5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

Ketika pertama kali melihat tanaman bonsai, Anda mungkin akan jatuh cinta. Selain indah, banyak orang yang merasa takjub dengan ukuran tanaman bonsai yang selalu kecil tanpa menghilangkan keindahannya. Kata “bonsai” sendiri memiliki makna, yaitu “tumbuh di nampan atau wadah” dan mengacu pada semua jenis pohon yang umumnya dibuat sedemikian rupa untuk tumbuh dalam ukuran kecil. Tradisi ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu di Jepang, di mana penggambaran bonsai dapat dilihat dalam seni kuno. Memelihara bonsai di rumah memang terkesan gampang-gampang susah, sebab jika Anda tak hati-hati, maka tanaman bonsai pun akan cepat membusuk dan mati.

Baca juga: 12 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah Anda

Membudidayakan tanaman adalah suatu aktivitias yang bisa menciptakan suasana baru serta memberikan udara segar di dalam ruangan tempat tinggal Anda. Salah satu tanaman yang seringkali dibudidayakan antara lain adalah bonsai yang mana dapat ditempatkan secara indoor. Tanaman bonsai ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kontur melengkung pada setiap sudut batangnya sehingga menjadi salah satu tanaman hias unik.

Bonsai merupakan sebuah tanaman kecil, lebih tepatnya tanaman rumahan, yang ditanam dalam pot kecil dan tumbuh menyerupai pohon besar sesuai dengan bentuk batang serta lekukannya. Tanaman ini berasal dari Jepang dan Cina, di mana pohon ini dirawat oleh perkumpulan Biksu pada tahun 1100-an.

Karena dalam merawat tanaman bonsai ini cukup riskan, maka Flokq sudah menyediakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memelihara tanaman bonsai Anda.

Pemilihan bibit tanaman

Dalam membudidayakan tanaman bonsai, tentunya Anda harus menyeleksi bibit terbaik. Bibit tersebut harus sudah memiliki sebuah cabang, supaya menjadikan batang yang berlekuk cabang tersebut harus dipotong dan dililit oleh kawat. Setelah itu, kreasikan tanaman bonsai sedemikian rupa sesuai dengan selera Anda.

Perhatikan media tanam

Perhatikan jenis pot dan tanah yang Anda gunakan, umumnya desain dari tanaman bonsai yang unik dan indah tersebut bisa dihasilkan melalui media tanam seperti:

Pasir

Penggunaan pasir sebagai alat bercocok tanam ini sangat berguna khususnya bagi tanaman bonsai, karena media tanam ini mampu menghantarkan air dengan mudah dan menyerap air secara cepat tanpa harus menggenang terlebih dahulu dalam pot.

Tanah

Anda bisa menggunakan tanah berwarna hitam, pemilihan warna ini sangat umum digunakan pembudidaya tanaman bonsai tersebut dikarenakan mampu menyerap air dengan cepat serta lebih membuat tanaman cepat subur.

Humus

Bila Anda tak ingin terjadinya pelapukan atau gugur secara instan, pemilihan humus sebagai media bisa menjadi alternatif untuk Anda. Proses pelapukan dari tanaman tersebut akan memakan waktu yang lama dengan media ini

Letakkan tanaman di tempat yang terang

Temukan tempat yang tepat untuk tanaman bonsai Anda khususnya pada area indoor rumah yang memiliki banyak sinar matahari yang masuk secara tidak langsung dan cukup terang. Namun, ada sejumlah tempat yang tidak cocok untuk tanaman bonsai meskipun tempat tersebut memiliki penerangan yang cukup, seperti di ambang jendela dengan sinar matahari langsung yang terlalu terik.

Jaga kelembapan tanaman

Ukur kebutuhan air untuk tanaman bonsai Anda seperti halnya yang Anda lakukan juga dengan tanaman lain. Caranya, masukkan jari Anda ke dalam tanah, jika terasa kering maka siram hingga tanah basah namun jangan sampai tergenang. Idealnya, tanaman bonsai disiram ketika tanah kehilangan kelembapan.

Meskipun demikian, pastikan Anda jangan sampai terlalu banyak menyiram air. Karena penyiraman yang berlebihan menjadi salah satu penyebab tanaman bonsai dapat mati, daun menguning bahkan menghitam pada bagian ujungnya. Biarkan tanaman bonsai mengering sepenuhnya, kemudian Anda dapat menyiram kembali dan biarkan tanaman mengering sebagian sebelum Anda melakukan penyiraman yang berikutnya.


Penempatan tanaman bonsai pada area indoor ruangan tidak hanya memberikan nuansa sejuk, tetapi juga berperan dalam mempercantik ruangan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui rekomendasi tanaman bonsai yang bagus dan cocok untuk mempercantik ruangan Anda, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel Flokq kali ini sebagai referensi Anda sebelum membeli tanaman bonsai.

1. Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville
Bonsai Bougenville

Rekomendasi tanaman bonsai yang cocok ditempatkan pada area indoor ruangan Anda yang pertama adalah tanaman bonsai bougenville. Spesies bernama Bougenvillia Glabra ini menghasilkan bunga dengan banyak warna (seperti merah muda, putih, kuning, magenta, dan ungu) sehingga bisa membuat ruangan Anda terlihat menjadi ceria dan anggun. Meskipun daunnya terbilang tipis, akan tetapi karena lebat dan lebih cepat tumbuh membuat tanaman ini menjadi lebih rimbun dan bisa membuat suasana ruangan Anda menjadi lebih asri.

2. Bonsai Beringin

Bonsai Beringin
Bonsai Beringin

Siapa yang tak pernah mengenal pohon beringin? Justru tanaman yang satu ini merupakan jenis tanaman sejuta umat dikarenakan seringkali mudah untuk ditemukan. Beringin merupakan tanaman yang identik dengan ukuran besar dan rimbun. Karena ukurannya yang besar, beringin jarang ditanam di pekarangan rumah.

Namun dengan teknik membonsai, Anda dapat meletakkan beringin kerdil di dalam rumah. Bentuk pohon yang kokoh dengan daun rimbun membuat bonsai beringin menjadi daya tarik sendiri jika Anda termasuk sebagai kolektor bonsai. Nah, dengan menempatkan bonsai beringin ini dalam indoor tempat tinggal Anda, maka situasi ruangan Anda tak hanya indah saja melainkan juga menjadi terlihat asri.

3. Maple Bonsai

Maple Bonsai
Maple Bonsai

Maple bonsai merupakan salah satu jenis tanaman bonsai yang lebih akrab dikenal sebagai “bonsai Jepang” dikarenakan warnanya yang elegan serta membentuk beragam dedaunan indah. Selain itu, tanaman bonsai dengan jenis ini sangat menyukai sinar matahari karena dengan bantuan cahaya alami, mereka akan tumbuh dengan subur. Namun, hal yang perlu Anda garisbawahi adalah jangan pernah meletakkan tanaman maple bonsai pada saat panas terik, karena akan menyebabkan daun-daun tersebut menjadi layu dan kering.

4. Bonsai Anggur

Bonsai Anggur
Bonsai Anggur

Kehadiran tanaman bonsai anggur ini akan menghasilkan buah-buah yang segar untuk Anda. Cukup sediakan bibit anggur, kemudian Anda tinggal tanam di dalam pot dengan tingkat kelembapan tanah yang sedang.

Pohon anggur merupakan jenis tumbuhan merambat yang cukup sulit untuk dibonsai. Akan tetapi, menampilkan karakter bonsai pohon anggur bersamaan dengan buahnya, akan menjadi tantangan tersendiri jika Anda termasuk pecinta dan kolektor tanaman bonsai.

Sebab, pohon anggur secara alami menyukai iklim panas dan sinar matahari yang tinggi sehingga sifat tersebut yang menjadikan pohon anggur cocok dengan karakter tanaman bonsai.

5. Bonsai Sakura

Bonsai Sakura
Bonsai Sakura

Tanaman yang berasal dari Jepang ini sangat cantik dan indah untuk dipandang. Warnanya yang cerah bisa membuat suasana ruangan Anda menjadi segar dan mempesona. Hal yang menarik saat membudidayakan tanaman bonsai sakura adalah daunnya yang bisa Anda gunakan sebagai penguat rasa pada teh.

Bonsai sakura merupakan salah satu jenis tanaman bonsai yang cocok untuk ditempatkan pada area indoor rumah Anda dan menjadi daya tarik bagi banyak masyarakat. Keindahan tanaman bonsai sakura terletak pada warna lembut bunganya. Ketika bunganya mekar bersamaan, akan membuat tanaman bonsai sakura semakin terlihat cantik.

Budidaya tanaman merupakan aktivitas yang terbilang sangat menyenangkan. Selain tidak akan membuat Anda bosan, tanaman juga dapat berperan untuk menjaga suasana ruangan Anda menjadi terasa asri dan sejuk. Demikian rekomendasi tanaman bonsai indoor yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih sebelum membeli dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memelihara tanaman bonsai agar tidak cepat mati.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *