Panduan Lengkap Sate khas Indonesia

Sate adalah hidangan lokal Indonesia yang terkenal terbuat dari daging yang diberi bumbu yang dipotong dadu atau diiris menjadi potongan-potongan kecil, ditusuk dengan batang bambu tipis, dipanggang dengan api terbuka dengan arang, dan disajikan dengan saus kacang gurih. Sate juga hidangan populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, dan Filipina. Sejarah sate dapat ditelusuri kembali ke Jawa, di mana pedagang kaki lima Jawa mengadaptasi Kebab India yang dibawa oleh pedagang Muslim. Juga dikatakan bahwa Arablah yang memiliki pengaruh besar terhadap sate asli yang dibuat. Perbedaan utama antara kebab dan sate adalah pada dagingnya, sate dapat dibuat dari berbagai jenis daging.

Hidangan kaki lima ini kemudian menjadi terkenal karena jumlah pekerja imigran di Jawa meningkat, dan dari Jawa, sate mulai menyebar dari Kepulauan Melayu, dan dengan keragaman kelompok etnisnya, ia menghasilkan berbagai macam sate yang memiliki keunikan tersendiri. Terutama dari rempah-rempah berbeda yang digunakan, dilengkapi dengan saus atau bahkan dengan cara ditusuk. Jadi, mari kita gali lebih jauh tentang sate dengan 10 jenis favorit hidangan terkenal ini!

1. Sate Ayam

Sate Ayam jakarta
Sate Ayam

Yang pertama adalah Sate Ayam, yaitu jenis sate yang paling umum dijual di seluruh Indonesia. Daging ayam direndam dalam kecap manis sebelum dibakar di atas api terbuka. Kemudian disajikan dengan saus kacang pedas atau kecap manis dan lontong, hidangan Indonesia lainnya yang terbuat dari lontong, atau dengan nasi. Kamu dapat dengan mudah menemukan sate ini dari pedagang sate kaki lima Jakarta hingga restoran atau hotel mewah.

2. Sate Maranggi

Sate MaranggiSate Maranggi

Kedua, ada Sate Maranggi. Sate ini berasal dari Purwakarta, sebuah kabupaten di wilayah Jawa Barat. Terbuat dari daging domba atau sapi dan direndam dengan campuran kecap manis dan beberapa jenis rempah-rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dengan sedikit cuka untuk memberi sedikit rasa asam. Sate Maranggi disajikan dalam kecap manis da acar, dengan irisan bawang merah, tomat potong dadu, lontong, atau nasi putih.

3. Sate Madura

Sate Madura

Madura adalah sebuah pulau di dekat Jawa yang populer dikenal sebagai pulau garam dan Sate Madura yang terkenal. Sate ini biasanya dibuat dari daging ayam atau daging kambing dan disajikan dengan saus hitam yang terbuat dari kecap manis Indonesia dicampur dengan gula aren (Gula Jawa), bawang putih, bawang merah goreng, pasta kacang, petis, kemiri, dan garam. Bawang merah iris mentah dan sambal biasa sering disajikan sebagai bumbu.

4. Sate Taichan

Sate Taichan

Yang keempat adalah sate pendatang baru. Sate Taichan menjadi populer di kalangan warga Jakarta pada 2016. Ini adalah variasi dari sate yang terbuat dari daging ayam yang dipanggang tanpa kacang atau kecap seperti sate lainnya. Sate ini disajikan secara unik hanya dengan sambal, perasan jeruk nipis dan hanya dibumbui dengan garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai, dan itu membuat Sate Taichan biasanya berwarna putih polos. kamu dapat dengan mudah menemukan Sate Taichan di daerah Senayan pada malam hari.

5. Sate Padang

Sate PadangSate Padang

Berikutnya adalah jenis yang cukup terkenal, sebuah sate khas dari Padang. Jenis yang satu ini adalah nama dari tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang, dan Sate Pariaman. Mereka dapat dibedakan berdasarkan warna saus mereka. Sate Padang Panjang dilengkapi dengan saus berwarna kuning sedangkan Sate Pariaman memiliki saus berwarna merah. Tentu saja, mereka juga memiliki rasa yang berbeda karena sausnya terbuat dari bahan yang berbeda. Dan yang terakhir, Sate Padang, sebenarnya memiliki campuran rasa dari dua lainnya. Sate ini terbuat dari daging sapi atau lidah lembu yang dipotong kecil-kecil, direbus dalam campuran daun jeruk nipis, serai, ketumbar, jahe, dan kunyit sebelum ditutup dengan saus kuning kental yang kaya rasa pedas.

6. Sate Kerang 

sate kerangSate Kerang

Berikutnya kita beralih sedikit ke olahan hewan yang berbeda. Sate Kerang adalah masakan Indonesia yang sangat terkenal di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Ini terbuat dari daging kerang, tetapi tidak seperti sate lain yang dipanggang atau dipanggang, dagingnya direbus dan direndam dalam daun jeruk nipis, jahe, kecap manis, dan sari asam. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong, kecap, dan sambal.

7. Buntel

sate buntelSate Buntel

Ketujuh, Sate Buntel. Sate ini adalah sate khas dari Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari daging sapi atau domba cincang (terutama di sekitar tulang rusuk dan perut) dan dibungkus oleh lapisan tipis lemak hewan. Dengan ukuran yang cukup besar, mungkin menyerupai kebab timur tengah. Dagingnya dicampur dengan bawang merah, bawang putih, jahe, dan jintan, dan akan memberimu rasa gurih yang unik. Dan seperti sate lainnya, sate ini disajikan dalam kecap manis dan paprika setelah dipanggang dengan arang.

Mau tahu lebih banyak tentang makanan Indonesia? Klik Disini!

8. Sate Lilit

Sate Lilit

Kedelapan kita punya Sate Lilit. Sate ini adalah sate khas dari Bali, dengan lilit dalam bahasa Bali dan Indonesia berarti “membungkus”. Sate ini dapat dibuat dari berbagai jenis daging seperti daging babi, ikan, ayam, sapi, bahkan daging penyu. Daging kemudian dicampur dengan kelapa parut, santan kental, sari lemon, bawang merah, dan paprika. Tidak seperti tusuk sate lainnya, sate lilit menggunakan sereh untuk tusuk sate dan daging cincang akan dibungkus dengan tongkat sebelum dipanggang di atas api terbuka.

9. Tegal

sate tegalSate Tegal

Kesembilan, kita sarankan Sate Tegal. Sate khas ini berasal dari Tegal, Slawi, Jawa Tengah. Itu terbuat dari daging kambing atau domba, dipotong dadu, miring dengan tongkat bambu, dan dikombinasikan dengan lemak hewani. Ketika dipanggang, Sate Tegal memiliki aroma yang unik, juga mereka tidak mengasinkan daging dengan kecap manis, hanya dagingnya sendiri, tetapi, masih disajikan dengan sambal kecap, campuran kecap manis, saus sambal, bawang merah, dan tomat. Yang membedakan Sate Tegal dengan sate lainnya adalah dagingnya yang besar. Daging dipilih dari domba muda, menjadikannya sate yang sangat lembut.

10. Bandeng

sate bandengSate Bandeng

Terakhir, sate bandeng! Ini adalah masakan tradisional dari Provinsi Banten, Indonesia, sate bandeng dibuat dari bandeng dengan duri yang dihilangkan terlebih dahulu. Setelah itu, daging dibumbui dan kemudian dimasukkan kembali ke dalam kulit sambil diputar miring dan dipanggang dengan arang. Sate bandeng khas Banten disajikan tanpa tulang halus, dan biasanya, penjual meletakkan sate mereka di jendela kaca yang tertutup. Dibuat agar sate bisa bertahan lama karena tidak terkena banyak udara. Sate Bandeng dapat bertahan hingga 3 hari pada suhu kamar dan bisa lebih lama jika dimasukkan ke dalam lemari es.

Jadi tunggu apa lagi? Sebelum mulut kamu menjadi berair, mari kita menjelajahi penjual sate terdekat dan terkenal di Jakarta. Ada banyak varian sate lain di Indonesia yang bisa kamu jelajahi! Jangan lupa membawa beberapa temanmu untuk membuatnya lebih seru!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *