Tips untuk Ekspatriat: Salam dan Ungkapan Dasar dalam Bahasa Indonesia

Selama tinggal di Indonesia dan berpergian ke beberapa tempat, saling menyapa dengan warga lainnya secara santun bisa membawa keberuntungan. Sekedar salam ‘selamat pagi’ atau ‘halo’ akan membuatmu lebih terhubung dengan orang-orang lokal Indonesia karena itu menunjukkan rasa hormat dan kebaikan.

Belajar bahasa Indonesia itu cukup sederhana, kata-kata dan ejaannya identik dengan cara pengucapannya. Karena itu, jika kamu mempunyai kenalan atau kerabat orang asing yang berkunjung ke Indonesia, kamu bisa mengajarkannya bahasa lokal ini untuk membantu mereka juga. Atau mungkin, untuk kamu sebagai penduduk baru yang ingin mengasah “keramahtamahan” terhadap orang lain secara universal selama tinggal di Indonesia, semoga tulisan ini juga bisa membantu. 

Salam Bahasa Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut merupakan beberapa salam dalam menyapa orang dengan bahasa Indonesia dan kapan harus mengucapkannya. Kata-kata di bawah akan disandingkan dengan bahasa Inggris sehingga kamu bisa mengajarkan kenalan atau kerabat asing yang kamu miliki.

Halo! 

Sapaan ini pada dasarnya adalah ‘hai’ atau ‘halo’ atau ‘hi’ dalam bahasa Inggris, sapaan ini merupakan cara informal untuk menyapa orang, biasanya digunakan untuk orang yang sudah kamu kenal atau orang yang sebaya atau lebih muda. 

Permisi

Frasa ini memiliki arti sama dengan ‘excuse me’. Frasa ini dapat digunakan ketika akan mulai berinteraksi dengan orang lain, meminta perhatian mereka dan, sebelum memulai percakapan.

Selamat pagi/siang/sore/malam

Di Indonesia waktu dibagi menjadi 4 bagian utama sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal 3 bagian. Pada dasarnya ‘selamat’ berarti ‘good‘ dan ‘pagi/siang/sore/malam’ berarti ‘morning/afternoon/evening/night’. Namun penggunaan sapaan tersebut berbeda walaupun jika diterjemahkan keduanya memiliki 4 bagian waktu.

‘Selamat Pagi’ digunakan antara pukul 03.00 – 11.00

‘Selamat Siang’ digunakan antara pukul 11.00 – 15.00

‘Selamat Sore’ digunakan antara pukul 15.00 PM – 18.00 

‘Selamat Malam’ digunakan antara pukul 18.00 – 03.00 

Dalam bahasa Inggris, menyapa seseorang di malam hari memang perlu dengan ‘good evening‘ dan hanya mengucapkan ‘good night‘ saat mengucapkan selamat tinggal. Tetapi di Indonesia, kamu tetap menyapa orang dengan menggunakan ‘selamat malam.’ Ungkapan ini unik karena itu juga bisa digunakan saat mengucapkan selamat tinggal.

Tips lainnya adalah, orang Indonesia suka memendekkan sebuah kalimat, jadi jika orang menyapa hanya dengan mengatakan ‘pagi’ atau ‘siang’, jawab saja dengan hal yang sama jika kamu ingin menghemat kata-kata.

Ungkapan Dasar Bahasa Indonesia

Apa Kabar? Bagaimana keadaanmu?  

‘Apa Kabar?’ Berarti ‘how are you?’ Sapaan ini digunakan saat kamu mencairkan suasana dengan seseorang, memulai percakapan, atau hanya untuk menunjukkan sikap ramah. Ini tidak biasa digunakan untuk orang asing, tapi biasanya digunakan untuk orang yang kamu kenal. ‘Bagaimana keadaanmu?’ Berarti ‘how are you doing?’ Seperti dalam bahasa Inggris, ini adalah pertanyaan untuk basa-basi dengan sopan.

Senang bertemu denganmu

Setelah memperkenalkan diri dengan ‘halo, saya (nama)’ kamu ingin mengatakan bahwa kamu senang bertemu dengan mereka maka ini adalah cara terbaik untuk mengatakannya. Sama seperti dengan kalimat “nice to meet you” dalam bahasa Inggris.

Terima Kasih

Ketika kamu hendak mengakhiri percakapan dan ingin mengucapkan terima kasih dalam bahasa Indonesia. Gunakan frasa ini juga setelah warga lokal membantu dengan arahan atau pada kesempatan lain. Dalam bahasa Inggris, ‘terima kasih’ adalah ‘thank you’.

Sama-sama

Kamu dapat menggunakan frasa ini hanya untuk membalas kata terima kasih jika seseorang mengatakannya kepadamu. Dalam bahasa Inggris, ‘sama-sama’ adalah ‘you’re welcome’.

Tata Krama Menyapa Seseorang

Indonesia dikenal dengan sifatnya yang baik dan rendah hati, hal ini mewujudkan keseharian mereka. Ini juga menyiratkan bagaimana menyapa seseorang dengan sopan santun. Indonesia memiliki budaya yang sedikit berbeda dan berlawanan dalam hal menyapa seseorang.

Mungkin kepercayaan diri dihormati di negara-negara barat. Namun, di Indonesia, ramah dan rendah hati sangat dihormati. Jadi, inilah beberapa tata krama penting yang harus kamu pertimbangkan saat menyapa orang Indonesia.

Berjabat tangan

Selalu berjabat dengan tangan kananmu, meskipun kamu kidal, ini juga berlaku saat menyerahkan sesuatu kepada seseorang atau menyentuh seseorang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan karena tangan kiri sering digunakan untuk membasuh di kamar mandi.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat berjabat tangan adalah tidak menggenggam dengan kuat, selain menyakiti seseorang dianggap arogan dan ambisius.

Eye contact

Saat menyapa seseorang, kontak mata itu sangat bagus. Namun saat kamu berbicara dengan orang dewasa, terlalu banyak melakukan kontak mata dianggap tidak sopan. Dalam beberapa kasus, beberapa orang dari lawan jenis tidak akan melakukan kontak mata denganmu saat berbicara dan kamu tidak perlu heran, ini karena Indonesia adalah negara dengan Muslim terbesar. Karena itu, ajaran mereka melarang mereka untuk melakukan kontak yang intens dengan orang lain yang lawan jenis mereka.

Senyum

Kunci untuk bersikap ramah di Indonesia adalah lebih banyak tersenyum. Saat kamu berbicara dengan seseorang, memperkenalkan diri, dan bahkan saat kamu berjalan di jalan dan melewati orang, menganggukkan kepala sedikit sambil tersenyum.

Orang akan melihat senyum sebagai isyarat yang baik. Mereka bahkan dapat menafsirkan kamu sebagai tidak sopan atau kasar jika kamu tidak tersenyum. Ini mungkin kebalikan dari budaya barat yang menganggap tindakan ini aneh.

Katakan ‘permisi’ atau ‘maaf’

Ketika berjalan melewati sekelompok orang atau orang yang lebih tua, ucapkan ‘permisi’ atau ‘maaf’ ini berarti ‘excuse me‘ atau ‘sorry‘. Itu adalah bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua dan orang lain yang berada di tengah-tengah sesuatu saat kamu kembali lewat. Tips lainnya adalah sedikit membungkuk saat bertemu orang yang lebih tua darimu, ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.


Jadi, sekarang kamu telah mempelajari salam dasar dalam Bahasa Indonesia. Kiat-kiat ini pasti akan berguna saat bertemu orang lokal di Indonesia. Pastikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tinggal di Jakarta dari Flokq!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *