Resep Makanan Vegan Khas Indonesia

Resep Makanan Vegan Khas Indonesia

Masakan Indonesia adalah salah satu masakan yang kaya rasa di dunia. Ciri khas dari masakan Indonesia biasanya mengandung banyak bumbu. Beberapa masakan yang terkenal antara lain adalah rendang, sate, sop buntut, dan Nasi Uduk. Meskipun sebagian besar hidangan menggunakan protein hewani, seperti ayam, daging sapi, dan domba, tersedia juga pilihan lain untuk mereka yang menjalani diet vegan dan vegetarian. Berikut ini adalah 10 pilihan masakan vegan Indonesia terbaik yang patut dicoba.

1. Gado-gado

Gado-Gado food
Gado-Gado

Hidangan tersebut berisi tahu, kol, buncis, kentang, mentimun, dan telur. Semuanya direbus! Kemudian disiram bumbu kacang di atasnya, sangat penting untuk meningkatkan rasa. Biasanya disajikan dengan kerupuk sebagai pendamping. Ini makanan favorit semua orang Indonesia!

2. Sayur Asem

Sayur Asem
Sayur Asem

Masakan ini berasal dari masyarakat Sunda, Jawa Barat. Bahan utamanya adalah asam jawa dengan sayuran lain, seperti kacang tanah, jagung, labu siam, belimbing, kacang hijau, dan nangka muda. Salah satu masakan rumahan populer yang sering disajikan di semua kelas sosial masyarakat Indonesia.

3. Kering Tempe

Kering Tempe
Kering Tempe

Tempe biasanya diolah dengan cara digoreng atau digunakan sebagai bahan membuat masakan seperti kering tempe. Resep kering tempe adalah tempe yang ditumis dengan kecap dan kacang mede. Atau bisa dengan tambahan ikan teri. Enak! Masakan ini pasti sering kamu jumpai ketika makan di warteg.

4. Sapo Tahu

Sapo Tahu
Sapo Tahu

Sup masakan etnis Tionghoa ini berisi campuran irisan tahu dan sayur. Restoran biasanya menyajikan hidangan ini dalam hot pot agar tetap hangat hingga suapan terakhir.

5. Urap-urap

Urap
Urap

Urap adalah sayuran kukus yang dicampur dengan parutan kelapa. Biasanya parutan kelapa ini dibuat lebih pedas untuk menambah cita rasa urap-urap.

Baca juga: Makanan Tradisional Indonesia yang Bisa Ditemukan di Jakarta

6. Cap Cay

Cap Cay
Cap Cay

Secara literal, cap cay berarti 10 sayuran. Masakan Tionghoa-Indonesia ini bisa disajikan berkuah atau digoreng. Cap cay biasanya berisi sayuran, seperti wortel, cai sim putih, jugung muda, seledri, daun bawang, kembang kol, kacang-kacangan, dan aneka jamur, seperti cremini dan jamur kancing putih.

7. Sayur Nangka

Sayur Nangka
Sayur Nangka

Masakan khas Padang ini merupakan perpaduan berbagai sayuran, seperti nangka muda, kacang panjang, rebung, dan kol. Dimasak seperti kari dengan campuran santan dan beberapa bumbu lainnya.

8. Lumpia

Lumpia
Lumpia

Camilan yang cocok untuk mengisi perutmu saat pagi atau sore hari. Tidak hanya terkenal di Indonesia, masakan ini juga dikenal di berbagai belahan Asia lainnya. Lumpia sayur adalah jajanan yang digoreng dengan kulit yang renyah dan diisi dengan telur, irisan kacang polong, wortel, dan kacang hijau.

9. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
Sayur Lodeh

Sayur Lodeh adalah masakan khas Jawa dengan campuran sayur mayur dan tempe yang dimasak bersama santan. Biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi.

10. Rujak

Rujak
Rujak

Berbeda dengan masakan yang disebutkan di atas, rujak terdiri dari buah-buahan yang belum matang, seperti apel mentah, mangga, dan ubi. Ketiganya dicampur dengan saus gula merah yang kental. Menciptakan kombinasi rasa manis dan asam yang pasti akan membuatmu jatuh cinta!

Ya, begitulah! Beberapa makanan Indonesia yang sehat tetapi tetap enak yang bisa kamu coba di rumah atau di restoran. Untuk rekomendasi lainnya, lihat lebih lanjut di blog kami!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *