Resep Masakan Indonesia yang Wajib Dicoba

Resep Masakan Indonesia yang Wajib Dicoba

Masakan Indonesia memang menonjol dengan cita rasa yang kaya, baik itu makanan gurih, makanan penutup, atau jajanan. Makanan Indonesia menggunakan banyak bahan yang hampir tidak ditemukan di luar Indonesia, namun kamu dapat dengan mudah menemukannya di pasar tradisional dan supermarket di seluruh negeri. Karenanya, saat kamu memasak makanan Indonesia saat berada di Indonesia, rasa masakannya akan otentik dan kamu akan membayar lebih murah untuk bahan-bahannya dibandingkan saat kamu memasak hidangan di luar negeri.

Meski masakan Indonesia menggunakan bahan yang banyak, hal ini tidak akan menyulitkanmu saat membuat masakannya. Ada beberapa masakan yang bisa kamu siapkan dalam waktu kurang dari satu jam bahkan kurang dari 30 menit jadi tidak perlu keluar atau bawa-bawa makanan Indonesia. Inilah resep masakan Indonesia yang bisa kamu coba buat di dapur pribadi.

Soto

Soto

Soto adalah makanan dasar Indonesia yang disukai penduduk setempat untuk dimasak di rumah. Mengapa? Karena ini adalah hidangan yang mudah dibuat. Yang harus kamu lakukan adalah membuat kaldu ayam dan merebus semua bahan yang ada di kaldu. Tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkannya, oleh karena itu, ini adalah hidangan yang sempurna untuk dibuat di rumah saat cuaca sedang dingin.

Ada beberapa jenis soto di Indonesia tetapi semua jenisnya menggunakan bahan dasar yang sama yaitu ayam, jahe, lengkuas, daun jeruk, serai, kemiri, bawang merah, bawang putih, air, garam, merica, dan lain-lain. Jika kamu ingin membuat soto ala betawi, yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan susu bubuk ke dalam kuah kaldu ayam, dan tekstur kuahnya akan lebih lembut. Jika kamu menyukai sup kental, kami menyarankan untuk menambahkan santan ke dalam kaldu ayam; tidak hanya membuat kuah menjadi lebih kental, namun juga memperkaya rasa menjadi lebih gurih.

Bahan-bahan

– 1/2 kg ayam

– 1,5-liter air

– Daun salam

– 2 serai

– 1 potong lengkuas

– Minyak goreng

– Garam

– Gula

– 8 siung bawang merah

– 6 siung bawang putih

– 1 potong kunyit

– 1 potong jahe

– 3 kemiri

– Lada

– Daun jeruk

Sayur Asem

Sayur Asem

Sayur Asem adalah masakan sayur berupa sop. Sayur Asem berasal dari Jawa dan rasa asam berasal dari asam jawa, tomat, dan belimbing wuluh, ramuan wajib Sayur Asem. Selain ketiga bahan tersebut, beberapa bahan yang mungkin terdengar asing bagi para ekspatriat karena bahan tersebut jarang ditemukan di luar Indonesia yaitu labu siam, daun salam, daun melinjo, dan lengkuas. Rasa manis pada Sayur Asem berasal dari jagung dan kacang panjangnya. Sama seperti makanan gurih Indonesia lainnya, bawang putih dan bawang merah harus digunakan dalam membuat Sayur Asem. Seperti namanya “Asem” yang artinya asam, Sayur Asem akan memberikan sensasi asam-gurih menyegarkan yang akan memanjakan lidah.

Bahan-bahan

– 1 genggam daun melinjo

– 5 buah kacang panjang

– 1 buah labu siam

– 1 buah jagung

– 2 buah wortel

– 3 siung bawang merah

– 2 bawang putih

– 2 daun salam

– 3 cm lengkuas yang di geprek

– 1 potong tomat

– 2 sendok makan air ekstrak asam jawa

– Kaldu bubuk

– 700 ml air

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan adalah masakan tempe goreng yang bisa disajikan sebagai camilan atau lauk untuk hidangan utama. Bahan-bahannya sederhana dan murah, dan kamu bisa mendapatkannya di penjual sayur terdekat. Sebelum menggoreng tempe, tempe perlu dicelupkan ke dalam campuran tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang, air, ketumbar, garam, gula pasir, dan lainnya. Poin utama dari masakan ini adalah campuran tepung mendoan setengah matang yang renyah di bagian luar dan meleleh di bagian dalam. Kamu bisa menyiapkan hidangan ini hanya dalam 20 menit. Waktu terbaik untuk menyantap Tempe Mendoan adalah saat masih panas dan pendamping terbaik untuk Tempe Mendoan adalah segelas es teh manis.

Bahan-bahan:

– Potongan tempe

– 6 sendok teh tepung terigu

– 2 sendok makan tepung beras

– 2 sendok makan tapioka

– 1 buah daun bawang yang telah dipotong

– 200 ml air

– Garam

– Minyak goreng

– 3 siung bawang putih

– 1 sendok teh ketumbar bubuk

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Pisang Goreng merupakan camilan manis yang populer di Indonesia. Ini adalah camilan umum yang dapat kamu temukan di sebagian besar restoran dan warung. Pisang Goreng adalah hidangan murah yang sangat mudah dibuat. Yang kamu butuhkan hanyalah pisang, tepung terigu, gula pasir, dan beberapa bahan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Cara membuat Pisang Goreng sama dengan Tempe Mendoan, kamu hanya perlu mencelupkan pisangnya ke dalam adonan tepung lalu di goreng. Karena tekstur pisangnya yang sudah empuk, maka butuh waktu lebih lama untuk menggorengnya agar adonan tepung terigu renyah di bagian luar dan dalam. Aneka pisang goreng bisa kamu buat dengan menambahkan jenis bahan yang berbeda seperti tepung beras dan remah roti. Hidangan ini bisa dibuat dalam 25 menit.

Bahan-bahan

– 10 potong pisang kepok

– 5 sendok makan tepung terigu

– 1 sendok makan tepung beras

– 1/4 sendok teh bubuk vanila

– 1 sendok makan gula pasir

– Sejumput garam

– Air

– Remah-remah roti

Berikut beberapa resep masakan Indonesia yang bisa kamu coba di rumah. Kami harap artikel ini dapat membantumu untuk menikmati dan mengeksplorasi lebih banyak tentang Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk melihat rekomendasi lainnya di blog kami. Kami menyediakanmu restoran, mal, kedai kopi, dan rekomendasi tempat lain yang menarik untuk dikunjungi di sekitar Jakarta.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

How to Make a Soundproof Apartment Room

How to Make a Soundproof Apartment Room

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *