Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Sewa Apartemen di Jakarta

Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Sewa Apartemen di Jakarta

Bagi beberapa orang, mencari dan akhirnya pindah ke apartemen baru sama dengan merencanakan untuk memelihara hewan peliharaan, yang kamu butuhkan hanyalah sedikit penelitian dan persiapan (materi dan mental). Namun, ceritanya sangat berbeda ketika kamu pindah ke kota seperti Jakarta. Kota ini mungkin tampak jauh dan asing bagi banyak orang asing dan Indonesia. Ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu kamu ketahui saat menyewa apartemen di Jakarta.

Alih-alih mencari tau melalui internet dengan daftar periksa yang tidak teratur, kamu dapat mulai menggunakan daftar yang telah kami susun dengan rapi untukmu di bawah ini. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang sewa apartemen di Jakarta.

Ukuran Apartemen di Jakarta

ukuran apartemen di jakarta

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah jenis unit yang ditawarkan apartemen di Jakarta. Apartemen di Jakarta (dan Indonesia secara umum) bisa berbeda dengan di negara lain. Contohnya, loft dan penthouse di Jakarta jarang ditemukan, padahal tipe apartemen studio dan standar kamar tidur lebih banyak di sini.

Apartemen yang disewakan di Jakarta biasanya tersedia dalam tiga ukuran: Studio, 1BR, dan 2BR. Namun, kamu juga bisa menemukan unit lain seperti 2BR atau 3BR +.

Ukuran unit saja tidak menentukan harga sewa ruang. Ada faktor lain yang mempengaruhi perbedaan harga antar apartemen di Jakarta, yang akan segera kamu pelajari.

Tipe Apartemen Berdasarkan Harga

tipe apartemen jakarta

Selain tipe unit, sewa apartemen di Jakarta juga bisa berbeda dalam harga menurut lokasi, kemudahan akses, fasilitas, dan utilitas. Secara umum, apartemen di Jakarta termasuk dalam tiga kategori menurut harga: ramah budget, menengah, dan kelas atas. Serviced apartment juga, meski lebih mahal daripada apartemen non-serviced, biasanya tersedia dalam harga kelas menengah dan kelas atas.

Untuk lebih memahami apartemen apa yang termasuk dalam kategori tertentu, kami sarankan kamu menelusuri semua apartemen di Jakarta. Julien, pemilik situs, mengunjungi dan menginap di ratusan apartemen di Jakarta dan membaginya ke dalam kategori dari yang ramah anggaran hingga yang mewah. Dalam setiap ulasan apartemennya, ia memberikan penjelasan langsung tentang fasilitas tersebut dan membandingkan harganya.

Rata-rata Harga Properti Tipe Studio dan 1 Kamar Tidur 

Jika kamu pindah ke Jakarta sendirian, properti kamar tidur tunggal atau studio cocok untukmu. Jenis kamar ini biasanya dipilih oleh ekspatriat muda dan profesional saat mereka pindah ke Jakarta. Harga dan kebutuhan adalah dua hal yang membuat pendatang baru memilih kamar tidur tunggal atau properti studio.

Tapi, apa perbedaan antara satu kamar tidur dan properti studio? Yaitu adalah keberadaan ruang tamu. Jika ruang tamu terletak bersamaan dengan kamar tidurmu, maka apartemen itu adalah properti studio dan jika ruang tamu dipisahkan, apartemen itu adalah kamar tidur tunggal.

Apartemen termurah kebanyakan berada di Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat. Jakarta Selatan mungkin salah satu kawasan termahal karena terletak di kawasan bisnis dan memiliki banyak perumahan elit. Namun, Jakarta Pusat tergolong kawasan yang paling “mahal” karena merupakan pusat bisnis Jakarta dan bisa dibilang pusat aktivitas bisnis di Indonesia.

  • Jakarta Utara: Rp1,200,000.00 – Rp1,500,000.00/bulan (tipe studio) dan Rp1,300,000.00 – Rp1,700,000.00/bulan (tipe 1 kamar tidur ).
  • Jakarta Barat: Rp1,300,000.00 – Rp1,800,000.00/bulan (tipe studio) dan Rp1,500,000.00 – Rp2,100,000.00 /bulan (tipe 1 kamar tidur ).
  • Jakarta Timur: Rp1,300,000.00 – Rp1,900,000.00/bulan (tipe studio) dan Rp1,400,000.00 – Rp2,000,000.00/bulan (tipe 1 kamar tidur ).
  • Jakarta Selatan: Rp1,800,000.00 – Rp2,400,000.00/bulan (tipe studio) dan Rp1,800,000.00 – Rp2,700,000.00/bulan (1 kamar tidur )
  • Jakarta Pusat: around Rp2,000,000.00/bulan (tipe studio) and Rp2,500,000.00 – Rp5,000,000.00/bulan (1 kamar tidur )

Rata-rata Harga Properti Untuk 2 dan 3 Kamar Tidur

Jika kamu tinggal bersama pasangan dan / atau keluarga, kamu membutuhkan lebih banyak kamar tidur dan ruang untuk bernapas. Tipe dua kamar tidur dan tiga kamar tidur lebih mahal dari tipe kamar tidur tunggal dan tipe studio, tapi tentunya bisa mendapat kenyamanan yang lebih. Nah, sudah siap mengetahui harga sewa rata-rata tipe tersebut?

  • Jakarta Utara: Rp4,000,000.00 – Rp6,000,000.00/bulan (2BR) and Rp8,000,000.00 – Rp13,000,000.00/bulan (3BR).
  • Jakarta Barat: Rp6,000,000.00 – Rp9,000,000.00/bulan (2BR) and Rp8,000,000.00 – Rp18,000,000.00/bulan (3BR).
  • Jakarta Timur: Rp6,000,000.00 – Rp10,000,000.00/bulan (2BR) and Rp8,000,000.00 – Rp15,000,000.00/bulan (3BR).
  • Jakarta Selatan: Rp4,000,000.00 – Rp10,000,000.00/bulan (2BR) and Rp8,000,000.00 – Rp20,000,000.00/bulan (3BR).
  • Jakarta Pusat: Rp5,000,000.00 – Rp13,000,000.00/bulan (2BR) and Rp12,000,000.00 – Rp20,000,000.00/bulan (3BR).

Area Hunian Jakarta

area hunian di jakarta

Seperti yang telah disebutkan di atas, harga sewa apartemen di Jakarta dapat bervariasi menurut lokasi dan jarak dari tempat-tempat penting.

Contoh yang baik adalah Golden Triangle Jakarta, yang mencakup kawasan bisnis bergengsi seperti Sudirman Central Business District (SCBD) dan Mega Kuningan.

Meskipun kamu mungkin bisa menyewa unit yang lebih murah di sekitar area terkenal dengan sedikit keberuntungan dan tekad, kamu juga bisa mengarahkan pandanganmu ke lingkungan yang murah di Jakarta. Wilayah tersebut antara lain wilayah Pademangan di Jakarta Utara atau wilayah Jatinegara di Jakarta Timur.

Transportasi di Jakarta

Transportasi jakarta

Keindahan Kawasan Metropolitan Jakarta adalah apakah kamu tinggal di dekat jantung Jakarta Pusat atau di suatu tempat yang jauh seperti Bekasi, kamu tetap dapat pergi ke setiap titik di Jakarta berkat sistem transportasi umum yang saling terhubung.

Sebelum kamu kewalahan dengan prospek harus mencari tahu tentang banyaknya pilihan transportasi umum di Jakarta, kamu bisa belajar langkah demi langkah, mulai dari pintu kantormu.

Pertama, buka lokasi tempat kerja di Google Maps dan temukan perhentian transportasi terdekat dari sana. Pilih moda transportasi tertentu, seperti MRT dan KRL Commuter Line. Kemudian lihat jalur mana yang melewati halte dan ke mana jalur tersebut dapat membawamu (terutama jika kamu berencana untuk menjelajahi landmark tertentu di Jakarta).

Perhatikan jika beberapa rute melibatkan pertukaran antar kereta atau moda. Yang terpenting, periksa harga tiketnya atau lihat apakah kamu bisa membeli kartu isi ulang untuk pembayaran tanpa uang tunai (yang banyak digunakan di Jakarta saat ini).

Jika kamu sudah mengunduh aplikasi taksi online seperti Gojek dan Grab, kami sarankan untuk melakukan sedikit eksperimen untuk mengukur tarif. Pertama, masukkan kantormu sebagai tujuan, lalu pilih apartemen secara acak (atau apartemen yang kamu cari) sebagai titik penjemputan dan lihat berapa biayanya.

Semakin jauh dan semakin ramai (atau lebih elit) lokasi kantor, semakin tinggi tarifnya. Jangan lupa untuk mencatat lalu lintas yang kamu alami sehingga kamu akan mengetahui jumlah waktu yang kamu habiskan di perjalanan dan membuat rencana sebelumnya.

Gunakan dua strategi di atas untuk membantu mengalokasikan anggaranmu dengan mendedikasikan sebagian khusus untuk transportasi. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang pilihan transportasi di Jakarta, klik di sini!

Dokumen Hukum untuk Sewa Tempat Tinggal

dokumen saat sewa apartemen di Jakarta

Meskipun kami dapat menyetujui bahwa undang-undang leasing lebih lunak di Indonesia daripada di negara lain, kami tidak dapat menyangkal bahwa keringanan hukuman yang sama juga dapat menjadi perangkap jika syarat dan ketentuan kami dengan agen properti atau pemilik tanah tidak aman atau tertutup.

Orang Indonesia, perlu diketahui bahwa menyewa apartemen di Jakarta tidak sama dengan menyewa kamar di kost atau dormitory. Kali ini, kamu harus menyadari hak dan kewajiban sebagai penyewa di masa mendatang dan memastikan bahwa pemilik tanah juga secara hukum terlibat dalam perjanjian. Untuk pemula, kami sangat menyarankan membaca panduan ini untuk membantu kamu mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Biaya Hidup di Jakarta

biaya hidup untuk sewa apartemen di Jakarta

Jakarta, tergantung pada siapa kamu bertanya, bisa menjadi kota yang murah dan menyenangkan atau kota yang berbiaya tinggi dan menyedihkan. Oleh karena itu, kamu perlu mendapatkan pengalaman langsung dari teman atau senior yang datang ke Jakarta dengan posisimu saat ini.

Jika kamu seorang lulusan baru atau pekerja baru yang berasal dari kota lain di Indonesia, kamu mungkin ingin melihat postingan ini tentang cara menghemat uang di Jakarta atau artikel dari lifepal tentang menabung upah Jakarta. Atau manfaatkan waktumu di Instagram dengan membuka akun keuangan seperti Jouska Indonesia.

Itu dia, hal yang perlu kamu ketahui tentang sewa apartemen di Jakarta. Pada tahap ini, satu-satunya tantangan yang kamu hadapi adalah memperluas referensi sambil menyaring Informasi yang diperbarui dan kredibel.

Jangan sampai berpikir bahwa kamu memiliki pilihan yang terbatas. Tentu kamu dapat menyewa akomodasi yang memadai di Jakarta tanpa mengorbankan kenyamananmu.


Siap untuk sewa apartemenmu? Pesan unit kami di area terbaik SCBD!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

9 Rekomendasi Apartemen Dekat Menara BCA, Jakarta

9 Rekomendasi Apartemen Dekat Menara BCA, Jakarta

10 Apartemen Dekat Mentari Intercultural School dengan Fasilitas Lengkap!

10 Apartemen Dekat Mentari Intercultural School dengan Fasilitas Lengkap!

Sewa Apartemen di SCBD: 10 Pilihan Apartemen Dekat Treasury Tower

Sewa Apartemen di SCBD: 10 Pilihan Apartemen Dekat Treasury Tower

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Sekolah Highscope TB Simatupang, Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Sekolah Highscope TB Simatupang, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *