Mau Sewa Kamar Apartemen? Ini yang Harus Kamu Ketahui

Tinggal di kota besar dan metropolitan dengan tujuan kerja atau pendidikan membuat kita cenderung memilih tempat tinggal yang murah dan bersifat sementara. Namun, beberapa hal patut diperhatikan sebelum menyewa kamar apartemen, dari kesiapan finansial dan dokumen hingga pemilihan lokasi dan penyedia. Berikut kami sajikan informasi lengkap seputar sewa kamar apartemen, dari pertimbangan dalam memilih apartemen hingga strategi timing untuk dapat harga sewa yang lebih murah!

Apa itu sewa kamar apartemen?

Tinggal di kota besar dan metropolitan dengan tujuan kerja atau pendidikan membuat kita cenderung memilih tempat tinggal yang murah dan bersifat sementara. Namun, beberapa hal patut diperhatikan sebelum menyewa kamar apartemen, dari kesiapan finansial dan dokumen hingga pemilihan lokasi dan penyedia. Berikut kami sajikan informasi lengkap seputar sewa kamar apartemen, dari pertimbangan dalam memilih apartemen hingga strategi timing untuk dapat harga sewa yang lebih murah!

Bagaimana sistem sewa kamar apartemen berdasarkan kepemilikannya?

Penyewaan apartemen bisa memiliki sistem yang berbeda tergantung pada siapa pemilik dari apartemen tersebut. Untuk gedung apartemen yang dimiliki oleh perusahaan, sistem pengaturannya dikelola dengan baik dari urusan administrasi hingga operasional gedung apartemen.  Untuk gedung apartemen yang telah dijual sebagai strata title dan dimiliki oleh perorangan, sistem pengaturannya bergantung pada pemilik sehingga standar dekorasi, layout ruangan, hingga kualitas dapat beragam sesuai standar pemilik. Oleh karena itu, informasi kepemilikan perlu untuk diketahui sehingga kita dapat mengetahui seperti apa apartemen yang kita sewa.

Fasilitas sewa kamar apartemen.
Source: Flokq

Fasilitas apa yang ada ketika kita menyewa kamar apartemen?

Tinggal di apartemen, baik ketika menyewa salah satu kamar atau keseluruhan unit, berarti merasakan semua fasilitas yang ada pada apartemen tersebut. Pada umumnya, apartemen dibangun berbentuk komplek dengan menawarkan berbagai fasilitas dan aksesibilitas. Area olahraga (pusat kebugaran, lapangan tennis, dan kolam renang) serta area rekreasi (taman bermain dan minimarket) merupakan fasilitas paling umum yang tersedia di komplek apartemen. Fasilitas yang lebih mewah dapat berupa lapangan golf atau layanan spa.

Ketika kita menyewa kamar apartemen berbentuk studio, kita mendapatkan fasilitas rumah yang compact dan cukup lengkap dengan tempat tidur, kamar mandi, dapur kecil, dan area bekerja atau belajar dalam satu ruangan. Sementara itu, ketika kita menyewa kamar apartemen dalam unit yang digunakan bersama, kita bisa mendapatkan fasilitas kamar tidur pribadi dengan ruang tamu yang bisa digunakan bersama flatmates yang lain, dapur yang bisa digunakan bersama, kamar mandi, dan mungkin juga terdapat area bekerja atau belajar untuk digunakan bersama.


Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan layanan kebersihan ketika kamu tinggal di apartemen. Kamar apartemen dengan layanan kebersihan biasanya adalah yang paling mahal karena disediakan maid service. Layaknya di hotel, seisi kamar akan dibersihkan setiap harinya termasuk kasur, kamar mandi, hingga area dapur.

Dapur dan ruang makan yang diperoleh ketika sewa kamar apartemen.
Source: Flokq

Keuntungan Sewa Kamar dibanding Sewa Unit Apartemen

1. Mendapat teman baru

Ketika kita menyewa kamar apartemen, biasanya itu berarti kita tinggal di salah satu kamar dalam unit apartemen yang di-share dengan orang lain atau housemate kita. Dengan memiliki housemate, terutama jika mereka awalnya adalah orang asing, kita jadi memiliki jaring pertemanan baru. Memperluas koneksi pertemanan pun memiliki berbagai keuntungan seperti adanya kesempatan untuk pekerjaan baru atau adanya seseorang yang memberi kehangatan bagi hunian kita.

2. Biaya perawatan yang lebih terjangkau

Dengan ukuran kamarnya yang sesuai kebutuhan dan relatif kecil, biaya perawatan dan kebersihan lebih terjangkau. Menyewa kamar apartemen juga dapat dilakukan dengan instan di mana kita tidak perlu lagi memikirkan tentang urusan unit apartemen secara menyeluruh. Lebihnya lagi, jika terdapat biaya-biaya perawatan, kita dapat berbagi biaya dengan housemate kita.

3. Bisa hemat berbagai kebutuhan sehari-hari

Poin ketiga ini pun masih berhubungan dengan adanya housemate yang tinggal bersama kita. Dengan adanya housemate, kita pun dapat berbagi beban biaya kebutuhan sehari-hari. Biaya internet, tisu, peralatan kebersihan rumah, dsb. dapat dibebankan ke pengeluaran bersama.

Keuntungan Sewa Kamar Apartemen dibanding Sewa Kamar Kost

Di Indonesia, umum untuk menjadikan kost sebagai alternatif tinggal di apartemen. Umumnya, kost lebih murah karena lokasinya yang tidak berada di jalan-jalan utama seperti apartemen.

Kenyamanan kamar tidur di dalam apartemen.
Source: Flokq

Selain itu, kost memiliki fasilitas yang jauh lebih sederhana. Namun, ada berbagai keuntungan dari menyewa kamar di apartemen yang bisa diperoleh dengan biaya yang sama dengan menyewa kamar kost.

1. Fasilitas yang Lebih Lengkap

Apartemen umumnya memiliki lebih banyak fasilitas dibandingkan rumah kost. Apartemen yang memiliki harga sewa terjangkau sekalipun umumnya memiliki kolam renang dan gym untuk berolahraga. Dengan menyewa kamar di apartemen, kita pun dapat menghemat biaya sewa tetapi berkesempatan tinggal di apartemen dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti jogging track, taman, dan lebih banyak lagi. Fasilitas apartemen tersebut merupakan keunggulan dibandingkan sewa kamar kost yang umumnya hanya menawarkan kamar seorang tanpa kolam renang maupun gym.

2. Aksesibilitas yang Lebih Tinggi

Apartemen umumnya terletak di jalan-jalan utama dikarenakan kompleksnya yang lebih besar dibandingkan kost. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi penghuni apartemen untuk berjalan ke fasilitas umum seperti halte, stasiun, bahkan pusat perbelanjaan. Hal ini berbeda dengan sewa kamar kost yang umumnya terletak di gang-gang kecil atau permukiman yang membuat kita harus berjalan atau berkendara lebih jauh untuk mencapai fasilitas umum

3. Pemandangan Kota

Keuntungan ketiga adalah pemandangan kota yang lebih menawan. Apartemen memiliki lantai yang lebih tinggi dibandingkan bangunan-bangunan kost yang umumnya hanya mencapai empat atau lima lantai. Tinggal di lantai tinggi apartemen pun menawarkan kita pemandangan menawan perkotaan.

Hal-hal yang Perlu Dipikirkan sebelum Sewa Kamar Apartemen

Menghitung anggaran untuk sewa kamar apartemen.
Source: Pexel

Anggaran

Tidak bisa dipungkiri, hal paling penting dalam menentukan pilihan untuk tempat tinggal adalah anggaran atau harga yang pas sesuai dengan tebal dan tipisnya dompet. Anggaran adalah hal yang tidak bisa dipaksakan karena kualitas sewa yang mewah tentu tidak akan bisa dinikmati apabila tidak sebanding dengan kemampuan menyewa. Perhitungan Anggaran juga dapat menentukan apakah menyewa kamar apartemen adalah pilihan yang tepat dibanding menyewa atau membeli seluruh unit apartemen.

Karena itu, butuh usaha ekstra untuk menemukan kamar sewa apartemen dengan harga paling sesuai. Berikut beberapa elemen penting yang patut dijadikan pertimbangan:

  • Jumlah penghasilan. Tentunya prinsip “lebih besar pasak daripada tiang” perlu diingat agar tetap sesuai dengan pemasukan bulanan atau tahunanmu.
  • Pengeluaran sebelum menyewa kamar apartemen. Seperti kredit kendaraan, pinjaman usaha, biaya langganan gym atau majalah, dan lainnya.
  • Perkiraan pengeluaran setelah menyewa. Biaya dasar seperti listrik dan pemeliharaan kamar apartemen harus diperhitungkan. Ini juga berpengaruh pada tipe kamar yang ingin disewa, dengan layanan kebersihan, full-furnished atau non-furnished.

Roommate atau Tidak? Tentukan Pilihanmu

Pengalaman dengan roommate saat sewa kamar apartemen.
Source: Flokq

Pada umumnya, esensi utama dari menyewa kamar apartemen adalah karena alasan praktis dan fleksiilitas dalam memilih. Hal ini tentu berpengaruh jauh ketika penghuni memutuskan untuk berbagi tempat tinggal dengan seorang roommate atau lebih. Konsiderasi ini cukup penting karena menentukan cukupnya menyewa kamar dalam apartemen, atau menyewa satu unit yang menampung sekelompok calon penghuni. Ketersediaan kamar yang dapat disewa juga sangat menentukan apakah mengikutsertakan roommate.

Lokasi Apartemen: Mobilitas atau Kenyamanan?

Pemandangan kota ketika sewa kamar apartemen di lokasi premium.
Source: Flokq

Selain berhubungan dengan harga, lokasi apartemen juga menjadi pertimbangan serius sebelum memutuskan pilihan menyewa. Pertimbangan yang tepat dapat menjadi penentu sebelum menyewa kamar. Misal, apartemen dengan fasilitas yang nyaman dengan harga terjangkau di wilayah pinggir kota tentu terdengar menggiurkan, namun bisa menjadi tidak sepadan dengan biaya perjalanan ke tempat kerja atau kampus yang cukup tinggi dan memakan waktu cukup lama. Pertimbangan lokasi juga dapat dikondisikan moda transportasi utama yang digunakan, baik kendaraan pribadi atau sarana transportasi umum.

Kesiapan Administrasi untuk Sewa Kamar Apartemen

Setelah konsiderasi panjang dan telah menentukan pilihan kamar untuk disewa, kesiapan dokumen untuk urusan administrasi adalah hal penting selanjutnya. Tidak hanya dokumen-dokumen resmi berisi data diri, namun juga dokumen yang menyatakan kesiapan finansial untuk menyewa kamar apartemen seperti penyataan dari bank dan rekam jejak penyewaan apartemen sebelumnya. Menyiapkan berbagai dokumen tersebut tidak hanya memudahkan saat proses pengajuan sewa kamar, namun juga secara langsung menandakan bahwa calon penghuni adalah kandidat yang paling cocok terlebih ketika ketersediaan kamar apartemen yang terbatas.

Kapan Waktu yang Tepat Menyewa Kamar Apartemen Murah

Meski tidak ada periode yang sangat kontras di mana harga sewa kamar apartemen menjadi sangat murah, beberapa faktor waktu dapat mempengaruhi harga sewa kamar. Seperti bisnis properti lainnya, terdapat high dan low season di mana dalam kurun waktu tertentu harga sewa relatif lebih murah. Hal ini dipengaruhi oleh tinggi rendahnya permintaan. Periode tahun ajaran baru atau musim panas biasanya memicu tingginya minat pada penyewaan kamar apartemen, baik bulanan dan tahunan. Para calon penghuni pun sering ditemukan berjejaring bersama dalam menemukan kamar apartemen yang paling cocok untuk disewa. Sementara untuk konteks umum, permintaan kamar apartemen cenderung menurun di musim libur karena berfokus pada liburan dibanding perpindahan semi-permanen. Namun ada sedikit tantangan dalam menyewa kamar apartemen di akhir tahun karena pada umumnya masa sewa berakhir di tengah tahun atau musim panas.

Berikut panduan lengka ala Flokq seputar menyewa kamar apartemen. Dengan mengerti semua hal yang kami sajikan, kamu sudah siap untuk sewa kamar apartemenmu kapan saja!

Baca juga tentang Tips Sewa Apartemen Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *