Rutinitas Pagi agar Badan Tetap Fit

Rutinitas Pagi agar Badan Tetap Fit

Kesehatan adalah salah satu dari banyak keistimewaan yang bisa kamu dapatkan dalam hidup. Banyak orang mungkin tidak mampu untuk menjadi sehat, jadi ketika kamu dalam keadaan yang sangat baik hari ini, bersyukurlah dan jangan lupa untuk berusaha menjaga kesehatan fisik dan mental dirimu. Upaya menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan rutinitas sederhana yang dapat dilakukan di pagi hari sebelum memulai hari. Kami sarankan untuk mencoba sebagian rutinitas ini beberapa kali terlebih dahulu untuk melihat apakah itu sesuai dengan gaya hidupmu, sebelum mengadopsi semuanya sebagai rutinitas pagi yang lengkap agar tetap bugar.

1. Bangun jam 6 pagi untuk melihat sinar matahari 

Dr. Normal Rosenthal dari Universitas Georgetown melakukan penelitian tentang bagaimana cuaca berpotensi mempengaruhi suasana hati seseorang. Ia menjelaskan beberapa orang mengalami winter blues, karena kurangnya sinar matahari yang mereka dapatkan selama musim dingin. Dia menyimpulkan bahwa meskipun tidak semua orang secara langsung terpengaruh oleh sinar matahari alami pagi, orang-orang ini dengan dapat mudah mengisi ulang energi dan memperbaiki suasana hati mereka sebelum menghadapi hari.

Waktu terbaik untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah sekitar pukul 6 hingga 9 pagi. Kamu juga bisa coba saat matahari terbit di ufuk timur. Kami jamin, ini akan menjadi salah satu pemandangan terindah yang pernah kamu lihat. Bangun lebih awal dari waktu yang biasanya mungkin akan sulit, tapi cobalah pasang alarm-mu. Seiring waktu, pikiranmu akan membuat kebiasaan baru untuk bangun bahkan sebelum alarm-mu berbunyi.

2. Minum air

Tahukah kamu bahwa tubuhmu kehilangan banyak cairan saat tidur? Meskipun tidur tampak tidak membutuhkan energi sama sekali, tubuhmu bekerja paling keras selama tidur untuk mengisi ulang energimu. Masalahnya, tidak ada cairan yang masuk untuk menggantikan cairan yang telah digunakan selama kamu tertidur. Jadi, hal tepat yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah meminum satu atau dua gelas air. Kamu bisa membuat infused water, jika kamu lebih suka minuman beraroma dengan menambahkan sedikit mint, beberapa irisan mentimun, dan lemon. Namun, jika perutmu sensitif, harap hindari makanan yang mengandung asam tinggi seperti lemon. Itu bisa membuat pencernaanmu bermasalah sepanjang hari.

3. Lakukan meditasi/membaca/membuat jurnal

Setelah kamu merasa segar kembali dari berjemur di bawah sinar matahari dan menghidrasi tubuhmu, kini saatnya melatih otakmu agar tetap tajam dan waspada. Otakmu terdiri dari sistem yang sangat kompleks yang memungkinkanmu melakukan banyak hal. Jadi, jika tidak berfungsi dengan benar, kamu akan membuat tugas-tugasmu berantakan dan tak terselesaikan. Pernahkah kamu hanya berdiam diri dan tidak menatap apapun secara khusus selama beberapa menit? Maka melatih otakmu setiap pagi adalah hal yang harus dicoba.

Kami sarankan untuk mencoba bermeditasi, membaca (atau mendengarkan buku audio), dan membuat jurnal. Aktivitas seperti ini akan memicu otakmu untuk melakukan peregangan sendiri, seperti saat tubuhmu melakukan peregangan sebelum berolahraga.

4. Berkeringat

Berkeringat berarti membuang semua hal buruk dari tubuhmu untuk menjaga kebugaran dan kesehatanmu secara keseluruhan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa berkeringat dapat mengurangi perasaan depresi, sehingga akan timbul perasaan bahagia. Jika menurutmu latihan konvensional dengan banyak repetisi terlalu membosankan, cobalah Zumba! Pada dasarnya, ini hanyalah cara lain untuk berkeringat. Namun, dengan menyanyikan lagu-lagu ceria, kamu tidak akan merasa dipaksa untuk bergerak. YouTuber seperti MadFit juga memberimu video olahraga yang tidak biasa. Dia memainkan lagu-lagu yang sedang viral saat ini sebagai latar belakang agar kamu bisa bergerak sesuai dengan ketukan lagu. Sangat menarik!

5. Mandi dengan air dingin sambil bernyanyi dengan suara keras

Saat detak jantungmu mencapai kecepatan normalnya setelah berolahraga, lebih baik segera bersihkan dirimu di bawah pancuran air dengan shower gel beraroma segar favoritmu. Mandi dengan air dingin membantumu merasa lebih berenergi di pagi hari. Sebaliknya, air hangat justru membuatmu ingin kembali ke tempat tidur dan meringkuk. Mengadakan konser mini di kamar mandi juga akan memberimu semangat tambahan, jadi siapkan daftar lagu favoritmu di malam sebelumnya!

6. Sarapan bergizi

Yang ini cukup jelas. Bantu tubuhmu untuk melakukan metabolisme lebih baik dengan makan lebih banyak sayuran hijau dan mengurangi gula. Tidak hanya ususmu yang bahagia, tetapi kamu juga akan merasakan kegembiraan, karena makan yang sehat bisa membuatmu merasa sangat luar biasa. Mengatakan bahwa menjalankan kebiasaan makan yang sehat itu terlalu mahal adalah salah! Dukung petani lokal kami dan beli sayuran dari mereka! Sebagai panduan, kamu bisa menonton video menarik di YouTube tentang cara makan sehat dengan harga murah. Favorit pribadi kami adalah Caitlin Shoemaker dan Rose dari Cheap Lazy Vegan!

Jadi, sekarang kamu sudah siap bangkit dari kasurmu? Sebelumnya, coba tarik napas dalam sebanyak tiga kali dan beri tahu afirmasi positif terhadap otakmu, terutama tentang bagaimana kamu akan menjalani hari ini. Namun, jika kamu belum berhasil, semuanya tetap bagus karena kamu memulai pagi dengan rutinitas yang dipikirkan dengan matang untuk membuatmu bahagia secara fisik dan mental.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *