Rekomendasi Street Food Wajib di Jakarta

Rekomendasi Street Food Wajib di Jakarta

Siapa yang tidak kenal kota ini? kota Jakarta adalah tempat yang sangat menyenangkan dan cukup modern di kalangan anak muda. Meski terlihat seperti kota yang sangat maju dan modern, namun hal itu tidak menghilangkan rasa kecintaan terhadap street food Jakarta yang masih disukai dan menjadi ciri khas kota Jakarta. Inilah rekomendasi beberapa street food Jakarta yang patut kamu coba.

1. Kerak Telor Bang Aris

Kerak Telor Bang Aris

Nomor Telepon: +62 857-8398-4464

Alamat: Pasaraya Grande, Lower Ground Floor, Dapur Raya

Jl. Iskandarsyah II, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Harga: Rp20.000,00 – Rp25.000,00

Jam Buka: Senin – Minggu 10:00 Pagi to 9.30 Malam

Kerak Telor adalah makanan khas Jakarta (Betawi). Makanan ini mengandung berbagai bahan makanan seperti nasi ketan, telur ayam atau telur bebek, udang kering (ebi), yang di bakar di atas arang ditambah dengan potongan bawang, serta dilengkapi dengan serundeng (parutan kelapa yang digoreng), cabai merah, kencur, jahe, lada, garam dan gula. Kamu bisa memilih Kerak Telor dengan campuran telur ayam atau telur bebek. Harga makanan ini sangat murah untuk ukuran makanan tradisional dengan bahan makanan yang cukup kompleks.

Kerak Telor Bang Aris merupakan tempat penjual kerak telor yang sangat dikenali oleh warga Jakarta. Bahkan kamu bisa memesan Kerak Telor ini secara online dan kamu juga bisa update akun Facebook yang mereka miliki untuk mengetahui apakah kedai ini sedang buka atau tutup. Yang sangat menarik dari Kerak Telor Bang Aris adalah tempat ini pernah diliput oleh acara TV. Merupakan pengalaman yang luar biasa jika kamu bisa berkesempatan mencicipi kerak telor dengan bumbu khas betawi racikan Bang Aris.

2. Es Podeng Mia Blok S

Nomor Telepon: +622199251073

Alamat: Jl. Birah Raya No.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

Harga: Rp7.000,00 – Rp15.000,00

Jam Buka: Senin – Minggu (10:00 Pagi – 5 Sore)

Di bawah teriknya matahari di Kota Jakarta, segelas es dengan taburan topping kacang dan taburan coklat bisa membangun suasana hati bagi kamu yang aktivitasnya cukup padat di siang hari. Meskipun minuman es ini berasal dari Bandung, Es Podeng memang sudah menjadi sahabat warga Jakarta sejak zaman penjajahan Belanda. Hidangan ini menjadi lebih terkenal karena harganya sangat murah. Bisa dibilang kamu sangat beruntung tinggal di Jakarta dan bisa mencicipi es jenis ini. Di sini,  kamu bisa menemukan banyak sekali kedai es podeng dengan cita rasa yang sensasional.

Mulai dari tekstur es podeng hingga varian topping yang beragam, kamu bisa dapatkan semuanya di toko ini. Toko es podeng dengan nama Es Podeng ‘MIA’ ini bisa ditemukan di food court Blok S yang terletak di antara Bakso Kumis dan Siomay Amy. Roti, taburan coklat, irisan alpukat hingga taburan kacang goreng gurih menjadi rekomendasi yang patut dicoba sebagai topping es podeng. Es ini akan lebih enak dengan percikan susu kental manis rasa coklat di sekitar es. Soal harga, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 7.000  untuk satu porsi.

3. Cilok Madrasah

Cilok Kukus dan Goreng Madrasah

Nomor Telepon: + 62818-0790-3739.

Alamat: Jalan Madrasah Raya No. 28, Cilandak, Jakarta Selatan

Harga: Rp5.000,00

Jam Buka: Senin-Minggu 08.15 Pagi – 4.00 Sore

Cilok biasanya dikenal sebagai makanan ringan asal Bandung, makanan ini juga bisa kamu temukan dengan mudah  Kota Jakarta. Salah satunya Madrasah Cilok, toko ini memang sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu daftar kuliner yang pernah mendapat ulasan dari orang-orang. Toko Madrasah Cilok bisa dibilang cukup sederhana, tidak terlalu luas. Cilok akan selalu disajikan dengan hangat karena selalu dikukus. Beberapa penjual mengatakan bahwa cara penyajian seperti ini akan menarik perhatian orang yang melewati toko. Cilok ini juga disajikan dengan dua jenis sambal yang bisa kamu pilih, bisa sambal kacang atau saus sambal, atau mungkin bisa menggunakan keduanya.

Ukuran cilok di toko ini juga beragam, mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar. Tapi, yang membedakan Madrasah Cilok dari penjual cilok lainnya adalah karena menyediakan pilihan bagi pembeli apakah mereka ingin cilok yang hanya dikukus atau cilok yang digoreng. Selain itu, Madrasah Cilok juga menyediakan siomay goreng yang ukurannya mini. Kalau beruntung biasanya Madrasah Cilok juga menyediakan kuah untuk cilok, sensasinya akan beda jika dimakan bersamaan dengan cilok. Tekstur cilok yang kenyal akan menjadi cita rasa otentiknya, sedangkan cilok gorengnya memiliki rasa gurih. Jika kamu mencari cilok terbaik dengan rasa yang enak, kamu perlu mencoba Cilok Madrasah.

4. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy

Nomor Telepon: +628129024616

Alamat: Jl. Raden Patah No. 11 (In front of Al-Azhar), Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Harga: Rp10.000,00 – Rp50.000,00

Jam Buka: Senin – Kamis (6:00 Sore – 01:30 Malam), Jumat – Sabtu (6:00 Sore – 02:30 Malam), Minggu (6:00 Sore – 01:30 Malam)

Roti Bakar Eddy terletak di dekat Masjid Al Azhar daerah Kebayoran Baru, sehingga kedai ini jarang terlihat sepi pengunjung. Sejak tempat ini dibuka, tempat duduk di tempat Roti Bakar Eddy selalu penuh, apalagi dengan konsep outdoor membuat Roti Bakar Eddy selalu laris. Bicara soal rasa sudah pasti sudah tidak diragukan lagi. Kata orang-orang, tempat ini bisa membuat ketagihan. Roti bakar dengan topping yang variatif, seperti coklat, strawberry, keju, corned beef, dan kacang-kacangan bisa didapatkan di sini.

Yang istimewa dari Roti Bakar Eddy ini, rotinya dibuat sendiri. Roti Bakar Eddy sangat cocok untuk anak muda yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman. Hal tersebut dikarenakan tempatnya yang sangat nyaman untuk tempat nongkrong dan terdapat tempat parkir yang cukup luas. Soal harga, sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Pilihan menu pada kedai ini cukup banyak. Selain roti bakar, terdapat berbagai varian Indomie yang dapat dinikmati. 

5. Seblak Jeletet Murni

Seblak Jeletet Murni

Nomor Telepon        : +628999361139.

Alamat            : Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 57, Tanjung Duren

Harga             : Rp10.000,00 – Rp20.000,00

Jam Buka       : Senin – Minggu

Bagi kamu yang pecinta makanan pedas, seblak Jeletet Murni adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan. Dengan hanya melihat dari penampilannya saja, pasti akan langsung menggugah selera karena warnanya yang sangat memikat. Rasa pedas yang ada di dalam seblak ini begitu terasa, bahkan sejak sebelum dicicipi. Seblak Jeletet Murni mengandung berbagai bahan atau biasa disebut topping, mulai dari bakso, makaroni, keripik, atau bahkan kaki ayam (ceker). Jajanan kaki lima yang satu ini tentunya sangat cocok apalagi saat musim hujan tiba. Seblak ini dapat menghangatkan badan karena rasa pedasnya.

Jadi, itulah rekomendasi street food favorit masyarakat yang wajib kamu coba di Jakarta. Kota ini tidak selalu identik dengan makanan mahal, tapi street food atau jajanan pinggiran juga bisa dinikmati. Selain menyajikan cita rasa yang khas, makanan-makanan ini harganya sangat murah, enak, dan bisa ditemukan di manapun. Jadi tunggu apa lagi? 

Baca Juga: Top 5 Jakarta’s Street Foods

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *