15 Street Food Terbaik di Jakarta

Jakarta dikenali sebagai kota metropolitan dan memiliki banyak restoran instagrammable yang menyajikan pengalaman fine dining. Biasanya warga Jakarta menghabiskan akhir pekan dengan makan malam mewah yang biayanya cukup mahal. Namun, masih banyak warga yang lebih menyukai street food dibanding makan malam mewah di restoran. Hal ini terjadi karena street food cukup erat kesehariannya dengan kota Jakarta. Kamu dapat menemui makanan ini dengan mudah di jalanan. Berbagai street food hadir dan berkembang di sini karena resepnya terus diperbaharui dengan menggunakan bentuk atau bahan yang mirip aslinya. Berikut kami rekomendasikan beberapa street food jajanan khas Jakarta yang rasanya otentik dan enak. Kamu wajib mencobanya dan rasakan pengalaman menjelajahi berbagai street food di Jakarta!

1. Kerak Telor

kerak telor

Kerak Telor adalah street food tradisional khas orang Betawi. Makanan ini merupakan hidangan gurih seperti telur dadar yang dimasak pada wajan di atas arang. Telur ini dibuat dengan campuran beras ketan, bawang merah goreng, udang kecil kering (ebi), serundeng (serpihan parutan kelapa yang digoreng) dengan tambahan ayam atau telur bebek, kemudian dimasak di atas wajan panas sampai matang dan renyah. Setelah matang, kerak telor dibungkus dengan selembar kertas nasi berwarna coklat. Kerak yang terbentuk di pinggiran makanan berbahan telur itulah yang disebut sebagai kerak telor.

Baca Juga: 6 Best Traditional Market in Jakarta

Meskipun merupakan makanan khas Jakarta, kerak telor tergolong sulit didapatkan. Kamu bisa menemukan kerak telor ini di area Jakarta Pusat, di tempat-tempat tertentu seperti Monas, Kota Tua, dan Setu Babakan.

Rekomendasi Tempat Penjual: 

Kerak Telor Bang Doel in Sawah Besar, Jakarta Pusat

Alamat:  Jl. Pintu Air Raya No. 68, Pasar Baru, Sawah Besar, Central Jakarta 10710

Nomor Telepon: +62 85814161841

Kisaran Harga: Rp12.000 – Rp.30.000/ item

(Harga tergantung tempat penjual)

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 22.00) 

2. Martabak Terang Bulan 

Martabak cokelat keju jagung

Martabak adalah jenis street food yang paling digemari di Jakarta selama beberapa tahun terakhir. Dengan cita rasa dan topping yang inovatif,  makanan ini menjadi favorit untuk camilan larut malam. Ada dua jenis martabak, yaitu  asin dan manis. Martabak manis juga dikenal sebagai Terang Bulan yang berarti kilau emas yang muncul saat dilipat dan di oleskan dengan mentega. Martabak merupakan street food yang paling umum untuk kamu temukan di daerah Jakarta.

Baca Juga: Hottest Merchants on GoFood

Martabak berbentuk seperti pancake tebal yang terbuat dari adonan telur, susu, dan tepung, kemudian dimasak diatas wajan besi. Kamu juga dapat menambahkan dengan berbagai topping seperti susu kental manis, taburan gula pasir, coklat tabur, keju, dan topping lainnya. 

Saat ini, sudah banyak variasi rasa yang dimiliki martabak, yang awalnya memiliki topping coklat keju, sekarang terdapat rasa black forest, atau red velvet. Apapun pilihanmu baik itu rasa original atau yang versi terbaru, martabak bisa menjadi pilihan terbaik untuk berbagi dengan teman-teman.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Martabak Boss in Senopati, South Jakarta

Alamat:  Jl. Gunawarman No. 75, Senopati, Jakarta

Nomor Telepon:  +62 81219194814

Kisaran Harga: Rp12.000 – Rp150.000

(Harga berbeda tergantung dengan topping

Jam Buka: Senin – Minggu  (17.00 – 00.00)

3. Gorengan

street food jakarta gorengan

Gorengan merupakan street food khas yang dimakan oleh masyarakat Jakarta sejak kecil. Gorengan adalah makanan berbahan makanan seperti tahu, tempe, serta berbagai sayuran atau buah yang dicelupkan pada adonan tepung kemudian digoreng dalam minyak. Konsepnya mirip dengan twigim Korea atau tempura Jepang yang terdiri dari aneka gorengan. Selain itu, gorengan juga terkenal sebagai makanan ringan yang disukai oleh semua orang Indonesia.

Street food ini sangat populer di Jakarta, bukan hanya karena rasa, tetapi karena harganya yang sangat murah, yaitu sekitar Rp. 1.000 – Rp. 2.000 per buahnya. Kamu bisa menemukan gorengan dimanapun. Kamu hanya perlu melihat penjual yang memiliki tulisan “gorengan” pada gerobaknya. Seperti jajanan lain, terdapat versi yang lebih berkelas dari makanan ringan ini dengan lebih banyak jenis gorengan dan juga tambahan topping.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Gorengas (Gorengan Naik Kelas) in Cilandak, Jakarta Selatan 

Alamat: Ampera Garden Food Festival, Jl. Ampera Raya no.119,   Cilandak, South Jakarta

Nomor Telepon: +62 85782506981

Kisaran Harga: Rp17.000 – Rp18.000

(harga berubah tergantung topping)

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 20.00)

4. Asinan Betawi

street food terbaik jakarta Asinan betawi

Asinan Betawi adalah salad tradisional Indonesia dengan rasa segar dan manis. Salad ini terdiri dari irisan kubis putih, tahu wortel, tauge, dan mie kuning berbasis telur. Ada juga bahan khusus yang disebut “sayur asin” atau sayuran asin yang dibuat dengan kol Cina. Campuran sayuran dikombinasikan dengan sedikit saus yang terbuat dari saus kacang, gula merah, dan sedikit cuka. Hidangan ini lebih lengkap disajikan dengan tambahan potongan mentimun dan kerupuk.

Baca Juga: Indonesian Dessert Drinks in Jakarta 

Selain itu, asinan betawi juga memiliki rasa manis dan gurih dengan sedikit rasa getir yang berasal dari kol cina dan cuka yang difermentasi. Makanan ini juga merupakan pilihan street food rendah kalori yang sempurna buat kamu yang sedang diet.

Rekomendasi Tempat Penjual: 

Asinan Betawi H. Mansur in Rawamangun, Jakarta Pusat

Alamat:  Jl. Taman Kamboja 3 No. 10, Rawamangun, Jakarta Pusat

Nomor Telepon: +62 214707242

Kisaran Harga: Rp.16.000 – Rp17.000/ item

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 21.00)

5. Cakwe

street food terbaik di jakarta Cakwe

Adonan gorengan lainnya adalah street food yang diadaptasi dari donat asal Cina, youtiao.Di Indonesia youtiao dinamakan cakwe. Cakwe dibuat dengan menggoreng sepotong adonan yang sudah dibumbui sampai berwarna coklat keemasan. Makanan ringan yang murah ini memiliki tekstur chewy. Sebaiknya makanan ini disajikan dengan saus cabai manis dan pedas. Cakwe juga bisa dijadikan sebagai topping untuk bubur atau sebagai camilan cepat santap. Saat ini sudah banyak variasi cakwe yang baru seperti mayones, keju mozarella, bahkan daging udang. Apapun variasi toppingnya, kami sarankan untuk memakan cakwe selagi masih hangat!

Rekomendasi Tempat Penjual:

Cakwe Galaxy di Lantai 5 FX Sudirman, Jakarta Pusat

Alamat: Jl. Jendral Sudirman, Sudirman, Jakarta Pusat

Nomor Telepon: +62 2129889204

Kisaran Harga: Rp15.000/ item

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 22.00)

6. Roti Bakar

roti bakar

Roti bakar biasa kita kenal sebagai makanan yang kita makan di pagi hari. Namun, belakangan ini roti bakar telah menjadi street food malam yang sering diincar banyak orang. Street food yang satu ini terlihat sederhana, namun sekarang udah banyak inovasi roti bakar dengan rasa dan topping yang menarik banget loh. Mulai dari yang manis hingga yang asin, ada rasa keju, coklat, kacang, ovomaltine, nutella, jam, telur, kornet, sosis, dan masih banyak lagi. Nah, roti bakar ini cocok banget untuk kamu jadikan snack malam saat kamu sedang mengerjakan tugas atau pas lagi lembur. 

Rekomendasi Tempat Penjual:

Roti Bakar Eddy Senopati, Jakarta Pusat

Alamat: Jl. Raden Patah, Senopati, Jakarta.

Nomor Telepon: +622197520002

Kisaran Harga: Rp 12.000 – Rp 22.000/ item

Jam buka: Senin – Minggu (18.00 – 2.30)

7. Bakso

street food bakso

Ngomongin soal street food terbaik di Jakarta, bakso merupakan salah satunya. Bakso merupakan street food yang paling digemari oleh masyarakat dan gampang banget kamu temuin di Jakarta. Kuahnya yang hangat dan bakso yang empuk dan enak pastinya akan selalu membuat perut kamu senang. Makanan yang satu ini juga sangat populer karena harganya yang sangat terjangkau dan pastinya bikin kamu kenyang. Makanan ini juga sering banget menjadi comfort food banyak orang loh. Jadi, kalau kamu lagi butuh street food yang murah, enak, dan gampang dicari bakso cocok banget untuk kamu.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Bakso Solo Samrat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Alamat: Jl. Boulevard Raya Blok WAB 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nomor Telepon: (021) 4530586

Kisaran Harga: Rp 32.000 – Rp 57.000/ item

Jam Buka: Senin – Minggu (11.00 – 23.00)

8. Seblak

street food seblak

Street food yang berasal dari Bandung ini juga menjadi salah satu street food terbaik di Jakarta belakangan ini. Sekarang banyak sekali seblak yang buka di Jakarta dan tidak kalah enak dengan yang di Bandung. Seblak merupakan street food yang mempunyai kuah pedas beraroma kencur dan diisi dengan kerupuk, ceker, bakso, batagor, bahkan mie. Nah, kalau kamu penasaran dengan rasanya street food yang satu ini sangat kita recommend untuk kamu coba.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Seblak Jeletet Murni, Gunung Sahari, Jakarta

Alamat: Jl. Pademangan 4, Gang 4, Gunung Sahari, Jakarta

Nomor Telepon: +628999361139

Harga Kisaran: Rp 5.000 – 15.000/ item

Jam Buka: Setiap Hari (14.30 – 22.00)

9. Nasi Goreng

nasi goreng

Kalau kamu bertanya street food yang paling sering ditemukan di Jakarta itu apa? Jawabannya adalah nasi goreng. Nasi goreng ini adalah street food terbaik di Jakarta yang sangat populer di kalangan masyarakat bahkan disukai juga oleh turis-turis yang sering datang ke Jakarta. Nasi goreng awalnya merupakan resep yang dibawa oleh orang China dan setelah itu berevolusi sesuai dengan selera masyarakat.

Umumnya nasi goreng biasa ditemani dengan telor mata sapi dan beberapa bahan pendamping seperti seafood, sosis, ayam, sayuran, dll. Makanan ini juga ditambah bumbu yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Pokoknya, street food yang satu ini recommended banget deh!

Rekomendasi Tempat Penjual:

Nasi Goreng Kebon Sirih, Menteng, Jakarta

Alamat: Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta Pusat

Nomor Telepon: 0811190775

Harga Kisaran: Rp 40.000 – Rp 80.000/ item

Jam Buka: Setiap Hari (17.00 – 22.00)

10. Sate

Street food asli Indonesia ini juga salah satu street food yang populer di masyarakat. Kelezatan makanan yang satu ini memang juara banget. Daging ayam atau daging kambing yang ditusuk lalu dibakar dan disiram dengan saus kacang pastinya akan membuat orang ketagihan. Sate juga salah satu street food yang gampang kamu jumpai di Jakarta dan cocok banget untuk kamu makan di malam hari. Jadi, kalau kamu lapar di malam hari, langsung aja beli sate.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Sate Ayam Kambing RSPP, Blok M, Jakarta

Alamat: Jl. Kyai Maja No. 21, Blok M, Jakarta

Nomor Telepon: (021) 7237533

Kisaran Harga: Rp 25.000 – Rp 45.000/item

Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 23.00)

11. Kue Pancong

Siapa sih yang nggak tahu dengan street food yang ikonik ini? Kue yang mirip dengan kue pukis ini adalah street food yang merupakan kue tradisional khas Betawi. Kue ini termasuk kue yang sederhana karena tidak memerlukan banyak bahan untuk membuatnya. Kue pancong berbentuk bulan sabit dan biasanya ditaburi dengan topping seperti keju, meses, dan susu kental manis. Buat kamu yang suka street food yang manis, kue pancong ini patut untuk dicoba.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Pancong Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat

Alamat: Jl. Harun Raya Jl. Sulaiman No.10 (Dekat Pasar Bunga Rawa Belong) Palmerah, Jakarta Barat.

Nomor Telepon: 0812-9159-9361

Kisaran Harga: Rp 4.000 – 9.000/ item

Jam Buka: Setiap Hari (24 jam)

12. Ketoprak

ketoprak street food

Ketoprak merupakan street food favorit banyak orang yang juga sering kita jumpai di Jakarta. Makanan tradisional khas Betawi ini sangat disukai banyak orang karena harga nya yang murah dan pastinya mengenyangkan. Makanan ini berisi ketupat, tauge, tahu, dan bihun yang dibanjiri oleh bumbu kacang yang sedap tidak pernah gagal membuat orang ketagihan. Biasanya kamu bisa menemukan street food ini keliling di komplek perumahan juga loh.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Ketoprak Ciragil, Senopati, Jakarta Selatan

Alamat: Jln. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta Selatan

Kisaran Harga: Rp 20.000 – Rp 25.000/ item

Nomor Telepon:  085865156117

Jam Buka: Senin – Minggu (09.30 – 17.30)

13. Rujak

rujak street food jakarta

Siapa sih yang nggak suka makan Rujak? Makanan yang ini juga salah satu street food populer di Jakarta loh. Rujak merupakan makanan tradisional Indonesia yang berisi buah dan sayuran yang dibalur dengan bumbu. Bumbunya sendiri terdiri dari cabe, gula aren, dan kacang tanah. Street food ini menjadi favorit masyarakat karena rasanya yang segar bercampur dengan rasa pedas dan manis.

Rekomendasi Tempat Penjual:

Rujak Kolam Medan, ITC Mangga Dua

Alamat: ITC Mangga Dua, Lantai 3, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta

Nomor Telepon: (021) 68235576

Jam Buka: Setiap Hari (10.00 – 22.00)

14. Sate Taichan

batagor

Sate Taichan merupakan street food yang sedang hits belakangan ini. Banyak sekali warga Jakarta yang mengincar sate yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang ini. Berawal dari pedagang kaki lima di Jakarta, street food ini sekarang bisa kamu temukan di seluruh Indonesia. Sate ini mempunyai ciri khas yaitu dagingnya yang berwarna putih dibakar lalu disiram oleh sambel. Cocok banget kalo kamu mau makan di malam hari.

Tempat Rekomendasi Penjual:

Sate Taichan Bang Ocit, Senayan, Jakarta

Alamat: Jl. Patal Senayan No.2, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan

Kisaran Harga: Rp 25.000/ item

Jam Buka: Setiap Hari (21.30 – 02.00)

15. Batagor

Jajanan asli bandung ini memang menjadi favorit banyak orang. Jadi, nggak heran kalau kamu sering melihat street food ini di beberapa daerah termasuk Jakarta. Batagor merupakan jajanan yang dibuat dari tahu yang diisi adonan dari daging ikan tenggiri dan dibaluri oleh bumbu kacang yang pedas manis.

Tempat Rekomendasi Penjual:

Siomay dan Batagor Bang Hendrik Tebet, Jakarta Selatan

Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.103 Tebet, Jakarta Selatan

Nomor Telepon: 085697929022

Kisaran Harga: Rp. 13.000/ item

Jam Buka: Setiap Hari (15.00 – 22.30)

Nah, itu dia 15 street food terbaik di Jakarta. Mana dulu nih yang mau kamu coba?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *