan untuk membuat rawon adalah jahe, kemiri, kunyit, cabai merah, dan garam. Daging direbus bersama bumbu tersebut hingga matang dan sedap kemudian disajikan dengan sepiring nasi hangat. Rasa kacang dalam rawon serta perpaduan gurih bumbu dan daging membuat Anda akan jatuh cinta dengan makanan khas Indonesia yang satu ini.

3. Pempek

Pempek
Suara.com

Pempek merupakan makanan khas nusantara yang tepatnya berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari adonan ikan yang digiling halus bersama dengan tepung tapioka untuk menambah kekenyalan dan tekstur. Terdapat bermacam-macam jenis pempek mulai dari pempek kapal selam, lenjer, keriting, kulit, hingga lenggang.

Setiap jenis dari pempek memiliki bentuk yang berbeda serta adanya bahan tambahan sendiri seperti pempek kapal selam yang berisi telur yang dibalut dengan adonan. Pempek akan digoreng terlebih dahulu hingga renyah kemudian disajikan dengan kuah cuko yang rasanya asam dan gurih.

4. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Okezone

Makanan khas nusantara berikutnya berasal dari Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet banyak ditemukan di berbagai sudut Kota Solo terutama ketika Anda ingin mencari sarapan saat pagi hari. Namun ketika malam, nasi liwet juga bisa Anda temukan di pinggir jalan sembari menikmati suasana malam dari Kota Solo.

Nasi liwet merupakan menu makanan yang berisi nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan kaldu ayam, serta ditambahkan serai dan daun salam agar semakin terasa harum dan sedap. Nasi liwet biasanya disajikan dengan potongan ayam, telur, dan sambal goreng. Gurihnya santan yang meresap ke nasi dan pedasnya sambal goreng akan mampu menambah nafsu makan Anda.

5. Rendang

Rendang
iNews

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Bahan utama untuk membuat rendang adalah daging sapi yang direbus dalam santan disertai bumbu rempah lainnya, seperti bawang putih, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit, bawang merah, daun jeruk, kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh hingga asam kandis.

Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk memasak rendang hingga meresap dan empuk. Ada sebagian orang yang juga memasak lebih dari itu untuk menghasilkan rendang dengan ciri khas lebih kering. Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih hangat ataupun sebagai lauk pelengkap di menu nasi padang.

6. Gudeg

Gudeg
Detik Food

Kembali beranjak ke daerah Jawa karena selain rawon, juga terdapat makanan khas nusantara yang tak kalah terkenal karena rasa manis dan gurihnya, yaitu Gudeg. Hidangan gudeg ini sudah sangat terkenal dan mudah sekali Anda temukan jika sedang mengunjungi Kota Yogyakarta sehingga tak salah jika kota ini juga mendapat sebutan sebagai Kota Gudeg.

Bahan dan bumbu rempah yang digunakan untuk membuat gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas. Campurkan keseluruhan bahan tersebut dan masak sampai terasa sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.

7. Gado-gado

Gado-gado
Beautynesia

Gado-gado merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari Jakarta atau Suku Betawi. Gado-gado merupakan hidangan yang terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti tauge, kol, kentang, bayam, dan lain sebagainya yang direbus hingga matang kemudian disiram dengan saus kacang yang memiliki rasa manis, pedas, dan gurih. Gado-gado biasanya disajikan dengan pelengkap seperti potongan tahu, tempe, atau telur. Makanan ini merupakan hidangan yang cocok untuk Anda yang gemar memakan makanan sehat karena tidak mengandung daging tapi sangat lezat untuk disantap.

8. Kerak Telor

Kerak Telor
Dapur KOBE

Masih tetap membahas makanan khas nusantara yang berasal dari Suku Betawi dan tak kalah terkenal dengan gado-gado, yaitu kerak telor. Hidangan ini mudah Anda temukan di sekitar Kota Jakarta. Kerak telor terdiri dari nasi ketan dan telur yang digoreng dalam bentuk panekuk atau telur dadar dan ditaburi kelapa parut goreng dan bawang goreng.

Untuk membuat kerak telor, penjual mengambil segenggam ketan yang sudah direndam dan dimasak di atas wajan yang sudah dipanaskan dengan arang. Kemudian telur dimasukan dan ketika sudah cukup matang, penjual akan membalik kerak telor dan disajikan.

9. Lumpia

Lumpia
Fimela

Lumpia merupakan makanan khas nusantara selanjutnya yang berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Hidangan ini dapat diisi dengan beberapa pilihan bahan seperti daging, rebung, telur, dan udang.

10. Soto

Soto
Cookpad

Rekomendasi makanan khas nusantara yang terakhir adalah soto. Hidangan ini memiliki ragam jenis dengan asal daerah yang berbeda-beda. Soto sendiri merupakan hidangan yang disajikan dengan kuah seperti sup yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Berbagai daerah yang tersebar di Indonesia memiliki soto dengan ciri khas daerahnya masing-masing dan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto madura, soto kediri, soto pemalang, soto lamongan, soto jepara, soto semarang, soto kudus, soto betawi, soto padang, soto bandung, sroto sokaraja, soto banjar, soto medan, hingga coto makassar.

Itulah 10 rekomendasi makanan khas nusantara yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki ciri khas masing-masing. Makanan mana yang ingin sekali Anda cicipi?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *