5 Rekomendasi Pilihan Camilan Sehat yang Wajib Anda Coba

Bagi Anda yang gemar makan camilan, sudahkah Anda perhatikan komposisi-komposisi yang terkandung dalam camilan Anda? Apakah camilan yang biasa Anda makan tersebut termasuk dalam kategori camilan yang sehat atau justru sebaliknya yaitu dapat membahayakan kesehatan Anda?

Jika Anda masih gemar mengonsumsi camilan yang tidak sehat seperti gorengan yang biasa ditemukan di pinggir jalan, sebaiknya mulai sekarang Anda perlu mengubah gaya hidup Anda karena makanan tersebut mengandung banyak komposisi yang tak baik untuk tubuh jika sering dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, seperti lebih banyak kalori dan lemak dibandingkan zat nutrisi di dalamnya. Tentunya akan meningkatkan risiko sejumlah penyakit nantinya. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena dalam artikel Flokq kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai rekomendasi camilan-camilan sehat yang pastinya akan memberikan dampak baik bagi kesehatan Anda.

Camilan yang sehat identik dengan banyak manfaat, seperti dapat meningkatkan mood, mengurangi rasa lapar, dan menjaga agar Anda tetap semangat dalam melakukan aktivitas. Salah satu kombinasi nutrisi camilan sehat yang tepat adalah protein dan serat. Makanan tinggi serat dan protein juga akan mencegah rasa kantuk yang datang ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula. Makan camilan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan gula darah Anda.

Lalu, makanan-makanan apa saja yang termasuk dalam kategori camilan sehat dan baik untuk dikonsumsi bagi tubuh? Berikut 5 rekomendasi camilan sehat yang wajib Anda coba!

Baca juga: 10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

1. Telur Rebus

Telur rebus memiliki kandungan yang tinggi protein, dapat menjaga nafsu makan, serta mampu mencegah Anda untuk memakan makanan lainnya yang cenderung tak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi telur rebus, Anda sudah memperoleh kalori yang kecil, vitamin D dan B12.

Anda juga dapat kombinasikan telur rebus dengan beberapa makanan sehat lainnya, seperti kacang panjang atau asparagus. Kandungan kaya serat dari asparagus atau kacang panjang dapat menyeimbangkan protein alami dari telur rebus. Selain itu, asparagus juga mengandung asam folat, vitamin C, vitamin A dan mineral.

2. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya sekadar menjadi menu sarapan pagi, namun oatmeal dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat Anda. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi membuat oatmeal akan membantu menjaga kadar gula darah Anda agar tetap stabil. Anda bisa menambahkan topping buah-buahan, seperti pisang, kurma, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya, sehingga campuran ini akan memperkaya rasa dan memberikan tambahan serat.

3. Apel dan Susu Rendah Lemak

Rekomendasi camilan sehat berikutnya adalah Apel. Buah ini mengandung kalori yang rendah, vitamin C, tinggi serat, antioksidan, serta tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Sebagai tambahan protein, Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan susu rendah lemak. Kandungan protein yang terdapat di dalamnya dapat menjaga tingkat energi dan menunda rasa lapar hingga beberapa jam ke depan.

4. Teh Hijau

Sumber: Unsplash | Laårk Boshoff

Mengonsumsi teh hijau dapat menjadi pilihan Anda ketika Anda ingin memakan camilan sehat. Kandungan yang terdapat dalam teh hijau dipercaya mampu untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan antioksidannya mendorong metabolisme tubuh.

Selain itu, mengonsumsi minuman ini dapat membuat Anda tidak merasa terlalu lapar. Namun, Anda perlu lebih teliti lagi sebelum mengonsumsi teh hijau. Anda dapat memilih teh hijau seduh asli dan bukan meminum teh hijau kemasan yang sudah ditambahkan dengan bahan pengawet dan pemanis buatan.

5. Yoghurt

Yoghurt dapat Anda jadikan sebagai camilan sehat penunda lapar. Kandungan yang terdapat dalam yoghurt antara lain, gula alami, serat, lemak sehat, protein, dan vitamin. Jika Anda bosan mengonsumsi yoghurt tawar, Anda dapat menambahkan beberapa topping buah-buahan di dalamnya seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi yoghurt adalah memperlancar pencernaan. Hal ini karena kandungan probiotiknya mampu membersihkan bakteri jahat yang terdapat di usus.


Itu dia 5 rekomendasi camilan sehat yang wajib Anda coba dan dapat dijadikan sebagai pengganti camilan yang tak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan memerhatikan nutrisi serta porsinya, ditambah dengan melakukan olahraga yang teratur serta gaya hidup sehat lainnya, tentunya Anda sudah berhasil menjaga kesehatan tubuh Anda.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *