Taman Kota di Jakarta

Taman Kota di Jakarta

Beristirahat, bersantai, dan menenangkan pikiran untuk sementara waktu saat akhir pekan memang dibutuhkan. Kamu bersepeda melintasi kota atau jogging beberapa putaran. Kalau kamu memang ingin melakukan keduanya, kamu harus mengunjungi taman. Kamu bisa pergi bersama keluarga, teman, atau mungkin sendiri. Jakarta memang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit, tetapi juga memiliki banyak taman untuk dikunjungi. Meskipun mungkin ada banyak taman di sini, tidak semuanya menarik. Nah, berikut ini rekomendasi taman kota yang bisa kamu kunjungi akhir pekan ini!

1. Taman Honda Tebet

Taman Tebet

Pada tahun 2010, PT. Honda Prospect Motor memutuskan untuk bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk meremajakan taman terlantar ini menjadi salah satu taman terbaik di Jakarta. Taman ini sangat cocok bagi para atlet untuk berolahraga selama akhir pekan. Mereka menyediakan lintasan jogging, lapangan sepak bola mini, dan taman bermain anak-anak. Tempat yang tepat untuk bersantai dan berpiknik bersama teman dan keluarga. Ingin berfoto dan memostingnya di instagram? Tak perlu khawatir karena taman ini sangat cocok untuk berfoto! Taman Honda Tebet dipenuhi dengan tanaman hijau, sehingga terlihat sangat asri. Tamannya sendiri bersih, penjaga taman selalu siap menyapu dedaunan yang berguguran atau membersihkan jalanan.

Alamat: Jl. Tebet Timur Raya No.10, RT.10 / RW.10, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Jam Buka: 09.00 – 21.00 (Senin – Minggu)

2. Taman Suropati

Taman Suropati

Terletak di Menteng, Taman Suropati adalah salah satu taman kota terpopuler di Jakarta. Tentu sudah banyak orang yang pernah mengunjungi taman ini, karena taman ini adalah salah satu taman tertua di Jakarta. Terdapat patung yang mewakili 6 negara pertama pembentuk ASEAN, melambangkan persahabatan negara kita dengan negara-negara ASEAN lainnya. Taman ini berukuran 16.000 m2 dan berbentuk seperti lingkaran. Tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang memiliki banyak pohon. Taman ini memiliki jalur berbatu untuk kamu yang ingin merasakan pijat kaki tradisional. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas gratis di sini, seperti kelas yoga, kelas biola, kelas tai chi. Di sore hari, kamu bisa mendengarkan live music dari musisi lokal yang tampil di taman.

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5 / RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jam Buka: 00.00 – 00.00 (Senin – Minggu)

3. Taman Lapangan Banteng

Lapangan Banteng Park

Taman Lapangan Banteng adalah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Berlokasi di Gambir, taman ini memiliki monumen bersejarah Pembebasan Irian Barat. Taman ini juga pernah digunakan sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar film Chris Hemsworth, Blackhat. Tempat yang tepat untuk orang yang ingin berolahraga selama akhir pekan. Kamu bisa mengajak teman bermain basket di lapangan dan memanfaatkan area sekitar monumen untuk jogging. Taman ini juga punya area yang instagramable di Amphitheatre sehingga kamu bisa berfoto di sana. Di dekat Amphitheatre, terdapat taman bermain untuk anak-anak. Saat malam, kamu bisa menyaksikan Air Mancur Menari saat air mulai bergerak dan memainkan musik. Tempat yang romantis, kan?

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10710

Jam Buka: 05.00 – 22.00 (Senin – Minggu)

4. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit, Taman Terbaik di Utara Jakarta - Backpacker Jakarta
Taman Waduk Pluit

Dulunya, kawasan ini adalah kawasan kumuh. Banyak warga yang tinggal di bantaran Waduk Pluit secara ilegal. Syukurlah, pada masa pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Jokowi – Ahok berhasil merelokasi warga dan merenovasi kawasan tersebut. Sekarang, kawasan ini telah berubah menjadi taman keluarga ramah lingkungan yang disukai banyak orang. Ruang terbuka hijau yang berbatasan dengan danau, Waduk Pluit, ini juga memiliki lintasan jogging dan pesepeda. Mereka juga menyediakan gym outdoor untuk berolahraga setelah jogging. Kalau kamu ingin memancing, kamu bisa memanfaatkan danaunya! Kamu bisa merasakan sejuknya angin dari tepi danau, membuatmu tenang saat bersantai di sana. Semua fasilitas ini gratis untuk digunakan, jadi kamu bisa menikmati semua ini tanpa perlu mengeluarkan uang.

Alamat: 6, Jl. Tim Pluit. Raya No.12, RT.6 / RW.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Jawa Barat 14450

Jam Buka: 00.00 – 00.00 (Senin – Minggu)

5. Taman Ayodya

Taman Ayodya

Salah satu taman terindah di Jakarta! Sebuah fakta mengejutkan, lokasi ini dulunya merupakan tempat para pedagang ikan berjualan hingga tahun 2009. Taman melingkar ini memiliki luas 7.500 m2 dengan air mancur di tengahnya. Lampu-lampu taman yang berbentuk gurita dihiasi dengan daun teratai mengambang. Taman ini juga dilengkapi dengan kursi untuk kamu yang sekadar ingin duduk-duduk, beserta gazebo dan toilet. Istimewanya, taman ini juga memiliki fasilitas dan toilet untuk penyandang cacat. Keren! Taman Ayodya memiliki lintasan jogging yang dikelilingi tanaman hijau membuat pemandangan semakin indah. Banyak karyawan yang mampir ke sini untuk makan siang di jam istirahat. Pada malam hari, taman ini dipadati pedagang makanan dan para pemburu kuliner.

Alamat: Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4 / RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

Jam Buka: 00.00 – 00.00 (Senin – Minggu)

Nah, itu dia daftar 5 taman kota terbaik di Jakarta. Semoga artikel ini membantumu saat ingin ke taman kota di Jakarta! Kalau kamu ingin semakin tahu tentang Jakarta, khususnya Tur Jakarta terbaik, klik di sini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *