16 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

16 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Nyamuk merupakan hewan yang sangat mengganggu setiap aktivitas. Banyak orang yang takut karena seringkali nyamuk membawa penyakit. Penyakit tersebut berkisar dari demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, atau penyakit Chikungunya yang berasal dari infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes albopictus, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan kematian. Salah satu cara membasmi nyamuk bisa dilakukan dengan menanam tanaman. Tanaman tidak hanya bermanfaat untuk menambah estetika pada rumah, tetapi tanaman juga memiliki kegunaan lain, seperti obat atau penolak serangga, salah satunya adalah nyamuk.

Banyak orang-orang tua menggunakan metode sederhana ini. Mereka menilai tumbuhan memiliki khasiat yang efektif. Ini karena ada tumbuhan yang memiliki kandungan tertentu yang tidak disukai nyamuk. Hingga saat ini penggunaan metode pengusir nyamuk dengan tanaman masih sering digunakan di beberapa negara lain di Asia.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu tanam di halaman rumah. Tanaman ini telah lama dipercaya mampu mengusir nyamuk, bahkan membunuh nyamuk. Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan tanaman terbaik yang bisa menjadi alternatif dalam melawan nyamuk di rumah, namun tetap mampu menjaga estetika pekarangan dan ruangan rumah.

Bahaya Nyamuk dan Penyakit yang Dibawa

Nyamuk merupakan hewan jenis serangga yang paling sering kita temui sehari-hari. Biarpun nyamuk berukuran kecil, virus dan penyakit yang dapat dibawa bersamanya mampu menjangkiti manusia, dan di kasus ekstrem, dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sebelum mengenal tanaman apa saja yang dapat mengusir nyamuk di rumah Anda, Flokq akan memberikan informasi mengenai 5 penyakit yang dibakibatkan oleh nyamuk berikut ini:

1. Demam Berdarah

Aedes Aegypti Demam Berdarah, Virus Demam Berdarah, DBD

Demam berdarah merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Virus dengue ini sediri ditularkan oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti. Di Indonesia, demam berdarah atau DBD, merupakan salah satu penyakit yang dibawa nyamuk dengan tingkat bahaya dan kematian yang paling tinggi. Menurut sebuah penelitian, spesies nyamuk DBD ini lebih memilih untuk hinggap di dalam ruangan dan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini lebih aktif terjadi pada siang hari. Nyamuk ini menyukai tempat gelap dan lembab, sehingga lebih banyak ditemukan di dalam rumah dibandingkan di luar rumah yang panas, loh! Demam berdarah dengue dapat membuat penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulangnya remuk. Tekanan darah juga dapat menurun secara dratis, hingga level yang krusial dan menyebabkan kematian. Sangat menyeramkan ya? Maka dari itu, simak terus artikel dari kami untuk mengetahui solusi terhindar dari virus berbahaya ini!

2. Chikungunya

Aedes Aegypti Chikungunya, Virus Chikungunya

Chikungunya, merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk jenis Aedes. Nama chikungunya sendiri, berasal dari etnis Makonde yang berarti “membungkuk”. Membungkuk disini merujuk pada postur tubuh orang yang terpapar virus yang berasal dari nyamuk ini. Penderita yang terpapar, akan merasakan nyeri sendi yang luar biasa secara terus menerus. Secara umum, gejala virus chikungunya tidak jauh berbeda dengan DBD, hanya saja, penderita virus ini pada titik tertentu akan sulit untuk bergerak akibat nyeri persendian yang sangat hebat. Memasuki musim hujan, masyarakat Indonesia harus ekstra berhati-hati, karena tingkat paparan virus chikungunya akan meningkat pada awal dan juga akhir musim hujan.

3. Malaria

Nyamuk Anopheles Malaria, Virus Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Tidak kalah berbahaya dengan DBD, malaria juga merupakan penyakit berbahaya dan mematikan yang dapat ditularkan oleh nyamuk. Parasit plasmodium yang bertengger dan dibawa oleh nyamuk Anopheles akan menginfeksi dan berkembang biak di hati manusia sebelum menghancurkan sel darah merah. Gejala malaria akan timbul setelah 7-18 hari masa inkubasi, dan pasien yang terpapar akan mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, berkeringat terus-menerus, menggigil, muntah, dan dalam beberapa kasus, muncul bercak kuning di permukaan tubuh. Penyakit ini harus diwaspadai untuk kamu yang datang atau pulang dari wilayah Papua, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

4. Kaki Gajah

Nyamuk Mansonia Kaki Gajah, Penyakit Kaki Gajah

Kaki gajah atau filariasis adalah pembengkakan kaki bagian tungkai akibat infeksi cacing jenis filaria. Cacing ini menyerang pembuluh getah bening dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Culex dan Mansonia. Selain tungkai, bagian tubuh lain, seperti lengan, dan dada juga dapat mengalami pembengkakan. Sayangnya, pasien yang baru terpapar penyakit ini, tidak merasakan gejala apapun – efek akan terlihat apabila kulit pada tungkai sudah membengkak dan menebal, kering, menjadi lebih gelap, pecah-pecah dan apabila sudah kronis, dapat muncul luka. Cara menghindari diri dari penyakit ini adalah terus menjaga air dirumah Anda selalu bersih, karena nyamuk pembawa cacing ini lebih sering ditemukan di wilayah lembab dan air yang kotor. 

5. Zika

Aedes Aegypti Virus Zika, Virus Zika, Nyamuk Zika

Virus Zika adalah virus yang penyebarannya terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Jenis nyamuk ini adalah jenis nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar virus DBD, chikungunya, dan juga demam kuning. Virus ini sebenarnya masih satu rumpun dengan DBD, hanya saja ada beberapa perbedaan dalam gejala sakit. Memang beberapa gejala yang sama apat timbul, seperti konjungtivitis (mata merah), nyeri otot dan sendiri, ruam, hingga demam. Yang berbeda, demam karena virus zika dapat menyerang selama beberapa hari atau minggu lalu mereda. Dibandingkan dengan penderita DBD, demam dapat terjadi selama berminggu-mingggu dan dapat menimbulkan pedarahan serta memar dan berakkibat pada kematian. Untuk terhindar dari virus ini, jagalah kebersihan tempat-tempat yang cenderung lembab dirumah Anda, seperti kamar mandi dan pastikan bak mandi selalu bersih. Tingkatkan kewaspadaan pada saat ini ya! Mengingat kita sudah memasuki awal musim penghujan.

16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

1. Lavender

Lavender tanaman pengusir nyamuk
Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang indah. Warna ungunya sekaligus menjadikannya sebagai dekorasi rumah. Bagi manusia, aroma lavender sangat menyejukkan. Nyamuk sendiri tidak menyukai aroma ini. Linalool dan linalyl acetate menghasilkan aroma lavender. Keduanya mampu mengusir nyamuk. Oleh karena itu, orang sering menggunakan lavender sebagai lotion anti nyamuk.

2. Sereh

Orang biasanya menggunakan serai sebagai bumbu masakan, tapi tumbuhan ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman serbaguna ini mengandung zat yang disebut sitronelol dan geraniol. Kedua zat ini mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk. Bahkan kandungan zat ini bisa membuat nyamuk mati, cukup mudah untuk tanaman pengusir nyamuk.

3. Daun Kemangi

Daun Kemangi tanaman pengusir nyamuk
Daun Kemangi

Penampilan cantik itulah yang kamu dapatkan dari Daun Kemangi. Hal ini menjadikan tanaman ini layak sebagai hiasan. Selain penampilannya yang cantik, ternyata tanaman ini memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung senyawa eugenol, linalool, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk.

4. Kamboja

Bunga kamboja tanaman pengusir nyamuk
Kamboja

Orang sering menganggap tanaman ini memiliki sifat supranatural tertentu karena sering ada di kuburan. Banyak juga yang percaya kalau bunga kamboja juga efektif sebagai tanaman pengusir nyamuk. Orang bilang itu dikarenakan oleh aromanya. Tanaman ini juga memiliki bunga yang sangat indah dengan berbagai warna. Selain itu, tanaman ini bisa berumur panjang hingga puluhan tahun.

Baca juga: Tanaman Terbaik untuk Dekorasi Rumah

5. Kayu Putih

Kayu putih

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan dasar minyak gosok, kayu putih juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aromanya yang khas dan kuat dijamin membuat nyamuk jauh-jauh dari rumah kamu. Cukup letakkan pot berisi tanaman kayu putih di dalam ruangan. Tanaman ini akan bekerja untuk menangkal nyamuk di dalam rumah.

6. Tea tree

Tea tree tanaman pengusir nyamuk
abc.net.au

Populer sebagai bahan untuk perawatan kulit, tanaman tea tree, atau melaleuca merupakan salah satu tanaman yang paling efektif dalam mengusir nyamuk. Aromanya yang kuat membuat nyamuk malas mendekat. Meski aromanya dibenci nyamuk, kamu dan keluargamu malah akan merasa semakin nyaman karena aroma kayunya yang wangi.

7. Marigold

Marigold merupakan tumbuhan yang memiliki keunikan, bunganya berwarna kuning hingga oranye. Tanaman cantik ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk karena aromanya yang sangat menyengat dan agak berbau. Selain mengusir nyamuk, marigold juga bisa mencegah kutu daun, lalat putih, cacing, dan cacing gelang.

8. Rosemary

Rosemary biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, aromaterapi, atau pengharum ruangan. Namun, aroma rosemary ini justru menjauhkan nyamuk. Ini karena aromanya yang seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Aromanya sangat tajam, sehingga membuat nyamuk pusing dan kehilangan indra penciumnya.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias yang Cocok Untuk Pemula

9. Bawang Putih

thompson-morgan.com

Tahukah kamu, bawang putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh? Baunya yang khas membuat nyamuk enggan dekat-dekat dengan tanaman ini. Bawang putih memang tanaman yang luar biasa karena mudah ditemukan, mudah ditanam, dan banyak gunanya pula.

10. Daun Basil

almanac.com

Sering digunakan untuk bumbu masak, ternyata daun selasih atau daun basil juga mampu mengusir nyamuk. Mengandung  tarragon dan methylchavicol, tanaman ini bisa menjaga rumah bebas dari nyamuk.

11. Cengkeh

herbco.com

Cengkeh, yang banyak tumbuh di dataran tinggi, memiliki aroma khas yang dibenci nyamuk. Kamu bisa menanam tanaman ini untuk memanfaatkan fungsinya sebagai bumbu rempah, bahan obat, dan pengusir nyamuk.

12. Bunga Krisan

Foto: Gilmour.com

Bunga krisan, yang sering kita kenal sebagai bunga hias, ternyata mengeluarkan aroma khusus yang dibenci nyamuk. Dengan menanam bunga ini di rumah, kamu bisa mempercantik rumah sekaligus mengusir nyamuk.

Baca juga: Rekomendasi Toko Tanaman Online

13. Lemon Balm

Lemon Balm

Biasanya tanaman Lemon Balm digunakan sebagai bahan minuman dan obat. Namun, Lemon Balm ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena tanaman ini mengandung zat sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu, selain Lavender, ekstrak dari tanaman ini juga dapat digunakan sebagai lotion anti nyamuk dan memiliki aroma yang menyegarkan.

14. Lantana Camara

Lantana camara plant
Lantana Camara

Lantana adalah tanaman hias yang sangat efektif sebagai pengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan oleh senyawa fitokimia yang terkandung di dalam lantana yang memiliki triterpenoid hingga asam oleanolic yang dipercaya merupakan senyawa yang ditakuti oleh nyamuk.

15. Catnip

Tanaman ini memiliki nama Nepeta cataria atau populer juga dengan sebutan catnip. Nama catnip digunakan karena tanaman ini sering digunakan untuk membuat kucing bertingkah menggemaskan dan menjadi lebih aktif. Tanaman catnip ini mengandung minyak nepetalactone. Nyamuk tidak menyukainya, sehingga tanaman ini dapat digolongkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

16. Zodia

Tanaman ini tumbuh subur di tanah Papua. Namun, kini kita bisa dengan mudah menemukannya. Warga Papua biasanya memanfaatkan tanaman tersebut sebelum memasuki hutan dengan cara mengoleskannya pada tubuh. Zodia mengandung zat yang tidak disukai nyamuk. Ini mirip dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya. Zat tersebut adalah evodiamine dan rutaecarpine. Selain itu, Zodia juga berkhasiat meningkatkan stamina dan mengobati malaria.

Harga dan Rekomendasi Toko Tanaman Pembasmi Nyamuk

1. Ibad Garden

Berbasis di Bandung Barat, Ibad Garden adalah toko belanja online berbagai tanaman – termasuk jenis tanaman daun, Bunga, dan buah. Merupakan usaha rintisan, Ibad Garden menyediakan berbagai jenis tumbuhan dengan harga yang ramah di kantong, namun tetap dengan kualitas bintang lima, tentunya! Toko ini menyediakan tanaman pengusir nyamuk seperti Lavender, Bunga Krisan, Rosemary, dan Mari Gold dengan harga mulai dari Rp15.000 – Rp45.000. Tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu banyak, Anda dapat meminimalisir bahaya nyamuk sekaligus mempercantik rumah Anda, kan?

Alamat: Jl. Kebon Hui, Cigugur Girang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia

Website: gardener.id 

Instagram: @ibadgarden 

Shopee: @ibad_garden 

Tokopedia: ibad garden

Telepon: 0852 20654553

Jam Operasional: Setiap Hari (08.00 – 16.00)

2. Sentra Tani

Toko Setra Tani menyediakan berbagai tanaman, termasuk dalam betuk bibit dan benih. Sentra Tani, kebanyakan menyediakan tanaman yang biasanya bergguna untuk keperluan sehari-hari seperti bawang, cabai, tomat, dan pala. Di toko ini, kamu dapat menemui tumbuhan serai, kemangi, dan bawang putih yang berguna sebagai tanaman pengusir nyamuk sekaligus bisa kamu jadikan bahan pelengkap masakan, loh! Harga yang ditawarkan-pun cukup terjangkau, yaitu Rp35.000 aja!

Alamat: Sebelah Kantor Pos, Jl. Raya Tlangu No.5X, RT.01/RW.05, Sudagaran, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51363, Indonesia

Website: sentratani.com

E-mail: halo@sentratani.com

Instagram: @sentratani

Shopee: @sentratani

Tokopedia: Sentra Tani

Telepon: 0856 08566034 (WhatsApp)

Jam Operasional: Senin – Sabtu (08.00 – 16.30)

3. Agen Biji Rumput

Toko Agen Biji Rumput merupakan toko online yang menjual beragam tanaman hias yang tentunya sangat cantik. Mulai dari spesies yang sering ditemui, hingga jenis langka. Tidak hanya tanaman pot, Agen Biji Rumput juga menyediakan berbagai benih Bunga, cocok untuk kamu yang ingin bercocok tanam untuk mengisi kegiatan selama #stayathome. Di Toko ini, kamu dapat menemui benih dan tanaman Bunga kamboja dengan berbagai warna menarik. Mulai dari Rp18.000 kamu sudah bisa mendapatkan Bunga cantik anti-nyamuk yang dapat melengkapi look rumah kamu! Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa memesan bundling produk tanaman ini, 5 bunga kamboja, dengan harga Rp85.000 saja, loh!

Alamat: Citayam, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat 16320, Indonesia

Tokopedia: Agen Biji Rumput

Telepon: 0813 22636652

Jam Operasional: Setiap Hari (08.00 – 16.00)

Bagaimana pendapatmu tentang tanaman pengusir nyamuk sebagai rekomendasi kami? Tertarik untuk mencobanya untuk mengurangi jumlah nyamuk di rumah? Jangan lupa simpan artikel ini untuk memudahkanmu saat ingin membacanya kembali.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

fallback-image

15 Computer Desk Designs: Minimalist and Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *